Iklan Kampanye Jokowi (Youtube/ Ando Lan)
Dream - Ada yang menarik dalam ajang Anugerah Citra Pariwara ke-31, yang digelar di The Oval Epiwalk Kuningan, Jakarta, Jumat 30 November 2018. Sebab, ada kategori baru yang diperebutkan, yaitu film Political Campaign.
Dan, pemenang kategori tersebut adalah Iklan Keluarga Biskuit yang disutradarai Dedy Vansophi dari reKreasi Creative Playground. Video iklan kampanye pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, ini sempat viral dan jadi perbincangan netizen.
Video ini bercerita tentang alasan hilangnya sosok ayah dalam kaleng biskuit. Dalam iklan itu disampaikan bahwa sang ayah tak pernah terlihat karena sudah tidak menganggur lagi. Sang ayah sudah bekerja karena pemerintah berhasil menurunkan angka pengangguran hingga 5,13% dan menurunkan angka kemiskinan hingga menjadi 1 digit, yaitu 9,82%.
Iklan yang digagas Merah Putih Komunika besutan Ipang Wahid bersama agensi Rekreasi Creative Playground tersebut meraih Bronze dalam kategori Political Campaign. Menurut Ipang Wahid, ide iklan ini untuk menjawab pertanyaan, bagaimana mengomunikasikan prestasi kinerja pemerintah dengan cara secair.
“ Atau kalau bahasa anak sekarang, sereceh mungkin. Harus simpel, mengena, dan berpotensi viral,” kata Ipang, yang juga Wakil Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi Amin.
Menurut Ipang, sangat penting untuk menerjemahkan data dengan cara sederhana. Sehingga, pesan yang disampaikan mudah dipahami masyarakat. “ Syarat lainnya adalah tetap harus menghibur bagi yang menontonnya,” kata dia.
Jokowi, kata Ipang, memang selalu memantau konten-konten kreatif yang dirilis oleh tim kampanyenya. Termasuk video kampanye ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga melihatnya terlebih dahulu.
“ Pak Jokowi ketawa saat pertama melihatnya. Beliau senang dengan gaya pendekatan yang cair seperti ini,” kata dia.
“ Semoga kemenangan konten ini juga menjadi awal kemenangan Pak Jokowi,” tambah Ipang.
Anugerah Citra Pariwara 2018, yang merupakan perhelatan terbesar bagi industri kreatif di Indonesia, kali ini mengambil tema “ Menuju Masa Depan dengan Kembali ke Makna Awal.”
Ajang ini menampilkan karya-karya terbaik dari 14 kategori, antara lain, Print, Radio, Film, Out-of-Home, Direct Promotion, Digital, Media, Design, Radio Craft dan Film Craft.
Advertisement
Komunitas InterNations Jakarta, Tempat Kumpul Para Bule di Ibu Kota
Lihat Mewahnya 8 Perhiasan Bersejarah Kerajaan Prancis yang Dicuri dari Museum Louvre
Hobi Membaca? Ini 4 Komunitas Literasi yang Bisa Kamu Ikuti
Baru Dirilis ChatGPT Atlas, Browser dengan AI yang `Satset` Banget
Bikin Syok, Makan Bakso Saat Dibelah Ternyata Ada Uang Rp1000