Dukung Pemulihan Industri Perfilman dari Dampak Pandemi, Kemenparekraf Gelar FSM 2022

Reporter : Nur Ulfa
Minggu, 6 Februari 2022 11:41
Dukung Pemulihan Industri Perfilman dari Dampak Pandemi, Kemenparekraf Gelar FSM 2022
Ajang ini untuk mencari para kreatif anak muda

Dream - Industri perfilman Tanah Air, tidak bisa disanggah, turut merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Hampir dua tahun lamanya, puluhan hingga ratusan film gagal tayang di layar lebar akibat kebijakan pengetatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi di subsektor film, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno beserta jajarannya menggelar festival film pendek bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022.

FSM merupakan bentuk komitmen Kemenparekraf untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para filmmaker, mendukung komunitas film lokal, dan melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia.

" Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas,” ujar Sandiaga.

 

1 dari 2 halaman

Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah untuk menghasilkan karya-karya orisinal berkualitas. Sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

Melalui FSM, para filmmaker juga bisa belajar mendistribusikan hasil karya yang nantinya akan meningkatkan performa komunitas.

" Siapapun bisa ikutan. Mau itu pelajar, mahasiswa, komunitas film, dan anak muda kreatif di seluruh Indonesia bisa mengikuti ajang ini," ucap dia.

 

2 dari 2 halaman

Syarat

Untuk mengikuti ajang ini, syaratnya cukup mudah. Pertama, merupakan Warga  Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.

Syarat lainnnya, kategori film pendek adalah fiksi atau dokumenter yang pembuatannya dilakukan di Indonesia. Tema yang diangkat bisa apapun selama tidak mengandung unsur SARA.

Bagi dua film pendek yang terpilih setiap bulannya akan mendapat sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional, dan hadir dalam acara Meet & Greet bersama Mas Menteri Sandiaga Uno, pejabat terkait, dan para sineas nasional secara virtual yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Setiap film terpilih secara otomatis akan menjadi nominasi di malam penghargaan FSM yang diadakan pada November mendatang. Jadwal pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 sampai 12 Februari 2022.

Beri Komentar