Kandungan Surah As Syams dan Keutamaan Bila Membacanya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 2 Februari 2021 10:25
Kandungan Surah As Syams dan Keutamaan Bila Membacanya
Pelajaran yang bisa dipetik dari surah As Syams yaitu apabila melakukan kebajikan dan menghindari keburukan, maka akan mendapat balasan.

Dream - Surah As Syams terdiri dari 15 ayat. Surah As Syams termasuk surat Makkiyyah karena diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

As Syams artinya matahari, diambil dari kata di dalam ayat pertama. Menurut ulama, surah As Syams mengingatkan bahwa kebahagiaan manusia adalah menyucikan dan mengembangkan dirinya dengan pengembangan yang baik serta menghiasinya dengan ketakwaan dan menghindarkannya dari segala kedurhakaan.

Sementara itu ketidakberhasilan dalam meraih sukses, dijelaskan oleh surah As Syams dengan memendam potensi positif. Ini dibuktikan oleh surah As Syams ini dengan pengalaman pahit generasi terdahulu.

Pelajaran yang bisa dipetik dari surah As Syams yaitu apabila melakukan kebajikan dan menghindari keburukan, maka akan mendapat balasan. Sehingga manusia harus memerhatikan kedua perbuatan itu. Sebab kalau tidak, akan terancam mengalami bencana sebagaimana yang dialami oleh umat terdahulu.

1 dari 3 halaman

Isi Kandungan Surah As Syams

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

Surah ini menjelaskan bahwa kebahagiaan manusia adalah dengan cara menyucikan dan mengembangkan dirinya dengan perkembangan yang baik serta menghiasinya dengan ketaqwaan dan menghindarkannya dari segala kedurhakaan.

Sebaliknya, ketidakberhasilan meraih sukses adalah dengan memendam potensi positif itu. Ini dibuktikan oleh surah ini dengan pengalaman pahit generasi terdahulu.

 

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Isi pokok kandungan surat As Syams adalah kaum Tsamud telah dihancurkan oleh Allah SWT karena kedurhakaannya. Tuhan membayangkan bahwa hal ini sangatlah mudah bagi-Nya. Sebagaimana mudahnya menciptakan benda-benda alam, siang, dan malam, dan menciptakan jiwa yang tersebut dalam sumpah-Nya.

Selain itu Allah memberitahukan kepada manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran. Allah juga memberikan penjelasan bahwa manusia memiliki kebebasan untuk memilih antara kedua jalan itu.

Surah As Syams ini juga berisi dorongan kepada manusia untuk membersihkan jiwanya supaya mendapatkan keberuntungan di dunia dan di akhirat. Allah juga menyatakan bahwa azab Allah akan menimpakan azab kepada orang-orang yang mengotori jiwanya seperti halnya kaum Tsamud.

Surah As Syams memiliki hubungan dengan surah Al Lail. Surah As Syams menerangkan bahwa orang-orang yang menyucikan jiwanya akan memeroleh keberuntungan. Sementara orang yang mengotori jiwanya akan diazab oleh Allah.

Sedangkan surah Al Lail menjelaskan perbuatan menyucikan jiwa itu akan menghasilkan keuntungan dan perbuatan yang mengoroti jiwa akan menghasilkan kerugian.

 

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah As Syams

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Surah As Syams ini memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi menyebutkan beberapa riwayat mengenai keutamaan surah As Syams ini.

Aman Dari Hal yang Menakutkan

Orang yang membaca surah As Syams setiap pagi, maka dia akan aman dari setiap sesuatu yang menakutkan. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Ubay bin Ka’ab, dari Nabi SAW bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’ setiap pagi, maka dia akan aman dari setiap hal yang menakutkan.

Sedekah Dengan Seisi Langit Bumi

Membaca surah As Syams pahalanya seperti bersedekah dengan seisi langit dan bumi. Ini berdasarkah riwayat berikut;

Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’, maka seakan-akan dia bersedekah dengan segala sesuatu yang terbit atasnya matahari dan bulan.

Diampuni Dosa

Mendapatkan ampunan dosa. Ini berdasarkan riwayat berikut;

Diriwayatkan dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’, maka diampuni dosa yang tenggelam dan terbit atasnya matahari.

 

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More