Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ramadhan Mubarak Artinya ‘Ramadhan yang Diberkati’, Ucapan Sekaligus Doa untuk Sesama

Ramadhan Mubarak Artinya ‘Ramadhan yang Diberkati’, Ucapan Sekaligus Doa untuk Sesama Ilustrasi. (Foto: Pixabay.com)

Dream – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Bulan ini juga dikenal sebagai bulan suci yang penuh ampunan.

Tak hanya memohon ampunan kepada Allah SWT, memohon maaf kepada sesama manusia juga penting dilakukan. Sebab manusia adalah tempat salah dan dosa, sehingga tanpa sadar perkataan atau bahkan tindakannya menyakiti perasaan orang lain.

Inilah mengapa banyak ucapan dan kata-kata yang sering terdengar pada saat bulan ramadhan. Salah satu ucapan yang kerap didengar adalah Ramadhan Mubarak.

Ramadhan mubarak artinya memiliki makna yang baik sebagai ucapan doa kepada sesama. Kata Ramadhan mubarak juga menjadi kata-kata untuk menyambut bulan yang suci ini.

Namun apa sebenarnya arti dari Ramadhan Mubarak? Nah, dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang Ramadhan mubarak artinya yang baik sebagai ucapan doa kepada sesama.

Ramadhan Mubarak Artinya

Kata Ramadhan mubarak sering diucapkan saat bulan puasa. Ramadhan Mubarak artinya adalah 'Ramadhan yang diberkati'. Ucapan Ramadhan Mubarak lebih umum diucapkan daripada kata yang lainnya.

Biasanya umat Muslim akan mengucapkan kata Ramadhan Mubarak untuk menyapa dengan sopan selama bulan puasa kepada saudara dan sahabat.

Ramadhan Mubarak artinya juga bisa dijadikan sebagai ucapan doa yang baik selama puasa serta permohonan berkah atas segala usaha yang dilakukan.

Dalam salah satu riwayat hadis, Ramadhan Mubarak juga telah disebutkan:

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu neraka ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad)

Ramadhan Mubarak dan Ramadhan Karim, Mana yang Tepat?

Ilustrasi

Di samping itu, secara literal Ramadhan Mubarak artinya 'happy Ramadhan' atau dalam bahasa Indonesia biasa kita kenal dengan ucapan 'Selamat Ramadhan'. Ramadhan Mubarak adalah kalimat yang tentu saja sudah akrab bagi umat Muslim.

Sebenarnya ada banyak kalimat untuk memberikan ucapan selamat Ramadhan. Selain Ramadhan Mubarak ada pula kalimat 'Ramadhan Karim'.

Ramadhan Karim artinya 'Ramadan yang bermurah hati'. Bisa juga diartikan secara kasar yaitu 'semoga Ramadan bermurah hati padamu'.

Sebagian orang menyebut kalimat ini kurang tepat sebagai ucapan Ramadhan. Sebab ramadhan tidak memiliki sifat bermurah hati. Yang memiliki sifat murah hati adalah Allah Swt. Semua pahala, rahmat, ampunan dan keberkahan di bulan ramadhan ini datangnya dari Allah Swt.

Inilah mengapa menurut Sheikh Al-Uthaymeen dari Arab Saudi, istilah 'Ramadhan Mubarak' yang seharusnya diucapkan. Menurutnya, kalimat 'Ramadan Karim' kurang tepat diucapkan karena kebaikan tidak diberikan oleh Ramadhan, melainkan oleh Allah SWT.

Kata Ucapan Ramadhan

Selain Ramadhan Mubarak, kamu juga bisa mengkombinasikannya menjadi kalimat yang indah an menyentuh hati. Tak perlu repot-repot memikirkan kalimatnya, karena kali ini Dream juga akan memberikan rekomendasi pilihan kata ucapan bulan Ramadhan. Simak berikut ini!

  1. “Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  2. “Marhaban ya Ramadhan, bulan suci kembali tiba. Saat tepat menyucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”
  3. “Melaksanakan dengan sepenuh hati. Menyambut dengan menyentuh hati. Menjalankan dengan kesucian hati. Semoga cahaya Ramadhan kita dapati dengan rahmat illahi. Selamat melaksanakan Ibadah Puasa pada bulan Ramadhan tahun ini.”
  4. "Ramadhan adalah pembuktian cinta pada setiap ruang dan waktu yang berpuluh-puluh berlipat ganda. Ketundukan adalah cinta, kebajikan adalah cinta, derma adalah cinta, dan menata hidup lebih dewasa adalah cinta. Ramadhan, saat memberi makna istimewa pada cinta kita. Kita telah bersama dalam ukhuwah.”
  5. "Ramadhan adalah bulan yang mulia. Marilah saling memaafkan, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  6. "Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  7. "Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadhan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  8. "Lidah memang mudah untuk mengucapkan, namun hati yang terluka tidak mudah memaafkan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maafkan atas ucapan yang menyakitkan."
  9. "Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  10. "Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan disebut istimewa karena memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim yang fokus beribadah dan berbuat kebaikan. Jadi bukan hanya menahan makan dan minum, tetapi sudah sepantasnya kita berusaha mendapatkan keutamaan bulan ramadhan ini, salah satunya adalah keutamaan malam lailatul qadar.

Selain itu masih banyak keutamaan bulan ramadhan yang bisa kamu dapatkan, berikut penjelasannya:

  1. Ramadhan bulan diturunkannya Kitab Suci Al-Quran.
  2. Bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.
  3. Bulan ramadhan bagian dari rukun islam.
  4. Pada bulan Ramadhan terdapat malam Seribu Bulan atau Lailatul Qodar yang sangat mulia.
  5. Bulan Ramadan adalah bulan pengampunan dosa.
  6. Ibadah dan semua kebaikan dilipatgandakan pahalanya di bulan Ramadhan.
  7. Doa di bulan Ramadhan adalah Mustajabah (mudah dikabulkan).
  8. Allah membebaskan siksa kbur pada setiap malam di bulan Ramadhan.
  9. Puasa Ramadhan Pphalanya senilai puasa 10 bulan.
  10. Ramadhan Mmngajarkan sabar dan taqwa.
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebagai umat Islam tentu memiliki harapan besar agar dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan di tahun mendatang.

Baca Selengkapnya
Bulan Ramadan Penuh Berkah, Inilah 3 Doa agar Bisa Dipertemukan Kembali

Bulan Ramadan Penuh Berkah, Inilah 3 Doa agar Bisa Dipertemukan Kembali

Di bulan Ramadan, amalan kebaikan dilipatgandakan dan dosa-dosa diampuni Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Menyambut Bulan Ramadan, Bentuk Rasa Syukur Datangnya Bulan yang Penuh Berkah

Doa Menyambut Bulan Ramadan, Bentuk Rasa Syukur Datangnya Bulan yang Penuh Berkah

Rasulullah saw mengajarkan untuk melakukan amalan-amalan dalam menyambut bulan suci Ramadan, salah satunya berdoa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bulan Syaban Segera Berakhir, Inilah Bacaan Doa yang Baik Diamalkan Sekaligus untuk Menyambut Ramadan

Bulan Syaban Segera Berakhir, Inilah Bacaan Doa yang Baik Diamalkan Sekaligus untuk Menyambut Ramadan

Doa tersebut berisi permohonan ampunan serta agar diberikan keselamatan serta kemudahan.

Baca Selengkapnya
4 Alasan Doa Lebih Mustajab Ketika Bulan Ramadhan, Ketahui Waktu Paling Utama untuk Berdoa

4 Alasan Doa Lebih Mustajab Ketika Bulan Ramadhan, Ketahui Waktu Paling Utama untuk Berdoa

Dipercaya bahwa doa-doa yang dipanjatkan dengan tulus dan penuh kesadaran selama bulan Ramadhan akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya
50 Kata Ucapan Selamat Tinggal Ramadhan yang Islami, Penuh Doa, dan Harapan

50 Kata Ucapan Selamat Tinggal Ramadhan yang Islami, Penuh Doa, dan Harapan

Setiap langkah dalam bulan yang mulia ini terasa sarat dengan makna dan berbagai momen yang menggugah hati.

Baca Selengkapnya
4 Doa Mohon Terlepas dari Segala Kesulitan Saat Bulan Ramadhan

4 Doa Mohon Terlepas dari Segala Kesulitan Saat Bulan Ramadhan

Dalam perjalanan hidupnya, manusia akan menghadapi berbagai ujian dan rintangan yang mungkin muncul tanpa diduga.

Baca Selengkapnya
65 Kata Menyambut Ramadhan Terbaru yang Penuh Makna, Cocok untuk Status Media Sosial

65 Kata Menyambut Ramadhan Terbaru yang Penuh Makna, Cocok untuk Status Media Sosial

Kumpulan kata menyambut Ramadhan terbaru bukan hanya sekedar ungkapan, tetapi juga sebuah doa dan harapan yang terucap dari relung hati.

Baca Selengkapnya
Doa Mohon Ampunan Dosa Menjelang Bulan Ramadhan, Bersihkan Hati dan Jiwa Sebelum Puasa

Doa Mohon Ampunan Dosa Menjelang Bulan Ramadhan, Bersihkan Hati dan Jiwa Sebelum Puasa

Sebelum menjalani bulan puasa, sebaiknya kita siapkan mental dan hati kita. Salah satunya dengan membaca doa mohon ampunan dosa menjelang bulan Ramadhan.

Baca Selengkapnya