Alasan Kapolri Tolak Pengunduran Diri Ferdy Sambo

Reporter : Okti Nur Alifia
Minggu, 28 Agustus 2022 11:49
Alasan Kapolri Tolak Pengunduran Diri Ferdy Sambo
"Itu semua bagian dari proses. Nanti akan ada putusan lagi mengenai permohonan yang bersangkutan," kata Listyo.

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menolak pengunduran diri yang diajukan Irjen Pol Ferdy Sambo. Menurut dia, persoalan Ferdy Sambo harus dibereskan lewat sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

" Tentu ada aturannya. Kita melihat bahwa ini harus diselesaikan dalam proses sidang KKEP, dan kemarin sudah kita dengar bahwa putusan dari sidang PDTH," kata Listyo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), dikutip dari Merdeka.com, Minggu 28 Agustus 2022.

Sebelumnya Sambo juga telah mengajukan banding atas Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), menurut Listyo ini merupakan hak yang wajar untuk diajukan.

" Itu semua bagian dari proses. Nanti akan ada putusan lagi mengenai permohonan yang bersangkutan," kata Listyo.

1 dari 6 halaman

Sebelumnya surat pengunduran diri Ferdy Sambo telah dikirim kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polri memastikan tidak akan memproses surat pengunduran diri tersebut.

" Tidak (diproses)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Surat pengunduran diri yang ditulis tangan Sambo tidak akan pengaruhi hasil banding yang telah diminta Sambo sendiri, sebagaimana Peraturan Polri (Perpol) No 7 Tahun 2022.

" Surat tersebut tidak mempengaruhi hasil putusan sidang," ucap Dedi.

 

2 dari 6 halaman

Polri: Pengunduran Diri Ferdy Sambo Sebagai Polisi Tak Pengaruhi Sidang Etik

Dream - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan surat pengunduran diri Ferdy Sambo sebagai polisi tidak akan mempengaruhi sidang etik yang sedang digelar hari ini.

" Tidak ada (pengaruh surat pengunduran diri), konteksnya berbeda," kata Dedi di Mabes Polri, Kamis 25 Agustus 2022.

Dedi menjelaskan pengunduran diri Ferdy Sambo bersifat individu. Sementara sidang etik digelar lantaran dugaan ketidakprofesionalan dalam menjalankan tugas kepolisian.

" Mengundurkan diri individu, tapi pelaksanaan sidang kode etik ini membuktikan ketidakprofesionalan yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas kepolisian," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Diketahui, sebelum sidang kode etik digelar, Ferdy Sambo mengajukan pengunduran diri dari institusi Polri. Namun, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengataka bahwa Ferdy Sambo tidak bisa semudah itu mengundurkan diri dari Polri.

Ada pertimbangan-pertimbangan yang akan memutuskan apakah pengunduran diri ini disetujui atau tidak.

" Ada suratnya, tapi sedang dihitung oleh tim sidang karena memang ada aturan-aturannya," kata Sigit, Rabu 24 Agustsu 2022.

" Ya suratnya ada, tapi tentunya kan dihitung apakah itu bisa diproses atau tidak," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Irjen Ferdy Sambo Mundur dari Polri

Dream - Irjen Ferdy Sambo mengundurkan diri dari Polri. Tersangka pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat itu telah mengirim surat kepada Polri.

" Ada suratnya," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dikutip dari merdeka.com, Rabu 24 Agustus 2022.

Meski demikian, saat ini Polri masih belum menentukan apakah surat pengunduran diri mantan Kepala Divisi Propam itu bisa diproses atau tidak. Sebab, pengunduran diri anggota Polri ada aturannya.

" Ya suratnya ada. Tapi tentunya kan dihitung apakah itu bisa diproses atau tidak," tambah Sigit.

Ferdy Sambo diumumkan sebagai tersangka pada 9 Agustus silam. Pengumuman tersebut dilakukan langsung oleh jenderal Sigit dan didampingi sejumlah perwira tinggi Polri. Ferdy Sambo diancam dengan pasa 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati.

5 dari 6 halaman

Laporan Pelecehan Dihentikan, Istri Fredy Sambo Kukuh Jadi Korban Brigadir J

Dream - Beberapa waktu lalu, Kepolisian memutuskan untuk menghentikan laporan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait kasus pelecehan seksual yang dilakukan mendiang Brigadir J. Rupanya, saat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J, Putri bersikukuh kalau ia merupakan korban.

Pelecehan oleh Brigadir J, dise

" Putri juga menjelaskan dalam pemeriksaan bahwa beliau adalah korban tindakan asusila atau kekerasan seksual dalam perkara ini," kata Arman kepada wartawan, Sabtu, 27 Agustus, dini hari, dikutip dari Merdeka.com.

Arman menyampaikan bahwa keterangan sebagai korban pelecehan yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah itu pun telah tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sejak Jumat 26 Agustus 2022.

" Dan keterangan klien kami juga sudah dicatat oleh penyidik dalam BAP tersebut, sekaligus penjelasan kronologis kejadian yang terjadi di Magelang," kata Arman.

but Putri Candrawathi terjadi di Magelang, Jawa Tengah. Hal tersebut diungkapkan kuasa hukum istri Ferdy Sambo itu, Arman Haris.

Ia mengatakan bahwa istri Fredy Sambo itu secara konsisten telah menjawab sekitar 80 pertanyaan yang diajukan penyidik. Termasuk dengan pasal yang dipersangkakan sampai dengan peran Putri dalam kasus kematian Brigadir J.

" Berdasarkan klien kami dalam BAP dugaan tersebut tidaklah akurat. Dan telah dijelaskan klien kami secara konstruktif kepada penyidik," ujarnya.

6 dari 6 halaman

Atas hal itu, Arman mengatakan bawah pihaknya mempunyai keyakinan bahwa dalam perkara ini akan terkuak kejadian yang sebenarnya, ketika perkara ini telah naik ke persidangan.

" Akan semakin jelas dan terang, saatnya nanti dalam persidangan akan dibuktikan," sebutnya.

Putri juga telah dijadwalkan bakal kembali menjalani pemeriksaan kedua Rabu 31 Agustus 2022 mendatang. Para tersangka juga akan menjalani rekonstruksi kejadian yang bakal digelar pada Selasa 30 Agustus 2022.

" Selanjutnya seperti teman-teman sudah ketahui bersama pemeriksaan akan dilanjutkan hari Rabu, minggu depan. Tadi sudah dijelaskan Kadiv Humas, pemeriksaan nanti adalah pemeriksaan konfrontir, hari Selasa ada rekonstruksi tadi sudah dijelaskan," kata Arman.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More