Doa Setelah Rukuk Dilengkapi Syarat, Gerakan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 6 Desember 2022 10:00
Doa Setelah Rukuk Dilengkapi Syarat, Gerakan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Tak hanya berisi doa, gerakan rukuk menyimpan keutamaan dan banyak manfaat kesehatan.

Dream - Rukuk adalah salah satu rukun sholat yang tak boleh ditinggalkan. Dengan posisi badan membungkuk dan tangan bertopang pada kedua kaki, muslim yang sedang sholat akan membaca doa setelah rukuk.

Sebagai salah satu gerakan dan tahapan yang termasuk dalam rukun sholat, kita tentu harus bisa mengetahui dan menghafal bacaan saat rukun maupun bangun dari rukuk. 

Doa setelah rukuk memiliki hukum sunnah. Namun kita tetap perlu memperhatikannya untuk menambah kekhusyukan saat mengerjakan sholat.

Bacaan doa setelah rukuk sangat mudah dihafalkan. Dalam artikel kali ini, Dream akan memaparkan doa setelah rukuk lengkap dengan syarat, detail gerakan, dan manfaatnya bagi kesehatan.

1 dari 6 halaman

Syarat-syarat Rukuk

Sebelum membahas doa setelah rukuk, kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat gerakan rukuk. Berikut tiga syarat rukuk yang harus dijalankan saat menunaikan sholat.

1. Menundukkan Tubuh

Syarat rukuk yang pertama adalah menundukkan tubuh 90 derajat. Kemudian kedua telapak tangan memegang lutut sembari mengucapkan bacaan doa ruku.

2. Niat melakukan gerakan rukuk

Gerakan rukuk bukan dilakukan atas unsur ketidaksengajaan. Sehingga sebelumnya sudah diniatkan akan melakukan gerakan rukuk. Tidak ada niatan lain yang mendasari seseorang melakukan gerakan ruku selain mengharap ridho dan berkah dari Allah SWT.

3. Tuma'ninah

Syarat yang ketiga adalah rukuk dengan tuma'ninah. Tuma'ninah adalah sikap tenang dan khusyuk dalam sholat. Tuma'ninah dilakukan minimal sampai bacaan rukuk selesai dilafalkan.

2 dari 6 halaman

Gerakan dan Doa Setelah Ruku

Ilustrasi© muslim.or.id

Doa setelah rukuk perlu dilakukan setelah melakukan gerakan yang benar. Cara melakukan gerakan rukuk adalah dengan menundukkan badan hingga setengah badan membentuk posisi 90 derajat.

Kemudian kedua telapak tangan menyentuh kedua lutut. Jari-jari tangan diwajibkan terbuka saat menyentuh lutut. Dalam gerakan rukuk ini posisi antara punggung dan leher sejajar.

Setelah melakukan gerakan rukuk dengan benar, maka selanjutnya kamu membaca doa rukuk. Doa setelah rukuk ini disebutkan dalam beberapa hadis.

Salah satu doa setelah rukuk yang paling umum adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِكَ

Subhanaa robbiyal ‘adzhimi wa bihamdika.

Artinya:

" Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Agung, Segala Puji Bagi-Mu."

3 dari 6 halaman

Doa Setelah Rukuk Lainnya

Selain bacaan doa setelah rukuk di atas, ada pula bacaan rukuk lainnya yang bisa jadi pilihan:

Doa Setelah Rukuk 1

Subhanakallahumma Robbanaa wa bihamdika allahummaghfirli.

Artinya: " Maha suci Engkau, ya Allah, Rabb kami dan segala puji hanya bagi-Mu. Ya Allah, ampunilah aku."

Doa Setelah Rukuk 2

Subbuhun quddusun robbul malaikati warruuh.

Artinya: " Maha Suci, Mahakudus, Rabb para malaikat dan ruh."

Doa Setelah Rukuk 3

Allahumma laka roka'tu wa bika amantu walaka aslamtu anta robbi khasya'a sam'i wa ba shari wa mukkhi wa ‘adhmii wa ‘ashobii.

Artinya: " Ya Allah, untuk-Mu aku rukuk, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu pula aku berserah diri, pendengaran, penglihatan, otak, tulang, dan uratku khusyu' (tunduk) kepada-Mu."

Doa Setelah Rukuk 4

Subhaana dzil jabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa-i wal ‘adhomati.

Artinya: " Maha Suci Dzat yang memiliki kekuasaan, kerajaan, kebesaran dan keagungan."

4 dari 6 halaman

Manfaat Gerakan Rukuk

Ilustrasi© Shutterstock.com

Setelah mengetahui gerakan dan doa setelah rukuk, alangkah baiknya Sahabat Dream juga mengetahui manfaat kesehatan dari gerakan tersebut.

Berikut beberapa manfaat kesehatan gerakan rukuk dalam sholat:

  1. Gerakan rukuk dapat mengaktifkan aliran darah sehingga tidak terjadi penyumbatan pada urat khususnya pada tulang kering (di bagian kaki).
  2. Menguatkan otot-otot tubuh dan persendian dengan gerakan rukuk.
  3. Gerakan rukuk bisa memperkuat otot punggung dan perut serta menghilangkan sesuatu yang menumpuk pada dinding perut (lambung) dari bahan minyak dan lemak.
  4. Gerakan rukuk dapat mengaktifkan jaringan pada organ pencernaan.
5 dari 6 halaman

Keutamaan Rukuk dalam Sholat

Gerakan rukuk dalam sholat juga memiliki keutamaan. Keutamaan ini sebagaimana tertulis dalam hadis berikut ini yang artinya:

“ Sungguh jika seorang hamba berdiri untuk sholat, maka semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia rukuk dan sujud, maka berjatuhanlah dosa-dosa tersebut darinya." (Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah (1398))

Berdasarkan hadis tersebut jelas bahwa keutamaan gerakan rukuk dan sujud adalah menggugurkan dosa-dosa yang telah diperbuat baik yang disengaja maupun tidak.

Inilah mengapa memanjangkan rukuk dan sujud diperbolehkan ketika sholat sendiri. Akan tetapi jika sebagai imam, maka ketika hendak memanjangkan rukuk dan sujud sebaiknya memerhatikan kondisi jamaah dan tidak boleh sholat terlalu lama yang bisa menyebabkan sholat jamaah tidak khusyuk.

6 dari 6 halaman

Makna Gerakan Rukuk

Saat mengerjakan sholat, gerakan yang tak boleh ditinggalkan salah satunya adalah gerakan rukuk. Gerakan ini tak sekadar merundukkan badan saja, tetap ada makna di baliknya. Bahkan gerakan rukuk dalam sholat juga dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat Al-Hajj ayat 77 yang bunyinya sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ۚ۩

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung.” (QS. Al-Hajj: 77)

Gerakan rukuk dalam sholat sangatlah penting. Hal ini karena ada hubungannya dengan penghambaan manusia dengan Allah SWT. Gerakan menunduk dalam rukuk adalah bentuk lahiriah jasmaniah seorang manusia. Gerakan ini dilakukan sebelum sahabat Dream melakukan sujud yang melambangkan rendahnya seorang umat daripada Allah SWT. Gerakan rukuk yang sempurna adalah bentuk ketundukan hati kepada Allah SWT dan menghinakan diri kepada Allah SWT.

Perlu diketahui bahwa dalam gerakan rukuk ini, Rasulullah saw melakukannya dengan thuma’ninah. Oleh karena itu, Nabi saw memerintahkan orang yang ketika sholatnya melakukan kesalahan agar mengulanginya lagi karena tidak melakukan thuma’ninah.

Nabi saw pun mengibaratkan orang yang sholat tanpa thuma’ninah dengan ayam jantan yang mematok makanannya atau seperti burung gagak yang mematok bangkai. Bahkan Nabi saw juga mengatakan bahwa orang yang rukuk dan sujudnya tidak sempurna, maka dianggap sebagai pencuri terburuk.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar