5 Tips Cerdas dan Tangkas Berinternet

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 10 Februari 2020 18:36
5 Tips Cerdas dan Tangkas Berinternet
Jagad media sosial kerap menyimpan data yang kamu bagikan sejak lama. Berhati-hatilah.

Dream - Era digital dan industri 4.0 seperti saat ini punya dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh rangkaian kegiatan sehari-hari terhubung dengan internet.

Di Indonesia, penetrasi internet sangat luar biasa. Dari 280 juta penduduk, 171,1 jutanya adalah pengguna internet. Paling banyak generasi milenial dengan screen time mencapai 8 jam sehari.

Internet yang cenderung bebas perlu kebijakan pengguna untuk menanganinya. Masyarakat perlu memiliki kemampuan literasi digital yang baik agar dapat menjadi pengguna yang baik dan aman dalam berinternet.

Dalam peringatan Hari Aman berinternet Sedunia yang digelar Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (ID-COP), ada beberapa langkah dan tips untuk tangkas menjelajahi dunia maya.

 

1 dari 3 halaman

1. Unggah Konten yang Bermanfaat

Ilustrasi© Shutterstock

Sekali saja kamu memposting konten atau sesuatu yang negatif di internet (foto, komentar atau pesan), jejak digitalmu akan ada di Internet selamanya dan nyaris tidak bisa dihapus.

Penting bagi kamu untuk tahu kapan waktunya kamu harus memposting atau tidak. Jejak digital dapat menjadi bumerang untuk kita sendiri.

2. Jaga dan Melindungi Privasi

Jangan pernah sekalipun membagikan data pribadimu di internet seperti alamat, email, nomor telfon dan dokumen sekolah atau instansimu di internet, karena dapat disalahgunakan orang-orang tidak bertanggung jawab.

 

2 dari 3 halaman

3. Akses Situs yang Aman

Sebelum kamu mengklik link atau memasukkan sandi di situs yang belum pernah kamu kunjungi, periksa terlebih dahulu apakah URL situsnya sesuai dengan nama dan informasi perusahaan atau produk yang kamu cari.

Ilustrasi© Shutterstock

Pastikan URL situs dimulai dengan " https://" dengan ikon gembok hijau kecil di sebelah kirinya.

 

3 dari 3 halaman

4. Jangan Mudah Tergiur

Jika ada e-mail atau situs menawarkan sesuatu yang tidak masuk akal, seperti peluang untuk menghasilkan banyak uang atau menang undian ratusan juta, sudah pasti itu tidak benar, sebaiknya cek email dan situs resmi dari instansi yang bersangkutan.

Scam lainnya juga bisa berbentuk instruksi untuk mengunduh suatu software yang berisi malware sehingga dapat menyebabkan virus di perangkat kamu.

5. Jadilah Pengguna Internet yang Positif

Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan, hal ini juga berlaku di internet bukan hanya di kehidupan nyata saja, karena saat ini sedang marak kasus cyberbullying yang membuat korbannya depresi bahkan sampai bunuh diri.

Tebarlah kebaikan terhadap sesama pengguna internet untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Laporan: Raissa Anjanique

Beri Komentar