Kapolda Metro Jaya Belum Temukan Cara Atasi Macet Jakarta

Reporter : Editor Dream.co.id
Senin, 1 Januari 2024 16:08
Kapolda Metro Jaya Belum Temukan Cara Atasi Macet Jakarta
Kapolda Metro Jaya, akui hingga saat ini belum temukan metode efektif untuk menangani masalah kemacetan di DKI Jakarta.

1 dari 14 halaman

Kapolda Metro Jaya Belum Temukan Cara Atasi Macet Jakarta

Kapolda Metro Jaya Belum Temukan Cara Atasi Macet Jakarta © Kapolda Metro Jaya, akui hingga saat ini belum temukan metode efektif untuk menangani masalah kemacetan di DKI Jakarta. 2023 Foto: Pixabay

2 dari 14 halaman

Irjen Pol Karyoto, selaku Kapolda Metro Jaya, mengakui bahwa hingga saat ini belum ditemukan metode yang efektif untuk menangani masalah kemacetan di DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara rilis akhir tahun Polda Metro Jaya yang diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ) pada hari Kamis (28/12/2023).

3 dari 14 halaman

"Memang sehari-sehari kami belum bisa menekan kemacetan ini, berbagai diskusi antara kami dan Pemda belum menemukan formula yang tepat gimana mengatasi kemacetan,"

4 dari 14 halaman

Kebijakan Ganjil Genap

Karyoto menyatakan bahwa pembatasan kendaraan roda empat melalui kebijakan ganjil genap dianggap tidak cukup efisien dalam mengatasi kemacetan di Jakarta. Begitu pula jika kebijakan ganjil-genap diterapkan untuk semua kategori kendaraan.

5 dari 14 halaman

"Pasti masyarakat akan protes, apa lagi di seluruh jam waktu. Apa lagi hari ini genap besok ganjil, nanti masyarakat akan meminta pajak separo," kata Karyoto.

6 dari 14 halaman

Yang pasti kepolisian terus berupaya dengan berbagai cara. Karyoto ungkapkan bahwa pihaknya mendeploy anggota polisi pada jam-jam rawan.

Yang pasti kepolisian terus berupaya dengan berbagai cara. Karyoto ungkapkan bahwa pihaknya mendeploy anggota polisi pada jam-jam rawan. © Kapolda Metro Jaya, akui hingga saat ini belum temukan metode efektif untuk menangani masalah kemacetan di DKI Jakarta. 2023 Foto: Merdeka.com

Sumber: Liputan6

7 dari 14 halaman

"Kami berupaya sedikit memperlancar, seperti di Tendean-Mampang, saya ga tau kenapa ada masyarakat yang padahal sebenarnya salah paham, kita ingin rekayasa di jam-jam tertentu tetapi dipermanenkan. sehingga masyarakat menutup jalan alternatif sehingga

ujar dia.

8 dari 14 halaman

Kasus Kecelakaan Sepanjang 2023 Meningkat

Karyoto lanjut mengungkapkan statistik kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2023.

Dia mengatakan bahwa angkanya mengalami kenaikan sebanyak 11%, atau 1135 kasus lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2022.

" MD (Meninggal Dunia) menurun sebanyak 79 orang dibanding 2022 yaitu 707 jadi 628 orang karena ruas jalan tol yang dilingkupi Polda Metro Jaya hanya sampai di KM sblm 40 di daerah Tambun atau Bekasi ujung. Sementara di Jagorawi hanya sampai di Depok."

9 dari 14 halaman

Para Korban Kecelakaan

" Korban luka berat meningkat 36 persen. dari 1712 orang menjadi 2320 orang. Korban luka ringan meningkat 11 persen dari 10.214 orang menjadi 11.363 orang,"

10 dari 14 halaman

Jokowi: 996.000 Kendaraan Masuk DKI Setiap Hari

Jokowi: 996.000 Kendaraan Masuk DKI Setiap Hari © Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan izin kepada warga untuk menyandangkan sertifikat tanah pribadinya. 2023 Foto: Instagram/Jokowi

Jokowi, Presiden Republik Indonesia, menyatakan DKI Jakarta masuk dalam daftar 10 kota paling padat lalu lintas di dunia. Jokowi mengungkapkan bahwa sekitar 996.000 kendaraan memasuki Jakarta setiap hari, yang menyebabkan polusi udara dan kemacetan.

11 dari 14 halaman

"Kita tahu DKI Jakarta ini selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996.000 kendaraan ke Jakarta setiap harinya. Oleh sebab itu, macet (dan) polusi selalu ada d

ujar Jokowi saat meresmikan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Stasiun Cawang Jakarta Timur pada hari Senin (28/8/2023).

12 dari 14 halaman

Oleh karena itu, beliau mengumumkan upaya pemerintah untuk membangun berbagai sarana transportasi umum.

Termasuk di antaranya adalah mass rapid transit (MRT), kereta ringan (LRT), kereta rel listrik (KRL), Transjakarta, bus rapid transit (BRT), dan kereta bandara.

Harapannya adalah agar masyarakat dapat beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke moda transportasi massal. Dengan demikian, diharapkan polusi dan kemacetan di DKI Jakarta dapat diminimalkan.

13 dari 14 halaman

© Kapolda Metro Jaya, akui hingga saat ini belum temukan metode efektif untuk menangani masalah kemacetan di DKI Jakarta. 2023 Foto: Pixabay

" Mengapa dibangun MRT, LRT, KRL, transjakarta, BRT, Kereta Bandara agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," ujarnya.

14 dari 14 halaman

Meskipun demikian, Jokowi mengakui bahwa tidak mudah untuk mengajak masyarakat beralih ke penggunaan transportasi massal.

Beliau memberikan contoh bahwa hingga saat ini masih sedikit masyarakat yang menggunakan moda transportasi MRT, meskipun sudah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

" Contoh MRT, meskipun setiap hari saya lihat penuh tetapi kapasitas yang kita inginkan setiap hari 180.000 penumpang dan hari ini masih 80.000. Masih ada kapasitas yang belum penuh terisi," ujar Jokowi.

Beri Komentar