5 Bahan Dapur yang Bikin Wajah Glowing Meski di Rumah Aja

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 4 Juni 2020 08:36
5 Bahan Dapur yang Bikin Wajah Glowing Meski di Rumah Aja
Bahan-bahan dapur apa saja ya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat wajah lebih glowing dan sehat? Yuk simak ulasan berikut ini

Dream - Kondisi pandemi corona covid-19 telah membuat semua orang di seluruh dunia mengubah pola hidupnya. Kita dibiasakan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti bekerja, belajar, beribadah hingga bermain dari rumah. Hal ini dilakukan guna mencegah tertularnya virus corona. Virus yang rawan menginfeksi orang tanpa gejala ini menjadikan kita perlu berpikir ulang jika hendak memutuskan keluar rumah. 

Karena pola kehidupan yang berubah, tentu akan sulit bagi kita untuk keluar rumah dan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan seperti sebelum pandemi. Untuk menyiasati keadaan ini, banyak orang mulai melakukan perawatan kulit sendiri di rumah. Khususnya dengan bahan-bahan alami.

Selain menjaga kesehatan kulit, merawat kulit di rumah juga bisa membantu kulit tampak lebih cerah dan glowing lho, Sahabat Dream. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumahmu. Kira-kira bahan dapur apa saja ya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit lebih cerah dan glowing selama di rumah saja? Berikut Dream rangkum informasinya dari Boldsky berikut ini. 

1 dari 4 halaman

Tomat dan Buah-Buahan lainnya

Deretan Tomat Terbaik di Dunia, Rasanya Begitu 'Mewah'© MEN

1. Tomat

Tomat biasanya selalu ada di dapur ya, Sahabat Dream. Selain untuk dikonsumsi, tomat juga bisa dimanfaatkan sebagai zat pemutih alami yang bagus untuk kulitmu. Menggunakan tomat secara teratur pada kulit akan menambah kilau pada kulit dan menjauhkan bakteri berbahaya di kulitmu. Kandungan antioksidan pada tomat juga akan melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan.

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan tomat, ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama, potong tomat menjadi dua dan gosokkan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas sampai bersih. Cara kedua, haluskan tomat sampai berbentuk pasta, kemudian tambahkan 1 sendok teh yogurt dan madu. Setelah tercampur oleskan pada wajah, dan tunggu selama 20 menit hingga kering dan cuci sampai bersih.

2. Buah-buahan

Selain baik dikonsumsi, buah-buahan juga sangat cocok untuk membantumu mencerahkan dan membuat kulit tampak glowing. Kandungan vitamin C dalam buah-buahan adalah salah satu agen alami untuk membantu peremajaan kulit. Selain itu, vitamin C dapat melawan hampir semua masalah kulit, mulai dari penuaan hingga hiperpigmentasi.

Menggunakan buah-buahan pada kulit adalah perawatan kulit termudah yang sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini. Kamu pun tidak perlu melakukan kerja ekstra untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa menyimpan beberapa irisan buah di dalam freezer. Setelah sekitar 2 jam, gosokkan irisan buah-buahan beku ke wajah selama 10-15 menit. 

 

2 dari 4 halaman

Kunyit, Lemon dan Madu

Jahe, Kunyit dan Temulawak Juga Diburu di E-Commerce© MEN

3. Kunyit

Selain memberikan warna pada makanan, kunyit juga menawarkan manfaat yang baik untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak glowing. Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu menenangkan kulit yang meradang, menyembuhkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga membuat kulit tampak sehat dan bercahaya.

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit, kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh kunyit, satu sendok makan dadih dan madu. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan di wajah dan tunggu hingga benar-benar kering. Lalu bilas menggunakan air dingin.

4. Lemon

lemon memiliki khasiat yang membuat kulit akan tampak lebih halus. Selain sebagai salah satu agen pencerah kulit terbaik, sifat asam dari lemon akan mencegah bakteri timbul sehingga kulit menjadi bersih dan sehat.

Cara menggunakan lemon untuk mendapatkan kulit bercahaya dan glowing yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran bahan ini ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan tepuk kulit hingga kering.

5. Madu

Madu adalah salah satu bahan terbaik untuk membuat kulit lebih bercahaya. Madu memiliki sifat antibakteri, anti-mikroba, anti-inflamasi dan penyembuhan luka. Cara menggunakan madu untuk mendapatkan kulit glowing yaitu dengan mengoleskan madu ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 menit sebelum mencucinya menggunakan air hangat.

3 dari 4 halaman

Kopi

Ketahui Cara Mengolah Teh Hijau Demi Bisa Bikin Langsing© MEN

6. Kopi

Kopi dikenal sangat bagus untuk eksfoliasi alami dan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dan sinar matahari yang berbahaya. Untuk membuat kulit tampak glowing dan cerah, campurkan satu sendok makan bubuk kopi dan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan gunakan gerakan memutar untuk menggosok wajah selama 3-5 menit. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas.

 

4 dari 4 halaman

Mentimun dan Teh Hijau

7. Teh Hijau

Sifat antioksidan yang tinggi pada teh hijau akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh hijau akan membantu meremajakan kulit dan menambahkan kilau alami pada wajah. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa menyeduh teh hijau,dan sisihkan daun teh.Campurkan satu sendok teh hijau dan jus lemon. Oleskan campuran itu di wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

8 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan© MEN

8. Mentimun

Karena kandungan airnya yang sangat tinggi, mentimun memiliki sifat menyejukkan dan menyembuhkan. Kulit pun akan terhindar dari pembengkakan, iritasi, dan rasa terbakar dari sinar matahari serta mencerahkan kulit. Cara menggunakan mentimun untuk mendapatkan kulit bercahaya yakni: kupas dan parut mentimun dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas menggunakan air. Kamu juga dapat menggunakan mentimun untuk menghilangkan stres pada mata akibat keseringan melihat layar. Caranya dengan memotong mentimun menjadi irisan tipis dan masukkan ke dalam kulkas. Setelah sekitar satu jam, keluarkan irisan dan letakkan di atas mata. Biarkan selama 5-10 menit.

Beri Komentar