Kata-Kata tentang Hari Pahlawan dari Gus Dur, Penuh Makna Perjuangan Isi Kemerdekaan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 10 November 2022 12:44
Kata-Kata tentang Hari Pahlawan dari Gus Dur, Penuh Makna Perjuangan Isi Kemerdekaan
Gus Dur adalah pahlawan bagi Hak Asasi Manusia dan toleransi.

Dream – Tepat 10 November 2022, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional. Hari Pahlawan adalah hari yang dikhususkan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan bangsa.

Pahlawan pendiri bangsa telah memperjuangkan segalanya demi keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia. Maka sudah sepantasnya pada hari bersejarah itu, kita sejenak mengheningkan cipta dan mendoakan arwah para pahlawan.

Selain itu, hakikat hari pahlawan juga untuk membangkitkan semangat masyarakat Indonesia untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan. Segala kebaikan yang dilakukan termasuk bagian dari meneruskan perjuangan para pahlawan.

Tentu banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional 2022. Salah satunya kamu bisa membagikan kata-kata tentang Hari Pahlawan dari Abdurrahman Wahid atau Gus Dur berikut ini.

Presdien RI ke-4 itu menyampaikan banyak filosofi dan kata-kata yang bermakna untuk kehidupan. Sekiranya juga sangat cocok dijadikan sebagai kata-kata tentang Hari Pahlawan. Yuk, langsung saja simak kata-kata tentang Hari Pahlawan dari Gus Dur berikut ini.

1 dari 2 halaman

Kata-Kata tentang Hari Pahlawan dari Gus Dur

Gus Dur adalah sosok yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Ia menjabat sebagai presiden RI ke-4 dan memiliki peran penting dalam mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa yang saat itu terkoyak karena perbedaan latar belakang masyarakat.

Ia adalah pahlawan bagi Hak Asasi Manusia dan toleransi. Simak kata-kata tentang Hari Pahlawan dari Gus Dur di bawah ini!

" Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tak mudah, kita bukan tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan."

" Memaafkan tidak akan mengubah masa lalu, tetapi memberi ruang besar untuk masa depan."

" Sebenar apapun tingkahmu, sebaik apapun perilaku hidupmu, kebencian dari manusia itu pasti ada. Jadi jangan terlalu diambil pusing. Terus jalan saja."

" Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga. Selamat Hari Pahlawan 2022."

" Mari kita bangun bangsa dan hindarkan dari pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah, inilah tugas kesejarahan kita yang tidak boleh kita lupa."

2 dari 2 halaman

" Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang dan bangsa, orang tidak tanya apa agamamu. Selamat Hari Pahlawan 2022."

" Perbedaan itu fitrah. Dan ia harus diletakkan dalam prinsip kemanusiaan universal. Selamat Hari Pahlawan Nasional."

" Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin tinggi toleransinya. Selamat Hari Pahlawan!"

" Bangsa ini menjadi penakut! Karena tidak berani dan tidak mau bertindak menghukum yang bersalah. Selamat Hari Pahlawan 2022."

" Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tanpa membeda-bedakan. Selamat Hari Pahlawan!"

" Keutuhan negara hanya akan tercapai kalu ia memberikan perlakuan yang sama di muka hukum."

“ Pertanyaan dasarnya adalah, sanggupkah kita sebagai bangsa mengembangkan sikap meninggikan kepentingan bersama itu dan mengalahkan kepentingan pribadi para pemimpin bangsa kita?”

Demikian itulah kumpulan kata-kata Hari Pahlawan dari Gus Dur yang penuh makna tentang semangat perjuangan mengisi kemerdekaan.

Beri Komentar