4 Pengeluaran Terbanyak Wisman Saat Liburan di Bali

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 28 Juni 2022 08:35
4 Pengeluaran Terbanyak Wisman Saat Liburan di Bali
Manparekraf Sandiaga Uno menargetkan 1,5 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Dream - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali sebanyak 1,5 juta orang. Target tersebut diharapkan membangun kemabali perekonomian Bali yang sempat tersendat akibat pandemi Covid-19.

“ Ini merupakan target sekitar 25 persen menuju 30 persen dari angka 6 juta lebih yang dicatat oleh Bali saat sebelum pandemi,” kata Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Menurut Sandiaga, dampak ekonominya secara kuantitas memang tercatat hanya sekitar 25-30 persen. Namun secara kualitas, penurunan jumlah kunjungan wisatawan telah menggerus ekonomi hingga 50-60 persen.

Dengan target baru ini, Sandiaga berharap para wisatawan dapat tinggal lebih lama di Bali sehingga pengeluaran para pelancong ini akan lebih berdampak ke ekonomi lokal.

Data Kemenparekraf mencatat jumlah kedatangan turis mencanegara ke Bali banyak berasal dari lima negara di dunia.

1 dari 2 halaman

5 Negara dengan Kunjungan Wisatawan Tertinggi ke Bali

Kelima negara tersebut adalah Australia, Singapura, Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis.

pulau bali© (Foto: Shutterstock.com/DavideAngelini)

Sementara dilihat dari dari jenis pengeluaran wisatawan selama ada di Indonesia, pelancong dari luar negeri ini banyak menghabiskan uang untuk akomodasi 40 persen atau naik 1,8 poin. Disusul  makanan dan minuman sebesar 27,5 persen, belanja 7,89 persen, dan kesehatan 4,9 persen.

" (Pengeluaran) belanja harus kita tingkatkan," ucap Sandiaga.

2 dari 2 halaman

Bali Menjadi Workcation Bagi Digital Nomad

Selain sebagai tujuan wisata, Sandiaga Uno juga menargetkan Bali bisa menjadi menjadi workcation atau bekerja sambil liburan bagi digital nomad atau pekerja jarak jauh.

" Kami mendukung Bali sebagai kawasan workcationbagi para digital nomaddenganlongstaypanjang dan berkualitas dengan kemudahan visa baik pekerjaan maupun visa berkaitan dengan kegiatan digital nomad," kata Sandiaga Uno.

Selaras dengan target itu, Bali diharapkan dapat menjadi top of mind atau pilihan utama para turis untuk libur. Salah satunya caranya adalah dengan menggelar berbagai acara berskala internasional.

Beri Komentar