Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pekan Depan Naik Pesawat Wajib Sertakan Hasil PCR & Antigen dari 742 Lab

Pekan Depan Naik Pesawat Wajib Sertakan Hasil PCR & Antigen dari 742 Lab Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Pemerintah menetapkan mulai pekan depan (Senin, 12 Juli 2021) hasil negatif PCR dan antigen menjadi syarat wajib bepergian jarak jauh. Syarat tersebut melengkapi kartu atau sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) semakin memperketat aturan tersebut untuk pelaku perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat. Pengetatan tersebut yaitu dengan mewajibkan tes Covid-19 baik PCR dan antigen dilakukan pada 742 laboratorium yang telah terkoneksi dengan Kemenkes.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan data tes akan tersimpan dengan nama New All Record (NAR) yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi. Data itu akan terhubung dengan PT Angkasa Pura II sehingga setiap orang ketika check-in di bandara dapat menunjukkan QR Code atau memasukkan Nomor Induk Kependudukan.

"Nanti langsung akan dicek oleh sistem apakah yang bersangkutan sudah divaksinasi di aplikasi PeduliLindungi dan dicek oleh sistem apakah PCR-nya sudah ada laporannya," ujar Budi.

Syarat ini dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan adanya pemalsuan hasil tes swab PCR dan antigen. Aplikasi pembacaan QR Code PeduliLindungi sendiri akan tersedia di sejumlah tempat publik khususnya hotel dan restoran.

Wajib Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi

Direktur Operasi Angkasa Pura Airport, Wendo Asrul Rose, mengatakan calon penumpang pesawat wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebelum bepergian. Kemudian melakukan registrasi untuk memiliki akun.

Menteri Komunikasi dan Informatinya, Johnny G Plate, menjamin data pengguna aplikasi aman. Selain telah memiliki payung hukum, sistem pada PeduliLindungi telah didukung teknologi sistem keamanan yang kuat.

"Sehingga kita harapkan tidak terjadi kebocoran data di dalam aplikasi PeduliLindungi itu sendiri," kata Johnny, dikutip dari Merdeka.com.

Daftar 742 laboratorium terkoneksi dengan Kemenkes telah dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021. Untuk mengetahui daftar lab tersebut, silakan buka pada tautan ini.

10 Stasiun Kereta yang Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis, Ini Lokasi & Syaratnya

Dream – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 gratis di 10 stasiun khusus bagi pelanggan KA Jarak Jauh (KAJJ). Layanan ini berlaku mulai hari ini, Senin 5 Juli 2021.

“Program vaksinasi gratis di stasiun ini merupakan upaya KAI untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari keterangan tertulis KAI.

Joni menjelaskan, secara bertahap, KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani Vaksinasi Covid-19 gratis tersebut. Hadirnya layanan ini juga untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah.

“Masyarakat yang memang harus tetap bepergian pada masa PPKM Darurat ini merasa sangat terbantu karena dapat melengkapi persyaratan bepergian yang telah ditetapkan pemerintah,” kata dia.

Berikut ini adalah 10 stasiun yang membuka layanan fasilitas vaksinasi COVID-19 gratis.

10 Stasiun yang Layani Vaksinasi Covid-19

1. Gambir

2. Pasar Senen

3. Bandung

4. Cirebon

5. Semarang Tawang

6. Purwokerto

7. Yogyakarta

8. Solo Balapan

9. Madiun

10. Jember

Apa Syaratnya?

Syarat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas serta menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku. Calon penumpang juga memiliki KTP dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksinasi Covid-19.

Joni mengimbau kepada calon pelanggan yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 di stasiun agar merencanakan dengan baik waktu antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan KA-nya untuk menghindari keterlambatan naik Kereta Api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan setempat dan pihak-pihak lainnya yang telah membantu kelancaran hadirnya layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun,” kata Joni.

Aturan Naik KAJJ Selama PPKM Darurat

Selama 5-20 Juli 2021, pelanggan KAJJ di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Pelanggan dengan kepentingan khusus yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan Kereta Api Jarak Jauh. Syaratnya, menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian untuk pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menujukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun

Hilang 10 Tahun, Biaya Pencarian Pesawat MH370 Habiskan Rp3,14 Triliun

Pesawat MH370 yang Hilang Selama 10 Tahun Telan Biaya Pencarian Mencapai Rp3,14 Triliun

Baca Selengkapnya
Mendadak Alih Profesi Jadi Dokter, Aksi Pilot Bantu Persalinan Penumpang di Tengah Penerbangan Ini Tuai Pujian

Mendadak Alih Profesi Jadi Dokter, Aksi Pilot Bantu Persalinan Penumpang di Tengah Penerbangan Ini Tuai Pujian

Ayah satu anak itu kemudian menyerahkan kendali pesawat kepada kopilot wanita.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Kemungkinan jemaah umroh bisa mencoblos di sana sangat kecil karena keterbatasan surat suara yang disediakan

Baca Selengkapnya
Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Penampakan musala dalam pesawat, tampak nyaman dan cukup luas.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya