Waspada Hoax! Pemerintah Bagikan Laptop Gratis dengan Isi Link

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 6 Agustus 2020 16:33
Waspada Hoax! Pemerintah Bagikan Laptop Gratis dengan Isi Link
Situs resmi pemerintah tidak pernah menayangkan berita tentang pembagian laptop gratis.

Dream - Baru-baru ini beredar berita melalui sosial media WhatsApp yang mengatakan pemerintah memberikan laptop bagi guru dan siswa. Pesan ini diketahui telah beredar sejak tahun lalu.

Di dalam pesan itu, terdapat link pendaftaran bagi yang berminat. Berikut narasi pesan tersebut:

" Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis Untuk Siswa dan Guru. Klik Di Bawah Ini untuk Memesan Laptop Gratis Anda Sekarang http://laptops.offers247.online/id."

Lalu benarkah di masa pandemi Covid-19, pemerintah akan membagikan laptop gratis bagi siswa dan guru?

1 dari 2 halaman

Cek Fakta

Pesan berantai berisi hadiah atau bantuan dari Pemerintah sudah sering beredar di masyarakat. Kebanyakan meminta pembaca untuk mengklik link yang disertakan.

Faktanya, situs resmi Pemerintah tak pernah meminta data hanya dari sekadar pesan Whatsapp. Kemudian Cek fakta Liputan6.com coba membuka link tersebut.

Hasilnya setelah diakses, link tautan itu justru mengarah ke sebuah web bernama oficayuda.club. Halaman pertama yang tampil adalah pengisian data pribadi. Dapat dipastikan link tautan itu merupakan link penipuan atau scam.

2 dari 2 halaman

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga pernah mengulas soal ini dalam artikel berjudul " [DISINFORMASI] Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis untuk Pemuda" yang tayang 17 Oktober 2019 lalu.

Berikut isinya:

" Penjelasan :

Beredar pesan berantai di Whatsapp, pesan yang tersebar tersebut isinya adalah Pemerintah menyediakan laptop gratis untuk pemuda, dalam pesan berantai tersebut juga tersedia tautan http://order.freelaptop.site/id untuk mendaftar program pembagian laptop tersebut.

Dilansir dari Jabar Saber Hoaks, dilihat dari nama tautan yang disertakan sudah terlihat ada kejanggalan, situs pemerintah tidak mungkin menggunakan link seperti itu. Setelah diakses link tautan tersebut halaman pertama yang tampil adalah pengisian data pribadi. Dapat dipastikan link tautan tersebut merupakan link scam.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

https://www.facebook.com/official.jabarsaberhoaks/posts/400153490919243?__tn__=-R"

 

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut pemerintah akan membagikan laptop bagi guru dan siswa adalah tidak benar alias hoaks.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar