Mengenal Norovirus yang Menjangkit Warga China Selain Covid-19

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 15 Oktober 2020 08:02
Mengenal Norovirus yang Menjangkit Warga China Selain Covid-19
Norovirus bukanlah virus baru seperti Covid-19.

Dream – Virus corona penyebab Covid-19 ternyata tidak hanya satu-satunya virus yang menyerang dunia saat ini. Kini datang lagi kabar kemunculan norovirus yang menggemparkan warga China.

Pasalnya ada lebih 70 mahasiswa di Universitas Taiyung, China Utara yang menderita diare dan muntah. Kemudian para mahasiswa itu menjalani tes kesehatan, ternyata ada 11 kasus yang dinyatakan positif terjangkit norovirus.

Virus ini sebelumnya sudah pernah menyerang Norwalk, Ohio, dengan nama virus Norwalk. Para ilmuwan pun melakukan penelitian lebih rinci untuk menemukan gen dan protein virus pada tahun 1990-an.

Ditemukan virus Norwalk merupakan salah satu dari kelompok virus manusia yang sekarang diketahui jumlahnya 150 atau lebih dan berganti nama menjadi norovirus. Semuanya memunculkan gejala yang sama.

Berikut ini kita akan coba menyelami dan mengenal norovirus dengan saksama. Mari simak info selengkapnya di bawah ini ya, Sahabat Dream, seperti dikutip dari Brilio.net.

1 dari 3 halaman

Sudah Pernah Muncul

Kemudian pada tahun 2018, virus ini menjangkit saat Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan yang mencapai hampir 200 kasus. Wabah ini berasal dari pusat pelatihan pemuda tempat staf olimpiade tinggal sebelum pertandingan dimulai.

Menurut para peneliti, sebenarnya norovirus bukanlah virus baru seperti Covid-19. Norovirus sudah dikenal dalam dunia medis setidaknya sejak 1929 ketika seorang dokter anak mendeskripsikan penyakit muntah musim dingin, seperti dikutip dari Knowable Magazine.

Sementara itu menurut laporan dari Medical News Today, norovirus masih termasuk keluarga virus Caliciviridae. Virus ini bertanggungjawab atas sekitar 90 persen dari wabah gastroenteritis dan hampir 50 perse kasus di seluruh dunia.

2 dari 3 halaman

Gejala Norovirus

Ilustrasi© Pixabay

Orang yang terinfeksi norovirus pada umumnya akan mengalami gejala seperti muntah, sakit perut, kram perut, diare encer, demam, menggigil, pegal-pegal, dan sakit kepala.

Periode singkat saat gejala muncul, penderita bisa merasa sangat sakit dan muntah berkali-kali dalam satu hari, biasanya cukup parah dan tanpa peringatan.

Centers for Disease Control (CDC) melaporkan tanda-tanda dan gejala norovirus biasanya berlangsung selama 1 hingga 3 hari dan muncul antara 12 dan 48 jam setelah orang terinfeksi awal. Beberapa kasus menunjukkan diare bisa berlangsung lebih dari tiga hari.

Tapi setelah gejalanya teratasi, norovirus masih bisa menyebar melalui tinja, muntahan manusia dan hewan yang terinfeksi.

Orang bisa tertular virus ini saat mereka mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi, minum air yang sudah terkontaminasi serta menyentuh mulut mereka dengan tangan juga sudah terkontaminasi.

3 dari 3 halaman

Upaya Pencegahan

Seperti halnya virus corona penyebab Covid-19, norovirus juga tidak memiliki obat. Pada orang yang sehat, virus ini bisa hilang dengan sendirinya dalam 1 sampai 3 har saja. Namun demikian virus ini masih  bisa dicegah dengan kebiasaan baik menjaga kebersihan.

Dilansir dari Mayo Clinic, cara mencegah penyebaran virus norovirus antara lain dengan mencuci tangan dengan sabun, mencuci buah maupun sayur yang akan dikonsumsi, dan memasak seafood sampai benar-benar bersih.

Kemudian saat membuang tinja dan muntahan yang benar adalah dengan cara diserap menggunakan handuk sekali pakai, masukkan ke kantong plastic lalu buang di tempat sampah.

Lantai yang terkontaminasi bisa dibersihkan dengan menggunakan larutan pemutih klorin dan jangan lupa pakai sarung tangan.

Terakhir, jika Sahabat Dream mengalami gejala norovirus, usahakan untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan supaya tidak menyebar ke orang lain.

Jagalah kebersihan dan selalu pakai masker serta cuci tangan saat bepergian, karena virus selain Covid-19 masih bertebaran di mana-mana. Stay safe!

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar