Pujian Sangat Bahaya, Bagaimana Menyikapinya?

Reporter : Eko Huda S
Senin, 29 Februari 2016 05:28
Pujian Sangat Bahaya, Bagaimana Menyikapinya?
Dalam sejumlah hadis, Rasulullah melarang umat Islam untuk memberikan pujian secara berlebihan.

Dream - Memberikan pujian secara berlebihan kepada teman atau orang lain tidaklah bagus. Dalam sejumlah hadis, Rasulullah melarang umat Islam untuk memberikan pujian secara berlebihan.

Pujian merupakan suatu bentuk perhatian yang baik yang diberikan kepada seseorang. Tetapi memuji secara berlebihan justru membuat manusia mengalami hal-hal yang tidak baik, seperti sombong atau besar kepala.

Abu Musa berkata, 'Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seorang pria berlebih-lebihan dalam memuji seorang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda, " Kalian telah membinasakan atau mematahkan punggung orang itu." [HR Bukhari dan Muslim Muslim] Sahih.

Dan bagi kita hendaknya tidak terlalu berbangga diri dengan segala pujian. Lantas, bagaimana cara menyikapi pujian? Baca selengkapnya di sini.

(Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi  Baca Juga: Cara Membedakan Bisikan Malaikat dan Setan 7 Istilah Seram yang Disematkan Alquran Buat Kaum LGBT Empat Perbuatan Baik yang Dikecam Allah SWT Mengapa Kucing Itu Diam Saban Hari di Kuburan, Ternyata... Keistimewaan Memulai Makan dari Pinggir Piring Menurut Rasul Humor: Adakah Rokok di Surga? Ceraikan 4 Istri untuk Nikahi 4 Wanita Baru Islam Larang Hidup Membujang

Beri Komentar