Heboh Penampakan Benda Bercahaya di Langit Bandung, Begini Penjelasan Lapan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 31 Juli 2021 11:00
Heboh Penampakan Benda Bercahaya di Langit Bandung, Begini Penjelasan Lapan
Diketahui benda asing tersebut mengarah ke daerah Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

Dream - Laman media sosial digegerkan dengan sebauh unggahan video penampakan benda bercahaya terang di langit Bandung, Jawa Barat, pada Kamis, 29 Juli 2021. Video tersebut diunggah akun Instagram @Bandungtalk setelah mendapat kiriman dari seorang netizen yang bekerja di sebuah proyek di Jl Dr Rum, Bandung, Jawa Barat.

" Maaf Pak Saya Irman Kerja Di Pasirkaliki Cicendo Bandung, Kebetulan saya kerja Jadi security proyek tepat nya Di jln Dr Rum. Sebenernya saya mau info kan ada sebuah kejadian Yang tadi Barusan Jam 8.30 pekerja yang di area proyek Memeberi tau Di atas Ada Fenomena aneh Di langit Bandung," tulis pengelola akun tersebut.

Dalam keterangannya disebutkan jika segerombolan benda asing itu terbang dengan jumlah kurang lebih 30 unit. Dari arahnya, diketahui benda asing tersebut mengarah ke daerah Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

" Benda tersebut jumlah nya banyak kurang lebih 30-an," lanjut caption video tersebut. 

 

 

1 dari 3 halaman

Lapan Masih Selidiki

Menanggapi video amatir berdurasi 30 detik itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengaku masih mengevaluasi identitas dari penampakan benda tersebut.

" Terkait fenomena tersebut, itu masih dievaluasi oleh teman-teman yang memahami," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, Emanuel Sungging Mumpuni, Jumat 30 Juli 2021.

Emanuel mengatakan, LAPAN belum bisa memberikan kesimpulan karena masih dalam tahap evaluasi dan analisa.

 

 

2 dari 3 halaman

Kata Ahli Antariksa

Terpisah, peneliti astronomi dan astrofisika di Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto menuturkan bahwa video tersebut tidak terkait fenomena meteorologi.

Rhorom menyatakan diperlukan analisa terhadap data yang memadai dan evaluasi terhadap video oleh tim Lapan untuk bisa memastikan identitas benda misterius tersebut.

Dugaan sementara benda-benda bercahaya itu berasal dari pesawat drone atau satelit. Yang pasti, Rhorom meyakini jika objek tersebut bukan benda langit.  

" Namun, kami belum mendapatkan data yang cukup untuk berkesimpulan," tutur Rhorom.

 

Beri Komentar