Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mantan Pemain AC Milan Jadi Prajurit TNI AD

Mantan Pemain AC Milan Jadi Prajurit TNI AD Falen Mariar (Foto: YouTube TNI AD)

Dream - Raihlah mimpi setinggi langit. Kata-kata tersebut kerap kali didengar dalam hidup, apalagi bagi mereka yang berambisi meraih mimpi. Begitu pula dengan Falen Mariar, siswa Secaba Rindam Jaya.

Putra asli Papua ini memiliki banyak pengalaman hidup yang mengesankan, mulai dari pemain bola hingga menjadi prajurit TNI. Falen kejar itu semua.

Usaha dan kerja kerasnya lantas berbuah manis. Penasaran dengan kisah hidup prajurit TNI satu ini? Berikut kisah Falen Mariar mengejar mimpi.

 

Menjadi Pemain AC Milan Junior

Kegemarannya dengan sepak bola membawa Falen Mariar menuju kemenangan. Setelah melewati pertandingan serta seleksi yang cukup panjang, dia berhasil lolos menjadi pemain AC Milan Junior.

Falen Mariam

"Kami seleksi ada 1500 orang hanya untuk mencari 18 orang yang terbaik untuk mewakili Indonesia ke Italia. Nah setelah itu saya juga tidak tahu, dengan percaya diri saya tidak tahu kalau saya ikut AC Milan ini. Sekian banyak orang ini, saya mungkin paling ya dibilang paling pendek," kata Falen Mariar, siswa Secaba Rindam Jaya.

"Ah, tapi apa yang Tuhan kasih untuk saya, saya keluarkan semua kan di setiap pertandingan. Ternyata pas pengumuman hari ke-3 di Bali saya lolos jadi 8 orang terbaik di kirim ke Jakarta lagi. Dari setiap Indonesia dikumpulkan semua jadi satu lagi, menjadi 500 orang," sambungnya.

 

Alami Pengalaman Pahit

Akan tetapi, cobaan datang saat dirinya hendak berangkat menuju Italia.

Sang ayah menghembuskan napas terakhir saat malam pengumuman terakhir. Meski begitu, Falen tetap melanjutkan keberangkatannya demi amanah terakhir ayahnya.

"18 pas malamnya pengumuman terakhir untuk mau berangkat pembagian tiket untuk ke luar negeri, pas orang tua meninggal," ungkapnya.

Berangkat ke Italia

"Tanya Bapak sebelum meninggal ada penyampaian kata terakhir. Dia bilang harus lanjut saja biar nanti dengan sepak bola bisa lihat adik-adik. Ya sudah dari situ saya berpikir dewasa saya biar lanjutkan saja. Sampai saya pas pembagian tiket malam, paginya berangkat, cuma dengan doa dan air mata saja saya melangkah menuju negara luar," lanjutnya.

"Setelah dari situ, saya balik dari sana (Italia) langsung ke Papua disambut oleh keluarga. Langsung menuju makamnya Bapak, tapi cuma kuburannya saja. Balik dari sana pesan-pesan Bapak semua saya pegang. Jadi saya bilang, biar nanti saya jadi tulang punggung untuk keluarga," katanya.

Raih Cita-cita Jadi Tentara

Usai kesuksesannya di Italia, Falen kembali ke Indonesia. Sempat bermain sepak bola lagi, Falen akhirnya memutuskan untuk menemani keluarga di Papua.

Saat itulah, Falen mengingat kembali cita-cita masa kecilnya. Dia ingin menjadi seorang prajurit TNI.

Falen Mariar

"Sebenarnya cita-cita saya itu mau jadi tentara. Karena waktu kecil saya lihat tentara itu pas masuk di komplek kan, waktu itu ada cari orang itu, masuk di komplek mukanya (tentara) beuh. Jadi saya takut, menangis saya pas lihat tentara itu pakai senjata kan baru Kokang kan. Jadi saya takut dari situ langsung lari menangis. Makanya dari situ saya tanamkan itu semua tujuan saya harus jadi tentara," paparnya.

"Pas main bola, teman-teman saya yang main bola sekarang sudah jadi Anggota TNI PK 27 (Bintara TNI AD Angkatan Tahun 2020) dan PK 26 (Bintara TNI AD Angkatan Tahun 2019). Jadi tujuan saya bilang harus PK 28 (Bintara TNI AD Angkatan Tahun 2021) ini saya harus, nama saya harus keluar dari PS TNI," paparnya.

Sangat Bersyukur

Pengorbanan dan perjuangan yang dilalui Falen tidak mudah.

Falen Mariar

Sempat tidak mendapat restu dari ibu, Falen mampu membuktikan jika dirinya mampu. Dia juga berjanji untuk tidak melupakan dan jauh dari keluarga. Ucap syukur pun tak henti-hentinya keluar dari bibir Falen Mariar.

"Tanpa orang tua tidak mungkin saya bisa pakai baju loreng ini. Ya Sudah Puji Tuhan saya bisa pakai baju loreng. Sampai saat ini bisa mengikuti pendidikan di Rindam Jaya," tutupnya.

 

Videonya

Berikut video mantan pemain AC Milan Junior kejar mimpi menjadi prajurit TNI:

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Momen Kocak Gibran Ganti Baju Bola di Rumah Warga, Pakai Jersey 'Samsul'

Momen Kocak Gibran Ganti Baju Bola di Rumah Warga, Pakai Jersey 'Samsul'

Gibran tampak melepas sepatu dan kaos kakinya. Sembari tersenyum ia diarahkan warga untuk masuk ke dalam kamar dengan pintu yang bertirai biru.

Baca Selengkapnya
Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tuna Netra Meraba Wajah dan Cium Kening Ganjar Di Balikpapan

Baca Selengkapnya
Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Main Bareng di Korsel, Segini Perbandingan Gaji Mereka, Siapa Lebih Kaya?

Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Main Bareng di Korsel, Segini Perbandingan Gaji Mereka, Siapa Lebih Kaya?

Nama keduanya menambah panjang daftar pemain sepak bola Indonesia yang berkarier di luar negeri

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mantan Istri Ketuk Hati Eks Kiper Timnas Kurnia Meiga untuk Berkata Jujur

Mantan Istri Ketuk Hati Eks Kiper Timnas Kurnia Meiga untuk Berkata Jujur

Istri Kurnia Meiga merasa kesal karena mantan suaminya tak jujur perihal penyebab perceraian

Baca Selengkapnya
Kasad Jenderal Maruli Minta Prajurit TNI AD Hidup Sederhana dan Tak Bermewah-mewah

Kasad Jenderal Maruli Minta Prajurit TNI AD Hidup Sederhana dan Tak Bermewah-mewah

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjutak berpesan agar para prajurit tak berpikir menjadi kaya atau menjadi pejabat dengan menjadi anggota TNI AD

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya