Pria Ini Ditelan Bulat-Bulat oleh Paus dan Keluar Hidup-Hidup, Begini Kisah Mengerikan di Dalam Hewan Raksasa Itu

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 16 Juni 2022 09:14
Pria Ini Ditelan Bulat-Bulat oleh Paus dan Keluar Hidup-Hidup, Begini Kisah Mengerikan di Dalam Hewan Raksasa Itu
"Saya berpikir, 'tidak mungkin saya keluar dari sini. Saya sudah habis, saya sudah mati," kata pria itu.

Dream - Ini pengalaman mengerikan, sekaligus langka. Tidak banyak orang di muka bumi ini pernah ditelan bulat-bulan oleh paus dan keluar hidup-hidup.

Tapi itulah yang dialami oleh Michael Packard. Pada Juni tahun lalu, penyelam itu ditelan bulat-bulat oleh paus bungkuk di Pantai Provincetown, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kala itu, dia menyelam di dekat Herring Cove Beach untuk mencari lobster di dasar pantai pada Jumat pagi. Semula, aktivitas itu berjalan normal seperti hari yang sudah-sudah.

" Saat itu hari normal bagi saya. Saya pergi saat matahari terbit," kata Packard, dikutip dari Newsweek.

1 dari 5 halaman

Pagi itu dia masuk ke dalam air seperti biasa. Dia melakukan dua kali penyelaman. Semua berjalan dengan aman.

Pada penyelaman ke tiga, Packard turun lebih dalam hingga ke dasar laut. Ketika itulah terjadi peristiwa yang belum pernah dialami sepanjang hidupnya.

" Aku dibanting. Seperti kereta barang dan kemudian mendadak semuanya menjadi gelap," kata dia.

2 dari 5 halaman

Packard masuk ke dalam mulut paus bungkuk, hewan yang sering terlihat di lepas pantai Massachusetts.

Paus bungkuk termasuk paus balin, yang artinya tidak punya gigi. Paus jenis ini punya sisir yang sangat halus dari keratin --protein yang sama dengan rambut dan kuku manusia-- untuk menyaring air dari mulutnya.

Meskipun tidak memakan mangsa yang lebih besar, paus bungkuk dan paus balin lainnya tampaknya sering secara tidak sengaja memasukkan hewan yang lebih besar ke mulut mereka, terkadang termasuk manusia.

3 dari 5 halaman

" Saya bisa merasakan saya bergerak, dan saya bisa merasakan paus itu meremas dengan otot-otot di mulutnya," katanya.

" Saya berpikir, 'tidak mungkin saya keluar dari sini. Saya sudah habis, saya sudah mati.' Yang bisa saya pikirkan hanyalah anak laki-laki saya -mereka berusia 12 dan 15 tahun," tambah Packard.

Paus itu tampaknya menyadari telah menelan sesuatu yang berukuran besar, sehingga mencoba memuntahkan tubuh Packard yang berada di mulutnya.

4 dari 5 halaman

" Dan kemudian [paus] mulai naik. Tiba-tiba dia muncul ke permukaan dan dia mulai menggelengkan kepalanya dan menjadi tidak menentu... dan kemudian boom! Aku terbang keluar dari mulutnya," ujar Packard.

" Dan Saya seperti, 'Ya Tuhan.' Tapi di sana saya hanya mengambang di permukaan. Dan saya hanya melihat ke langit. Saya panik, saya tahu, tapi saya pikir saya akan hidup," tambah dia.

Packard memperkirakan berada di dalam mulut paus bungkuk sekitar 40 detik. Dia tidak benar-benar tertelan dalam arti sebenarnya, sampai ke perut.

5 dari 5 halaman

Menurut Nicola Hodgins dari Konservasi Paus dan Lumba-lumba, sebuah organisasi nirlaba Inggris, paus bungkuk dapat dengan mudah memasukkan manusia ke dalam mulutnya yang besar sepanjang 10 kaki.

Secara ilmiah paus tidak mungkin menelan manusia, karena tenggorokan mereka hanya seukuran kepalan tangan manusia, dan hanya melebar hingga diameter maksimum 15 inci.

Beruntung bagi Packard, rata-rata pria manusia memiliki lebar bahu lebih dari 16 inci.

" Syukurlah saya terus bernapas, jadi saya tidak tertekuk, atau apa pun," kata Packard.

Packard dijemput oleh kru lain, Josiah Mayo, yang menelepon melalui radio ke pantai dan membawanya kembali ke dermaga. Ambulans sudah menunggu untuk membawanya ke Rumah Sakit Cape Cod.

Beri Komentar