Tips Memilih Aplikasi Pencatat Keuangan yang Tepat untuk Bisnis

Reporter :
Kamis, 26 Mei 2022 10:13
Tips Memilih Aplikasi Pencatat Keuangan yang Tepat untuk Bisnis
Dapat menghemat waktu berjam-jam dibandingkan jika membuat laporan keuangan bisnis secara manual

Dream - Aplikasi pencatat keuangan dapat menghemat waktu berjam-jam dibandingkan jika membuat laporan keuangan bisnis secara manual dan jauh lebih efisien daripada menggunakan spreadsheet.

Aplikasi ini menghemat waktu karena tidak harus terus-menerus memasukkan kembali data dan angka yang berlebihan seperti nilai pesanan, data penjualan dan pembelian, nilai stok barang dan sejenisnya.

Bisnis kecil yang memiliki persediaan dan banyak karyawan serta pelanggan akan menghemat waktu dan memiliki pencatatan yang lebih akurat dengan menggunakan aplikasi ini.

Sebagian besar aplikasi pencatat keuangan atau software laporan keuangan perusahaan sangat mudah digunakan sehingga tidak perlu memiliki orang yang berpengalaman dalam akuntansi atau pembuatan laporan keuangan untuk mengoperasikannya.

Aplikasi Pencatat Keuangan© shutterstock.com

Manfaat Aplikasi Pencatat Keuangan

1. Pencatatan Transaksi yang Tersistem

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi kasir. Sehingga catatan penjualan akan langsung masuk ke database. Dengan begitu, pencatatan keuangan dalam bisnis menjadi lebih terstruktur dan berkesinambungan.

Data yang terperinci memudahkan kamu untuk melakukan pengawasan dan evaluasi seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Pencatatan transaksi yang tersistem pada aplikasi Pencatat keuangan juga didukung dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Hal ini tentu dapat memudahkan kamu yang masih awam akan penggunaan teknologi.

2. Mengurangi Kelalaian yang Sering Terjadi

Manusia tak dapat mengingat banyak data sekaligus, kecuali orang tersebut memang jenius. Oleh sebab itu sering terjadi kelalaian dan kesalahan dalam pencatatan barang atau keuangan bisnis.

Kamu dapat mengantisipasi kelalaian ini dengan menggunakan aplikasi seperti Pencatat keuangan. Simpanlah data transaksi dan juga daftar barang di dalam aplikasi.

Jika diperlukan, cukup mencari transaksi yang dibutuhkan. Hanya dalam beberapa detik, data akan ditampilkan secara terperinci.

Hal ini juga berlaku untuk pencarian barang atau stok. Jika ingin mengetahui stok suatu produk, kamu cukup mencarinya di dalam aplikasi. Tak perlu lagi mengingat stok barang satu per satu.

Kesalahan penghitungan dalam proses pembukuan manual juga sering terjadi. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan antara saldo di laporan dengan saldo di lapangan.

Kamu dapat mengurangi kemungkinan kesalahan perhitungan dalam pembukuan dengan menggunakan aplikasi Pencatat keuangan. Perhitungan yang dilakukan oleh komputer tentu lebih akurat dibandingkan perhitungan manual.

 

1 dari 2 halaman

Fitur yang Harus Ada Dalam Aplikasi pencatat keuangan

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aplikasi apa yang terbaik untuk perusahaan, pikirkan tentang fitur akuntansi apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis.

Sebagian besar fitur keuangan bisnis kecil meliputi:
● Pelacakan penjualan
● Manajemen persediaan
● Penganggaran
● Estimasi keuangan
● Pengelolaan kontak pelanggan
● Daftar gaji
● Pelaporan pajak bisnis
● Persyaratan khusus industri

Aplikasi Pencatat Keuangan© shutterstock.com

Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Aplikasi pencatat keuangan untuk Bisnis?

Sekarang setelah memikirkan tentang apa yang dibutuhkan dari perangkat laporan keuangan untuk bisnis kamu, berikut adalah beberapa pertimbangan lain untuk kamu pikirkan saat memilih aplikasi yang memudahkan untuk mengelola keuangan bisnis:

1. Apakah aplikasi ini akan mengakomodir kebutuhan bisnis kamu saat berkembang nantinya?

Jika kamu adalah bisnis kecil yang mengalami pertumbuhan, kamu memerlukan aplikasi yang dapat berkembang bersama kebutuhan bisnis.

Saat menggunakan aplikasi keuangan, cari tahu apakah aplikasi tersebut memiliki kemampuan dan fitur yang diperlukan nantinya. Saat bisnis tumbuh dan mempekerjakan karyawan, fitur yang biasa ditambahkan contohnya adalah fitur payroll.

Pastikan aplikasi yang dipilih memiliki fitur terlengkap. Sekalipun bisnis kamu tidak menggunakan seluruh fitur itu saat ini, kemungkinan besar kmau akan menggunakannya siring pertumbuhan bisnis.

2. Pastikan aplikasi pengelolaan keuangan tersebut terintegrasi dengan akun Bank

Kamu dapat menghemat banyak waktu dengan perbankan untuk bisnis kecil kamu jika dapat mengunduh transaksi dari bank secara manual. Saat mempertimbangkan aplikasi pencatat keuangan untuk bisnis, periksa untuk melihat apakah produk tersebut memiliki fitur yang terintegrasi dengan akun Bank kamu.

3. Pilih aplikasi online atau desktop?

Apakah ingin menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan bisnis di komputer desktop dengan lisensi terbatas untuk mengakses program atau ingin aplikasi berbasis cloud yang berjalan dengan aman melalui browser Internet?

Jika ingin mengakses data dan catatan kamu dari banyak komputer, aplikasi pencatat keuangan online sangat mudah digunakan dan direkomendasikan.

4. Apakah aplikasi tersebut memiliki fitur pembatasan pengguna?

Ketika lebih dari satu orang menggunakan aplikasi keuangan, satu individu mungkin memiliki akses penuh ke semua fungsi, tetapi yang lain mungkin hanya memiliki akses ke area entri data dan bukan laporan.

Hal ini karena laporan keuangan adalah data perusahaan yang berisi informasi sensitif. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk memilih aplikasi pengelolaan keuangan bisnis yang memiliki fitur pembatasan pengguna dan hak akses.

5. Apakah kamu bisa mencoba aplikasi tersebut secara gratis?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah aplikasi pencatat keuangan tersebut akan bekerja untuk bisnis kamu adalah dengan mencobanya. Banyak aplikasi keuangan dan software akuntansi memiliki uji coba gratis, panduan, dan tutorial, sehingga dapat memahami seperti apa menggunakan program tersebut. Salah satunya adalah Jurnal

6. Apakah aplikasi pencatat keuangan ini bisa diakses secara selular?

Aplikasi pencatat keuangan yang berbasis cloud namun bisa digunakan pada perangkat selular memungkinkan pelanggan mereka untuk mengakses catatan keuangan mereka melalui perangkat seluler mereka, dimanapun dan kapanpun.

Ini memungkinkan pemilik usaha kecil untuk memeriksa data keuangan dan memasukkan biaya dari mana pun mereka bekerja.

7. Apakah fiturnya mudah digunakan?

Memastikan aplikasi pencatat keuangan untuk bisnis kamu mudah digunakan sangat penting bagi pemilik usaha kecil yang mungkin tidak memiliki latar belakang akuntansi.

Kamu ingin fungsi akuntansi yang mendasar pada aplikasi pengelolaan keuangan bisnis dan dapat dengan mudah memahami cara memasukkan data yang benar.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memikirkan tentang seberapa mudah aplikasi pengelolaan keuangan yang dapat Anda akses:

● Apakah aplikasi memungkinkan kamu mengirim pesanan pembelian dan faktur secara online atau melalui email?
● Bisakah aplikasi keuangan tersebut terintegrasi dengan rekening bank kamu?
● Bisakah aplikasi itu diintegrasikan dengan perangkat lunak lain yang sering digunakan seperti aplikasi kasir, atau pengelolaan toko online
● Bisakah aplikasi itu mengubah data dari program akuntansi atau database lain?
● Apakah kamu dapat dengan mudah mengekstrak dan memindahkan data yang ada?

8. Pastikan aplikasi tersebut memiliki layanan dan dukungan pelanggan yang baik

Saat memilih aplikasi pengelolaan keuangan dan data finansial untuk bisnis kecil kamu, pertimbangkan pengalaman layanan dan dukungan pelanggan.

Kamu ingin memastikan dapat memiliki akses ke layanan pelanggan, halaman bantuan yang dapat ditelusuri, demo, dan akun contoh untuk mulai menggunakannya.

Pastikan juga kamu dapat menghubungi orang yang ahli ketika menghadapi masalah yang dapat dijawab melalui sumber daya online. Layanan dan dukungan pelanggan yang baik adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman sukses dengan program atau aplikasi pencatat keuangan pada bisnis kamu.

2 dari 2 halaman

Perlukah Kamu Mempelajari Laporan Keuangan saat Menggunakan Aplikasi Laporan Keuangan pada Bisnis?

Menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan bukan berarti tidak harus mempelajari laporan keuangan, terutama cara membaca laporan tersebut.

Di sisi lain, kamu harus memastikan bahwa bisnis kamu mematuhi praktik akuntansi dan pajak yang sah dan diterima. Menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan dan akuntansi hanya menyederhanakan tugas sehari-hari dalam bisnis di tangan akuntan dan menghemat uang pada bisnis.

Jika memilih software akuntansi dan pengelolaan data finansial yang baik, kamu akan memiliki akses ke laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan yang dapat Anda cetak atau kirimkan dengan aman secara online ke akuntan kamu.

Aplikasi Pencatat Keuangan© shutterstock.com

Konsultasikan dengan akuntan untuk melihat laporan apa yang dibutuhkan dan membuat kamu dapat membuatnya dengan aplikasi yang dipilih.

Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur laporan keuangan terlengkap di Indonesia yaitu Jurnal by Mekari.

Dengan menggunakan Jurnal, hanya tidak akan mendapatkan solusi pembukuan terbaik, tetapi juga fitur esensial dalam pengembangan bisnis seperti, payroll, penghitungan aset, smartlink ebanking, rekonsilisasi transaksi otomatis, multi gudang, multi cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:
• Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
• Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
• Cash link.
• Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
• Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, kamu juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Beri Komentar