Wiranto Diserang Usai Isi Acara, UNMA Banten Angkat Bicara

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 11 Oktober 2019 07:02
Wiranto Diserang Usai Isi Acara, UNMA Banten Angkat Bicara
Penyerangan terjadi saat Wiranto hendak kembali ke Jakarta.

Dream - Universitas Mathla'ul Anwar (UNMA) Banten mengutuk upaya penusukan yang menargetkan Menko Polhukam Wiranto pada Kamis siang, 10 Oktober 2019.

Sebelum penusukan, Wiranto sedang mengisi acara di kampus UNMA Banten yang berjarak sekitar 6 kilometer dari lokasi kejadian. 

Secara tegas, UNMA menyatakan upaya itu tidak bisa dibenarkan baik secara hukum maupun agama.

" Sivitas akademika UNMA Banten mengutuk keras upaya percobaan penusukan terhadap Menko Polhukam Jend Purnawirawan Bpk Dr. H. Wiranto, SH., S.IP. di Alun-alun Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang," demikian pernyataan yang disampaikan Kepala Humas UNMA, Rizal Rahmatulah, lewat keterangan tertulis diterima Dream.

Sebelum penusukan, Wiranto meresmikan gedung di Kampus UNMA Banten, di Kampung Cikaliung, Kecamatan Saketi.

Wiranto kemudian diserang saat berada di Alun-alun Menes, ketika hendak kembali ke Jakarta menggunakan helikopter.

" Upaya penusukan ini juga menimpa tokoh Mathla'ul Anwar H Fuad Sauki, yang sedang mendampingi Bapak Wiranto," kata Rizal. Fuad Sauki diketahui sebagai ajudan Wiranto. 

Rizal mengatakan sivitas akademika UNMA berharap kejadian ini diusut hingga tuntas. Para pelaku diproses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

" Kejadian ini sangat memalukan dan mencoreng nama baik masyarakat Menes yang dikenal senantiasa menjaga sopan santun dan religius," demikian pernyataan tersebut.

1 dari 5 halaman
2 dari 5 halaman

Kabar Wiranto Ditusuk Disorot Dunia, Jadi Breakingnews Media Internasional

Dream - Kabar penusukan yang dialami Menkopolhukam Wiranto tak hanya mengejutkan publik di Tanah Air. Media internasional turut menyoroti peristiwa tak diduga tersebut.

Dari pantauan Dream, Kamis, 10 Oktober 2019, berita tentang Wiranto ditusuk juga dipantau oleh media Perancis, TV5 Monde. Lewat akun twitternya, @TV5MondeINFO, media tersebut mengabarkan penusukan Wiranto dilakukan oleh dua orang pelaku.

" Menteri Keamanan Indonesia Wiranto (72) ditikam dengan pisau. Sebuah serangan dikaitkan dengan seorang Islamis. Dua orang ditangkap," cuit akun media Perancis tersebut.

Laporan yang sama dicuitkan akun Twitter media di Timur Tengah, Al Jazeera News lewat akunnya @AJEnews.

Dari akun Twitternya, media berbasis di Uni Emirat Arab itu melaporkan pelaku penusukan diduga terpapar paham radikal ISIS. Wiranto dilaporkan menderita duka luka tusukan dalam.

Media Arab ini bahkan menjadikan cuitan tentang penusukan Wiranto sebagai berita Breaking News.

Berita tentang penusukan Wiranto juga dikabarkan media Israel. Akun @Jerusalem_Post yang sudah terverifikasi Twitter memberitakan kondisi Wiranto telah stabil setelah ditusuk pria. Akun ini mengutip pernyataan dari kepolisian.

Masih dari Tanah Arab, berita Wiranto ditusuk juga turut dicuitkan akun Al Arabiya. Sama seperti media lain, akun ini juga mengutip pernyataan resmi dari kepolisian.

Dari Asia, kabar penusukan Wiranto juga dilaporkan laman media South China Morning Post. Akun @SCMPNews menurunkan artikel ini setelah mendapat pernyataan resmi dari pihak kepolisian.

3 dari 5 halaman

Detik-detik Penusukan Wiranto

Dream - Karo Penmas Div Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan upaya penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto telah digagalkan. Pelaku penusukan juga sudah diamankan.

" Pelaku sudah diamankan," ujar Dedi, dikutip dari Merdeka.com.

Dedi belum dapat memberikan informasi mengenai perkembangan lebih lanjut mengenai peristiwa ini. Seperti dilansir Merdeka.comKepolisian saat ini masih menjalankan investigasi.

Wiranto diserang secara tiba-tiba oleh pria berjaket hitam. Pria itu menggunakan pisau dan berusaha menusuk Wiranto.

Mantan Panglima ABRI ini mengalami luka di bagian perut. 

 

4 dari 5 halaman

Tampang Pria Penusuk Wiranto

Berikut pria tak dikenal penusuk Menko Polhukam Wiranto 

Penusuk Wiranto© Istimewa

(Foto: Istimewa)

5 dari 5 halaman

Tampang Wanita Penusuk Wiranto

Berikut tampang wanita penusuk Menko Polhukam Wiranto 

Penusuk Wiranto© Istimewa

(Sumber: Istimewa)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More