Penghasilan 9 dari 10 Penjual Usaha Tradisional Mitra Tokopedia Naik 50%

Reporter :
Rabu, 3 November 2021 12:36
Penghasilan 9 dari 10 Penjual Usaha Tradisional Mitra Tokopedia Naik 50%
Sebagai pelaku usaha tradisional, kamu harus mulai berinovasi dengan adanya perkembangan digital.

Dream - Tokopedia mengklaim 9 dari 10 penjual usaha tradisional seperti pemilik warung dan Toko Kelontong yang menjadi mitranya mengalami peningkatan penghasilan sebesar 50 persen. Penghasilan itu diakui membantu para mitra untuk memenuhi kebutuhan keuangan selama masa pandemi ini. 

Hasil survei yang dilakukan Tokopedia pada Oktober 2021 juga menunjukan sekitar 80 persen pegiat usaha tradisional dan usaha sejenis lainnya telah menjadikan Mitra Tokopedia sebagai usaha tambahan untuk membantu situasi finansial mereka.

" Mereka pun mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak dan terbebas dari utang,” ungkap AVP of New Retail Tokopedia, John Hadiwidjaja, dalam konferensi press virtual HUT ke-3 Mitra Tokopedia, 2 November 2021. 

Berdasarkan survei Mitra Tokopedia tersebut juga mencatat hampir 60 persen penjual yang menggunakan fitur Grosir mengaku bisa menjalankan bisnis lebih efisien. Para mitra ini bisa memanfaatkan promo di aplikasi dan bertambah penghasilannya karena tidak perlu menutup toko ketika memperbarui stok produk dagangan mereka.

Ida Fitriani, seorang guru honorer di Kutai Barat dan pemilik Barokah Cell mengaku kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan. Dia mengaku transaksi bulanannya mengalami peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

" Apalagi di masa pandemi, pulsa telepon dan paket data menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja atau sekolah dari rumah,” ungkap Ida.

1 dari 2 halaman

Menteri Koperasi dan UKM RI Memberikan Apresiasi

Sementara Elisa Pakpahan, seorang difabel asal Medan yang menjual produk grosir mengungkapkan fitur dari Tokopedia mempermudahnya dalam membeli stok produk grosir yang biasanya sulit dilakukannya ketika harus mendatangi toko offline.

" Omzet bulanan saya pun meningkat hingga puluhan juta rupiah,” ungkapnya. 

John mengungkapkan tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbagai produk dari warung atau toko kelontong membuat 9 dari 10 penjual menambah jenis dan jumlah produk yang dijual setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia.

Beberapa produk digital paling tinggi peminat di Mitra Tokopedia seperti pembayaran BPJS, air dan listrik. Sementara produk Grosir juga meningkat nilai transaksinya hingga 12 kali lipat dibandingkan dengan tahun pertama Mitra Tokopedia diluncurkan.

Saat ini, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia

 

 

2 dari 2 halaman

Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan dari Pegiat Usaha Tradisional

Keterlibatan masyarakat menjadi Mitra Tokopedia diapresiasi Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki yang berharap Mitra Tokopedia akan selalu mengambil peran dalam mengakselerasi digital pelaku UMKM, khususnya pegiat usaha tradisional, para pedagang warung.

Teten meyakini pelaku UMKM, khususnya usaha mikro sangat berpotensi memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan serta pemulihan ekonomi nasional.

“ Saya harap tidak hanya mampu meningkatkan jumlah warung yang terhubung ke dalam ekosistem digital, tetapi juga meningkatkan literasi digital dan juga kesejahteraan para pemilik warung yang tergabung dengan Mitra Tokopedia,” tambah Teten.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengharapkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam program Digitalisasi Warung pada 3 November 2021 nanti akan semakin membantu pegiat usaha tradisional berkontribusi terhadap perekonomian digital khususnya di tengah pandemi.

Dengan kerja sama itu, Astri memastikan Tokopedia akan melakukan program bimbingan kepada pegiat usaha yang tergabung dalam program ini. Bimbingan teknis meliputi cara memulai bisnis di Tokopedia dan cara mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara daring sehingga lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah dan memperoleh perlindungan hukum terhadap usaha.

Beri Komentar