Doa Menghilangkan Kecanduan, Lengkap dengan Penjelasan tentang Penyebab dan Tanda Orang Kecanduan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 8 Agustus 2022 22:02
Doa Menghilangkan Kecanduan, Lengkap dengan Penjelasan tentang Penyebab dan Tanda Orang Kecanduan
Orang yang mengalami kecanduan akan kehilangan kontrol pada dirinya sendiri dan memiliki kesukaan yang berlebihan.

Dream – Jika berbicara tentang kecanduan, hal ini biasanya mengarah pada sesuatu yang negatif. Di mana seseorang melakukan suatu hal secara berlebihan dan ingin melakukannya kembali. Misalnya saja kecanduan narkoba, kecanduan bermain game online, kecanduan minum minuman beralkohol, dan sebagainya.

Sedangkan dalam Islam sendiri telah mengajarkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Apalagi jika yang dilakukan adalah hal yang dilarang Allah SWT, maka sebaiknya dihindari saja. Penjelasan tersebut ada dalam firman-Nya melalui surat Al-Maidah ayat 77 berikut:

Katakanlah (Muhammad), “ Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu berlebih-lebihan dengan cara yang tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti keinginan orang-orang yang telah tersesat dahulu dan (telah) menyesatkan banyak (manusia), dan mereka sendiri tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah: 77).

Jika ada seseorang yang sudah terlanjur mengalami kecanduan, selain berikhtiar untuk menghilangkan kecanduan tersebut, sahabat Dream juga bisa mengamalkan doa menghilangkan kecanduan.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang kecanduan serta bacaan doa menghilangkan kecanduan yang bisa diamalkan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Penyebab dan Tanda Orang Kecanduan

Penyebab dan Tanda Orang Kecanduan© Freepik.com

Seperti dikutip dari halodoc.com, kecanduan adalah suatu kondisi yang membuat seseorang kehilangan kontrol terhadap suatu hal. Umumnya, hal ini merujuk pada rasa suka yang berlebihan dan didorong oleh kemauan yang kuat atau kesukaan pada satu hal.

Orang yang mengalami kecanduan biasanya diawali dengan rasa ingin tahu pada suatu objek dan dilanjutkan dengan menyukai hal tertentu. Karena saking sukanya, seseorang sampai-sampai kehilangan kendali pada dirinya sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan yang disukainya itu.

Setelah itu, tahap selanjutnya seseorang akan melakukan kebiasaan tersebut dan sulit untuk dihentikan. Bahkan jika sampai tidak melakukan kebiasaan tersebut, maka orang tersebut akan merasa ada yang kurang dalam hidupnya.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kecanduan adalah datang dari perasaan senang di otak. Otak sendiri memiliki kemampuan untuk bisa mengenali suatu hal yang menyenangkan dan ada harapan untuk bisa mengulanginya kembali. Otak pada akhirnya mersepons dan menghasilkan hormon dopamine atau hormon kebahagiaan. Hormon ini akan mengalami peningkatan saat sahabat Dream merasa bahagia dan puasa akan sesuatu.

Sedangkan orang yang mengalami kecanduan, biasanya ada tanda-tanda tertentu yang bisa dikenali. Berikut adalah beberapa tanda kecanduan sebagaimana dikutip dari hellosehat.com:

  • Ada keinginan pada zat atau aktivitas meningkat.
  • Tidak bisa jauh dari zat atau aktivitas yang diinginkannya.
  • Tidak bisa mengendalikan diri dari apa yang diinginkan dan tidak peduli dengan efek negatif yang bisa saja terjadi pada dirinya.
  • Memiliki sisi buruk dalam menilai manfaat maupun efek samping dari penggunaan zat atau aktivitas yang dilakukannya.
  • Jika mengalami masalah dari zat atau aktivitas yang dilakukan, maka ada kecenderungan untuk menyalahkan orang lain.
  • Mengalami kesulitan untuk bisa memahami perasaan, tetapu menjadi orang yang lebih sensitif.
  • Jadi orang yang lebih mudah merasa sedih, depresi, cemas, dan mengalami reaksi yang berlebihan saat sedang stres.
  • Hilangnya minat pada aktivitas lain.
  • Kesulitan untuk tidur.
  • Kesulitan untuk bisa menjalin hubungan dengan orang lain serta menjalani pekerjaannya.
2 dari 2 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Kecanduan

Bacaan Doa Menghilangkan Kecanduan© Shutterstock.com

Setelah mengetahui apa itu kecanduan, penyebab, dan tanda-tandanya, sahabat Dream juga perlu mengetahui doa menghilangkan kecanduan. Hal ini sangat penting di samping ikhtiar menghilangkan kecanduan. Berikut adalah bacaan doa menghilangkan kecanduan yang bisa sahabat Dream amalkan:

Bacaan Doa agar Terhindar dari Maksiat

Supaya sahabat Dream terhindar dari maksiat yang bisa kapan saja terjadi, berikut adalah bacaan doa agar terhindar dari maksiat yang bisa kamu amalkan:

Allahumma yaa ghaniyyu, yaa hamiidu, yaa mubdi’u ya mu’iidu yaa rahiimu yaa waduudu, aghnini bihalaaluka ‘an haraamika, wa bithaaatika ‘an ma’shiyatika, wa bifadhlika ‘amman siwaaka.

Artinya: Ya Allah, wahai Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang Maha terpuji, Dzat yang Maha memulai, Dzat yang maha mengembalikan, Dzat yang Maha pengasih, Dzat yang Maha penyayang, kayakanlah pada diriku akan rezeki yang halal, jauhkan dari rezeki yang haram, dan dengan ketaatan kepadaMu jauh dari perilaku maksiat kepadamu dan dengan kecukupan-kecukupan karunia-Mu jauh dari siapapun selain engkau.”

Doa Mohon Ampun dari Dosa dan Diberikan Petunjuk dari Allah

Ketika seseorang mengalami kecanduan pada suatu hal, maka membaca doa menghilangkan kecanduan menjadi bentuk usaha untuk memohon agar dihilangkan atas kecanduan tersebut kepada Allah SWT. Berikut adalah salah satu doa yang bisa sahabat Dream panjatkan, yakni doa mohon ampun dari dosa dan diberikan petunjuk dari Allah SWT:

Allahumma inni as aluka tsabata fil amri, wal ‘azimata ‘alar rusyidi, wa as aluka syukra ni’matika, wa as aluka husna ibadatika, wa as aluka qolban saliman, wa as aluka lisanan shadion, wa astaghfiruka lima ta’lamu innaka anta ‘allamul ghuyub.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-MU ketegaran dalam menghadapi permasalahan dan memohon petunjuk-MU, aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu, aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, aku memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui, karena hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”

Doa agar Dilindungi dari Maksiat

Kemudian sahabat Dream jangan lupa juga untuk membaca doa menghilangkan maksiat berikut ini:

Allahumma inna nas’alukat taubata dawamaha, wa na’udzu bika minal ma’shiyati wa asbabiha, wa dzakkirna bil khaufi mina qabla hujumi khatharatiha, wahmilhu alan najati minha wa minat tafakkuri fi thara’iqiha, wambu min quluina halawata majtabainahi minha, wastabdilha bil karahati laha wat thama’l li ma hiwa bi dhiddiha.

Artinya: Ya Allah, kepada-Mu kami meminta pertobatan dan kelanggengannya. Kepada-Mu, kami berlindung dari maksiat dan sebab-sebabnya. Ingatkan kami agar taku kepada-Mu sebelum datang bahaya maksiat. Bawakan ketakutan itu untuk menyelamatkan kami dari maksiat dan dari pikiran di jalanan maksiat. Hapuskan kelezatan maksiat yang kami pilih dari hati kami. Gantikan kenikmatan itu dengan rasa tidak suka dan keinginan terhadap lawanan maksiat.”

Beri Komentar