Momen Presiden Soeharto Jadi Imam Sholat, Makmumnya Menteri hingga Jenderal

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 1 April 2021 13:45
Momen Presiden Soeharto Jadi Imam Sholat, Makmumnya Menteri hingga Jenderal
Foto lawas Soeharto menjadi imam salat semasa menjabat beredar di media sosial.

Dream - Presiden ke dua Indonesia, Soeharto, rupanya tetap melekat pada ingatan sejumlah orang. Sosok Jenderal Besar itu tetap bersemayam di kenangan banyak orang, dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Baru-baru ini, foto lawas Soeharto semasa menjabat beredar di media sosial. Dalam unggahan akun Instagram @jejaksoeharto, suami Siti Hartinah itu terlihat sedang menjadi imam sholat.

" Pak Harto menjadi imam shalat berjama’ah," demikian tulis akun @jejaksoeharto.

1 dari 7 halaman

Jadi Imam

Dalam unggahan akun tersebut, Soeharto terlihat mengenakan pakaian serba putih lengkap dengan peci putih. Ia juga terlihat mengimami salah satu jenderal terkenal TNI, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, yang mengenakan batik lengkap dengan peci hitam serta celana putih.

Try Sutrisno merupakan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Ia menduduki jabatan tersebut sejak 27 Februari 1988 hingga 19 Februari 1993.

Selain Try Sutrisno, ada pula Moerdiono. Dalam potret tersebut, Moerdiono tampak berada di samping Try Sutrisno.

Moerdiono merupakan Menteri Sekretaris Negara Indonesia di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Ia menduduki jabatan tersebut sejak 21 Maret 1988 hingga 16 Maret 1988.

      View this post on Instagram      

A post shared by HM Soeharto Fans (@jejaksoeharto)

 

2 dari 7 halaman

Ramai Komentar Netizen

Potret Soeharto menjadi imam salat jarang sekali ditemukan, alhasil unggahan tersebut langsung ramai jadi perbincangan netizen.

" Pak tri.. Pak Tommy.. Pak Moerdiono," tulis akun netizen.

" Alfatihah buat beliau," sambung akun lain.

" Alfatihah smg Alm husnul khatimah," imbuh akun netizen.

" Maa Syaa Allah Tabarakallah...semoga Allah tempatkan Almarhum Bapak Soeharto didalam JannahNya.. Aamiin Yaa Robbal Alamiin," sahut lainnya.

3 dari 7 halaman

Viral Gaya Santuy Presiden Soeharto Kala Diserang Berita Hoaks

Dream - Informasi berita bohong atau palsu rupanya bukan cerita baru di Indonesia. Hampir di setiap periode pemerintahan muncul berita yang faktanya tak bisa dipertanggungjawabkan. Tak terkecuali di masa kepemimpinan Presiden Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun.

Masalah yang sama juga pernah dihadapi mendiang Presiden Kedua Indonesia, Soeharto yang sampai saat ini masih memiliki banyak pengikut. Salah satunya informasi yang dianggap menyerang Soeharto kala itu adalah soal status peternakan Tapos di Ciawi, Bogor.

Video tanya jawab Soehaart saat menjelaskan soal kepemilikan peternakan yang pernah berjaya di masa Orde Baru itu muncul kembali di media sosial. Tersohor sebagai smiling general oleh media internasional, Soeharto dengan tenang membeberkan soal tudingan tersebut. Penasaran bagaimana sikap Presiden Soeharto kala itu? Berikut ulasannya.

4 dari 7 halaman

Ungkap Ada Pemberitaan Negatif Soal Tapos

Video itu memperlihatkan momen Presiden Soeharto saat melakukan kunjungan kunjungan kerja ke Peternakan Tapos, Jawa Barat pada 17 April 1994. Soeharto didampingi Panglima ABRI, Jenderal (Purn) Faisal Tandjung dalam agenda Temu Wicara dengan Perwira TNI AU.

Dalam kesempatannya, Soeharto menyebutkan bahwa kala itu memang banyak sekali pemberitaan yang mengarah pada Tapos, baik postif atau pun juga dari sisi negatif.

" Memberitakan dengan tujuan negatif, karena mereka tidak mengetahui keadaan yang sebenarnya dari Tapos ini. Karena memikirkan ini peternakan dari Presiden, padahal bukan peternakan Presiden, ini sebenarnya punya anak-anak saya yang saya mbonceng untuk mengadakan riset dan penelitian," ucapnya seperti nampak dalam unggahan akun Instagram @jejaksoeharto.

   

5 dari 7 halaman

Anggap Berita Hoax Sebagai Fitnah

Banyaknya pemberitaan hoax yang dihadapinya dianggap sebagai ujian oleh Soeharto. Bahkan ia terlihat santai menghadapi segala pemberitaan yang tak benar tersebut.

" Tapi tidak apa-apa, ini saya gunakan sebagai suatu ujian sampai di mana menghadapi semua isu-isu yang negatif tersebut. Sampai suatu isu tersebut sebetulnya sudah merupakan penfitnahan," ucap dia.

6 dari 7 halaman

Serahkan Semuanya kepada Tuhan

Dengan tetap tersenyum dan tertawa, Presiden Soeharto mengatakan bahwa dirinya sangat berserah diri kepada Tuhan sang pencipta. Ia juga meyakini bahwa yang baik atau salah akan segera terlihat dengan sendirinya.

" Kami percaya pada Tuhan yang Maha Kuasa dan pada nantinya mana yang baik dan benar itu akan kelihatan, yang jelek itu juga akan nampak pula. Jadi saya serahkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa," ucapnya.

7 dari 7 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah kembali oleh akun @jejaksoeharto ini menjadi viral di media sosial terutama dikalangan pendukung presiden kedua Indonesia itu. Banyak pendukungnya merindukan Soeharto yang dipuji sebagai sosok presiden bijaksana.

Sementara yang lain memuji sikap Soeharto yang tetap santai dan murah senyum menghadapi tudingan tersebut.

“ Alfatehah unk bapak soeharto pemimpin kharismatik,” komentar akun @ibumaya07.

“ Rasanya ingin kembali ke zaman beliau.dulu suka ada klompen capir,swasembada pangan benar2 di galakan,” ujar akun @koesmanani.

“ Jaman pak harto kalo ada beliau di tipi..semua org bondong2 pengen nonton TVRI...ataU RCTI..ATAU TPI...krn pengen liat kabar dri prsiden,” imbuh akun @semtankijan.

 “ Al Fatihah... ya Allah masih adakah di Negri ini Pemimpin Seperti Beliau... yg ke Bijakkannya benar2 unutuk Rakyat kecil ,” ujar akun @rosikacempaka.

 “ Ya Allah... Kangen banget saya kepada Beliau. Al Fatihah..” komentar akun @thebeatles_story.

      View this post on Instagram      

A post shared by HM Soeharto Fans (@jejaksoeharto)

 

Beri Komentar