50% Lebih Warga AS Tak Tahu WhatsApp Milik Facebook

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 19 Oktober 2018 15:15
50% Lebih Warga AS Tak Tahu WhatsApp Milik Facebook
Pemilik jaringan teknologi harus terbuka mengenai aplikasi yang mereka miliki.

Dream - Lebih dari 50 persen warga Amerika Serikat (AS), yang menggunakan WhatsApp lebih dari enam bulan tak mengetahui aplikasi perpesanan itu dimiliki Facebook.

Selain WhatsApp, penelitian yang dilakukan DuckDuckGo juga menyebut sebanyak 56 persen warga AS tak mengetahui bahwa Waze telah dimiliki Google. Sebelumnya, DuckDuckGo juga telah menggelar survei bahwa 57 orang dewasa AS tak menyadari bahwa Facebook telah memiliki Instagram.

Apa pentingnya temuan ini? The Next Web menyebut, temuan ini dapat membuat publik bertanya bahwa, haruskah raksasa teknologi memperjelas kepemilikan aplikasi sosial media lainnya?

Ketika kampanye #DeleteFacebook muncul publik perlu bertanya ulang. Haruskah kita menghapus aplikasi itu? Bagaimana dengan Instagram?

Facebook tidak mungkin menghindari fakta kepemilikan Instagram dan WhatsApp. Tetapi, perusahaan rintisan Mark Zuckerberg itu sengaja tak mengiklankannya.

Facebook boleh saja mengalami kebocoran data pengguna. Tetapi, bagaimana dengan privasi data WhatsApp?

Wacana yang dikembangkan DuckDuckGo ini menarik sebab seberapa banyak warganet peduli terhadap aplikasi yang digunakan. Jaringan media sosial disebut memiliki persamaan dengan makanan.

Dia menyarankan kepemilikan media harus diberi label. Layaknya makanan yang dikonsumsi, halal atau tidak, pemodalan aplikasi media sosial juga harus disebut.

WhatsApp milik Facebook, Waze dari Google. Itu harus tak boleh terlewatkan. Publik berhak untuk tahu, meskipun mereka tidak peduli.(Sah)

Beri Komentar