Doa Meredakan Hujan dan Petir, Memohon agar Terhindar dari Bencana

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 23 November 2022 06:01
Doa Meredakan Hujan dan Petir, Memohon agar Terhindar dari Bencana
Baca doa ini untuk memohon agar hujan cepat reda!

Dream – Kini Indonesia sedang menghadapi musim penghujan. Hampir setiap hari hujan turun yang turun dengan deras dan kadang juga disertai petir dan angin kencang.

Saat hujan turun dengan petir dan angina kencanga, tak jarang membuat orang khawatir akan musibah yang datang, baik banjir, tanah longsor, jembatan putus, dan lain sebagainya.

Inilah mengapa diperbolehkan memohon kepada Allah SWT agar menghentikan hujan yang turun dengan deras disertai petir dan angin kencang.

Doa meredakan hujan dan petir ini semata-mata untuk memohon perlingunan dan keselamatan kepada Tuhan agar dijauhkan dari marabahaya. Berikut ini bacaan doa meredakan hujan dan petir yang perlu diketahui umat Islam:

1 dari 2 halaman

Doa Meredakan Hujan dan Petir

Diriwayatkan dalam sebuah hadis Bukhari di Kitab Awal Penciptaan, Aisyah berkata, ‘ketika melihat awan gelap di langit disertai angin kencang, Rasulullah SAW mondar-mandir, masuk-keluar masjid dan wajahnya yang biasa memancarkan nur, terlihat berubah.

Rasulullah pun berdoa meminta cuaca dikembalikan menjadi cerah lagi. Begini bacaan doa meredakan hujan yang dibaca Rasulullah SAW saat hujan deras dan petir:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:

" Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

2 dari 2 halaman

Doa agar Terhindar dari Musibah ketika Hujan

Selain membaca doa agar hujan berhenti dalam bahasa arab, umat Muslim juga dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah ketika turun hujan. Karena tak jarang hujan turun disertai angin kencang, petir dan bencana lain yang menyertai.

Sebagai manusia yang bertuhan, kita hanya bisa berdoa dan menjaga alam tetap terjaga keseimbangannya.

Bacalah doa berikut ini agar kamu terhindar dari marabahaya ketika turun hujan:

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Demikian itulah bacaan doa meredakan hujan dan petir yang perlu diketahui Muslim. Semoga kita semua dijauhkan dari bencana yang terjadi di musim penghujan.

Beri Komentar