Kepanjangan dari Kata Kopaja Adalah Koperasi Angkutan Jakarta, Inilah Sejarah serta Pembagian Trayek dan Rutenya yang Bikin Nostalgia

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 2 Maret 2023 12:35
Kepanjangan dari Kata Kopaja Adalah Koperasi Angkutan Jakarta, Inilah Sejarah serta Pembagian Trayek dan Rutenya yang Bikin Nostalgia
Kopaja pernah menjadi primadona transportasi masal Kota Jakarta di masanya.

Dream - Warga Jakarta tentu tidak asing dengan Kopaja. Kopaja adalah angkutan massal berupa bus yang pernah merajai jalanan ibu kota. Kepanjangan dari kata Kopaja adalah Koperasi Angkutan Jakarta. Sebelum munculnya Transjakarta, masyarakat sangat mengandalkan Kopaja untuk mendukung mobilitasnya.

Bus ini memiliki kapasitas sekitar 20-an kursi bahkan bisa lebih. Penumpang yang tidak mendapatkan kursi, biasanya rela berdiri sampai ke bagian pintu di mana kenek atau asisten sopir berada. Nah, kenek ini bertugas untuk mencari penumpang serta memberi aba-aba pada sopir ketika ada penumpang yang mau naik atau turun.

Saat menggunakan Kopaja, maka sahabat Dream juga harus mengetahui tentang penomoran trayek dan rute dari Kopaja. Dengan begitu, kamu tidak akan salah saat menaikinya untuk menuju ke suatu tempat.

Bagi kamu yang penasaran dengan Kopaja, berikut ulasannya untuk kamu sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Sejarah Minibus di Jakarta

Kepanjangan dari kata Kopaja adalah Koperasi Angkutan Jakarta. Kopaja termasuk ke dalam jenis minibus. Sedangkan minibus lainnya adalah berupa metro mini, angkot, omprengan, dan bemo.

Pada awalnya, minibus tidaklah berupa Kopaja, melainkan berupa opelet pada akhir zaman Hindia Belanda. Nah, kendaraan yang satu ini terdapat di sepanjang jalur trem listrik yang mengubungkan antara Weltevreden (sekarang bernama Monas), Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan Jatinegara Jakarta Timur.

Seiring berjalannya waktu, pada awal tahun 1970 melalui Gubernur Ali Sadikin melakukan perancangan pola transportasi umum dengan berdasar pada kereta api dan bus besar. Namun kemudian banyak usaha yang diarahkan untuk melakukan perkembangan pada kendaraan pribadi. Hal ini berdampak pada kurangnya jumlah angkutan umum seiring dengan meningkatnya kebutuhan warga Jakarta akan transportasi umum.

Hal ini menjadi peluang manis bagi para pengusaha untuk menjalankan bisnis di bidang perhubungan. Pada akhirnya terdapat kenaikan jumlah minibus di DKI Jakarta. Di DKI Jakarta sendiri, terdapat kenaikan jumlah angkot dari 5.000 unit di tahun 1968 menjadi 13.500 lebih di tahun 2015.

Sedangkan untuk angkot dan bus sedang di tahun 2015 terdapat 47.000 unit untuk seluruh Jabodetabek. Jumlah itu belum termasuk kendaraan yang beroperasi tapi tidak memiliki izin trayek.

2 dari 3 halaman

Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja)

Nama Kopaja adalah operator yang menyediakan jasa angkutan umum berupa bus sedang yang berlokasi di Jakarta. Bus Kopaja identik dengan warna hijau dan putih dengan kapasitas kursi sekitar 20-an.

Tak jarang para penumpang harus berdesak-desakan dengan penumpang lainnya di dalam bus hingga bergelayutan di pintu bus. Belum lagi kalau bus ngetem di jalan-jalan tertentu. Ngetem adalah istilah ketika bus sedang menunggu penumpang di pinggir jalan tertentu. Bahkan beberapa bus akan menunggu sangat lama sampai bus benar-benar penuh oleh penumpang.

Kemudian dari sisi polusi yang dihasilkan. Kopaja termasuk banyak mengeluarkan polusi karena mesinnya melakukan pembuangan karbon dari pembakaran yang tidak sempurna. Sehingga karbon itu pun sangat berbahaya untuk manusia ketika dihirup.

3 dari 3 halaman

Penomoran Trayek dan Rute Kopaja

Penomoran Trayek Kopaja

Untuk penomoran trayek Kopaja biasanya diawali dengan huruf yang disesuaikan dengan wilayah kotamadya mana yang ada di Jakarta. Berikut adalah pembagian penomoran trayek Kopaja yang digunakan:

  • P untuk Kotamadya Jakarta Pusat.
  • B untuk Kotamadya Jakara Barat.
  • S untuk Kotamadya Jakarta Selatan.
  • T untuk Kotamadya Jakarta Timur.
  • U untuk Kotamadya Jakarta Utara.

Rute Kopaja

B.86
Lebak Bulus - Pondok Indah - Raya Simprug - Palmerah - Slipi - Grogol - Mangga Dua - Kota

B.88
Slipi - Grogol - Kalideres

B.95
Rawa Bokor - Taman Anggrek

P.16
Tanah Saudara laki-laki lebih tua - Slipi Jaya - Kemanggisan - Kedoya - Ciledug

P.19 (Kopaja AC)
Tanah Saudara laki-laki lebih tua - Landmark - Karet Pasar Baru - Blok M - Fatmawati - Kemang - Ampera - Ragunan Hadapan

P.20 (Kopaja AC)
Lebak Bulus - TB. Simatupang (Cilandak Barat) - Margasatwa Raya - Mampang Prapatan - Setiabudi - Menteng - Gambir - Senen

S.13 (Kopaja AC)
Ragunan Belakang - Cilandak KKO - TB. Simatupang - Pondok Indah - Gandaria - Mayestik - CSW - Semanggi - Slipi

S.63
Depok - Lenteng Luhur - TB. Simatupang - Masuk Tol Lenteng Luhur 2 - Keluar Tol Ampera 2 - Ampera - Kemang - Jeruk Purut - Benda - Antasari - Kantor Walikota Jaksel - Terminal Blok M

S.66
Blok M - Sudirman - Komdak - Rasuna Said - Latuharhari - Sultan Luhur (Pasar Rumput) - Manggarai

S.68
Ragunan Hadapan - Pasar Ahad - Kalibata Tengah - Duren Tiga - Pancoran - Tebet - Kampung Melayu

S.602
Ragunan Hadapan - Mampang Prapatan - Setiabudi - Komdak - Casablanca - Tanah Saudara laki-laki lebih tua

S.602 (Kopaja AC)
Ragunan Hadapan - Mampang Prapatan - Gatot Subroto - Komdak - Sudirman - Thamrin - Monas

S.605
Blok M — Kampung Rambutan
Terminal Blok M - Iskandarsyah - Melawai - Panglima Polim - Darmawangsa - Darmawangsa 4 - Darmawangsa 13 - Fatmawati - Abdul Majid - Kemang Selatan 8 - Kemang - Kemang Selatan - Ampera - TB Simatupang - Masuk Tol AMPERA~1 - Keluar Tol~30 " Cililitan—Cijantung" - Terminal Kp. Rambutan.

S.605A
Blok M — Ragunan Hadapan
Terminal Blok M - Prapanca - Kemang - Kemang Selatan - Ampera - TB Simatupang - Harsono - Terminal Ragunan (Ragunan Depan).

S.606
Pasar Ahad - Lenteng Luhur - Srengseng Sawah

S.608
Blok M - Senayan Belakang - Palmerah - Tanah Saudara laki-laki lebih tua

S.609
Blok M - Kebayoran Lama - Cipulir - Ulujami - Srengseng - Maruya

S.612
Ragunan Belakang - Cilandak KKO - Kemang Timur Raya - Mampang Prapatan - Pancoran - Tebet - Kampung Melayu

S.613
Blok M - Bintaro

S.614
Pasar Ahad - Warung Buncit - Pejaten Barat - Ampera - Kemang Selatan - Benda - Puri Sakti - Antasari - Taman Brawijaya - Darmawangsa 15 - Darmawangsa - Darmawangsa 6 - Wijaya 2 - Panglima Polim - Kramat Pela - Barito 2 - Barito 1 - Kyai Maja - Cipulir.

S.615
Lebak Bulus - Blok M - Palmerah - Tanah Saudara laki-laki lebih tua

S.616
Blok M - Tendean (Trans TV) - Pancoran - Pasar Ahad - Cipedak

S.620
Pasar Rumput - Pancoran - Blok. M

T.57
Terminal Kp. Rambutan - Raya Bogor - Cililitan (PGC) - Dewi Sartika - Kalibata - Duren Tiga - Warung Buncit - Tendean - Wolter Monginsidi - Terminal Blok M.

T.502
Kampung Melayu - Matraman - Proklamasi - Cikini - Monas - Tanah Saudara laki-laki lebih tua

U.27
Senen - Sunter - Kelapa Gading

Itulah penjelasan tentang sejarah dari minibus di Jakarta termasuk Kopaja serta penomoran trayek dan rutenya yang bisa membuat sahabat Dream, terutama warga Jakarta bernostalgia lagi dengan bus warna hijau-putih ini.

Beri Komentar