Peringatan NASA, Asteroid Sebesar Bianglala London Eye Dekati Bumi Sore Ini

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 27 September 2018 11:00
Peringatan NASA, Asteroid Sebesar Bianglala London Eye Dekati Bumi Sore Ini
Asteroid itu melesat dengan kecepatan 5,5 kilometer per detik.

Dream - Asteroid sebesar bianglala raksasa di Inggris, London Eye, diperkirakan bakal melintasi orbit bumi hari ini, Kamis, 27 September 2018. Batu langit itu akan melaju dengan kecepatan 5,5 kilometer per detik.

NASA memperingatkan, asteroid SM1 itu diperkirakan akan mendekati bumi dengan jarak terdekatnya pada pukul 12.42 siang waktu Inggris, atau 18.42 WIB.

Asteroid SM1 merupakan Objek Dekat-Bumi tipe Apollo (NEO) yang mengerikan dengan jalur orbit mirip dengan Asteroid 1862 Apollo.

Diperkirakan asteroid itu akan melintasi orbit bumi dari jarak 2,61 juta kilometer. Jarak itu sama dengan 6,8 kali antara bumi dan bulan.

Terakhir kali, asteroid SM1 mendekati bumi pada suatu malam di tanggal 17 Oktober 1962.

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dan Pusat Studi Objek Dekat Bumi dari California Institute of Technology, asteroid ini memiliki ukuran antara 73 meter sampai 160 meter.

Jika prediksi NASA ini tepat, asteroid yang akan melintas itu lebih besar dari menara jam Big Ben di Inggris serta bianglala raksasa, London Eye.

Setelah asteroid itu melintasi orbit bumi, dibutuhkan waktu dua tahun untuk dia kembali muncul di tata surya bumi.

Namun Asteroid SM1 bukan satu-satunya yang mendekati orbit bumi hari ini. Asteroid dengan diameter lebih juga namun kecepatan lebih tinggi akan muncul di subuh hari waktu Inggris atau siang waktu Indonesia.

Kumpulan asteroid bernama DD1 ini ukuran mini ini dierpkirakan memiliki diameter 51 meter sampai 110 meter.

(Sah/Sumber: express.co.uk)

Beri Komentar