Doa Menjelang Ramadhan dan Amalan-Amalan Menyambut Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 24 Maret 2022 20:00
Doa Menjelang Ramadhan dan Amalan-Amalan Menyambut Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah
Ramadhan sudah di depan mata. Dalam hitungan hari kita akan menjalani puasa wajib dan amalan Ramadhan lainnya. Sebelum berpuasa, mari menyongsong bulan suci ini dengan membaca doa menjelang Ramadhan

Dream – Siapa yang sudah tidak sabar menunggu datangnya bulan puasa? Doa menjelang  Ramadhan sudah bergema selama beberapa pekan terakhir untuk menyambut bulan kesembilan dalam penanggalan sistem qomariyah ini. Ramadhan menjadi momen yang sangat dinantikan setiap muslim karena penuh rahmat, pahala, dan ampunan dari Allah SWT.

Menjalankan puasa selama satu bulan penuh, setiap negara bahkan setiap daerah memiliki tradisi masing-masing dalam menyambut Ramadhan ini. Tentunya sahabat Dream memiliki harapan tersendiri dalam menghadapi bulan Ramadhan tersebut.

Selain mengungkapkan rasa syukur karena bisa bertemu dengan bulan puasa lagi, kita memanjatkan doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah dengan harapan ibadah yang akan dijalankan akan diberi kelancaran dan semakin meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Sahabat Dream bisa meniru ajaran Rasulullah dengan membaca doa menjelang Ramadhan yang juga diamalkan Nabi Muhammad saw semasa hidupnya. Sebagai umatnya, kita senantiasa berusaha meniru setiap perbuatan Nabi Muhammad saw agar bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Selain itu, ada juga beberapa amalan yang bisa sahabat Dream lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan.

Nah, berikut adalah bacaan doa menjelang Ramadhan yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw serta beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut Ramadhan sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Menjelang Ramadhan

Bacaan Doa Menjelang Ramadan© Shutterstock.com

Bulan Ramadhan tinggal sebentar lagi. Itu tandanya umat Islam akan segera melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan menjalankan berbagai ibadah lainnya untuk mengumpulkan pahala di bulan yang mulia tersebut.

Di masa hidupnya, Nabi Muhammad saw pun juga selalu mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Selain banyak-banyak melakukan ibadah, tak lupa Nabi saw juga memperbanyak membaca doa. Salah satunya adalah doa menjelang Ramadhan.

Oleh karena itulah, Imam al-Nawawi menjelaskan dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab bahwa membaca doa menjelang Ramadhan adalah sunah. Berikut adalah bacaan doanya yang dikutip dari islam.nu.or.id:

يستحبأنيدعوعندرؤيةالهلالبمارواهطلحةبنعبيداللهرضياللهعنهأنالنبيصلىاللهعليهوسلمكان  إذارأىالهلالقالاللهمأهلهعليناباليمنوالإيمانوالسلامةوالإسلامربيوربكالله

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh.

Artinya: “ Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Doa menjelang Ramadhan tersebut dianjurkan untuk dibaca ketika sahabat Dream melihat hilal seperti yang diceritakan oleh Thalhah Ibn ‘Ubaidillah, bahwa Nabi Muhammad saw langsung membaca doa menjelang Ramadhan ketika beliau sudah melihat hilal.

2 dari 2 halaman

Amalan Menyambut Ramadhan Sesuai Pesan Rasulullah

Amalan Menyambut Ramadan Sesuai Pesan Rasulullah© Shutterstock.com

Selain membaca doa menyambut Ramadhan, ada juga beberapa amalan yang bisa umat Islam lakukan untuk menyambut Ramadhan. Amalan-amalan ini adalah pesan dari Rasulullah saw yang sangat baik jika dilaksanakan. Berikut adalah beberapa amalan menyambut bulan Ramadhan sesuai pesan Rasulullah saw seperti dikutip dari merdeka.com:

Beribadah Malam

Amalan pertama yang dianjurkan Nabi Muhammad saw adalah melaksanakan ibadah malam. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Salman Al Farisi:

فَقَالَيَاأَيُّهَاالنَّاسُقَدْأَظَلَّكُمْشَهْرٌعَظِيْمٌ،شَهْرٌمُبَارَكٌ،شَهْرٌفِيْهِلَيْلَةٌخَيْرٌمِنْأَلْفِشَهْرٍ،

Artinya: Beliau berkata, wahai para manusia, kalian telah dinaungi bulan agung, bulan yang diberkahi, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.”

Mengingat bahwa di bulan Ramadhan adalah yang dinamakan dengan malam Lailatul Qadar. Di mana ketika beribadah pada waktu tersebut, maka hal itu lebih baik daripada 1000 bulan.

Bersedekah

Amalan selanjutnya menjelang bulan Ramadhan adalah bersedekah. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya. Dalam sebuah hadis bahkan dijelaskan bahwa Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan di antara manusia yang lain. Beliau menjadi semakin dermawan ketika bulan Ramadhan.

Salah satu sedekah yang bisa dilakukan ketika bulan Ramadhan adalah dengan menyediakan makanan untuk buka puasa pada orang-orang yang berpuasa. Hal ini seperti dijelaskan berikut:

مَنْفَطَّرَفِيْهِصَائِمًاكَانَلَهُمَغْفِرَةًلِذُنُوْبِهِ،وَعِتْقَرَقَبَتَهِمِنَالنَّارِ،وكَانَلَهُمِثْلَأَجْرِهِمِنْغَيْرِأَنْيَنْقُصَمِنْأَجْرِهِشَيْءٌ

Artinya: Barangsiapa di bulan ini memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, akan menjadikan ampunan bagi dosa sang pemberi, pembebas antara ia dan neraka, dan Ia mendapat pahala seperti orang puasa yang Ia beri buka puasa tanpa mengurangi pahala orang yang diberi makan buka puasa sama sekali.”

Bersabar

Amalan lainnya ketika menyambut Ramadhan adalah bersabar. Karena di bulan suci ini menjadi momen bagi kita untuk melatih kesabaran. Tidak hanya berusaha dalam menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan hawa nafsu. Ketika kita bersabar, maka ada pahala yang akan diberikan Allah SWT.

وَهُوَشَهْرُالصَّبْرِ،وَالصَّبْرُثَوَابُهُالْجَنَّةُ

Artinya: “ Ramadhan adalah bulan sabar, dimana sabar pahalanya adalah surga.”

Saling Peduli

Amalan terakhir ketika menyambut Ramadhan adalah saling peduli pada sesama. Baik itu saudara maupun tetangga, maka perhatikanlah mereka dengan baik. Apakah mereka dalam kondisi yang baik atau tidak, apakah mereka memiliki persediaan yang cukup untuk berbuka puasa. Karena sebagai manusia sudah sewajibnya untuk saling peduli satu sama lain. Bahkan pemerintah pun juga haruslah memperhatikan rakyatnya.

Beri Komentar