Jadi Tersangka Penistaan Agama, Ahok Dicekal

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 16 November 2016 10:25
Jadi Tersangka Penistaan Agama, Ahok Dicekal
Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga mengakui adanya perbedaan pendapat di antara penyidik Polri.

Dream - Polri menetapkan calon petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sebagai tersangka kasus penodaan agama. Polri menyatakan kasus ini layak diajukan ke pengadilan.

“ Konsekuensinya, ditingkatkan ke penyidikan dengan menetapkan Saudara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersnagka dan melalukukan tindak pencekalan,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 16 November 2016.

Menurut Ari Dono, terdapat perbedaan pendapat di antara penyidik Polri saat menentukan apakah kasus ini layak dinaikkan statusnya ke tahap penyidik atau tidak. Sehingga, keputusan untuk menaikkan status kasus ini diambil dengan tidak bulat.

1 dari 1 halaman

Dicegah ke Luar Negeri

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Pol Tito Karnavian, juga mengakui adanya perbedaan pendapat di antara penyidik Polri. Karena perbedaan itulah para penyelidik bersepakat untuk membawa kasus ini ke pengadilan terbuka. “ Kita serahkan kepada hakim yang memutuskan.”

Menurut Tito, Polri akan mempercepat proses kasus ini. “ Tim sepakat menaikkan perkara ini menjadi penyidikan dan akan mempercepatnya, dan setelah itu menetapkan terlapor sebagai tersangka dan kemudian dilakukan pencegahan ke luar negeri. Bahasa awamnya cekal.”

Beri Komentar