Kenali Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi serta Cara Mengatasinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 21 Juni 2021 13:35
Kenali Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi serta Cara Mengatasinya
Pahami kondisi kulit dan atasilah dengan cara alami.

Dream - Kelembapan merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Jenis kulit berminyak sekalipun harus memenuhi hidrasi dan kelembapan kulit.

Meski terdengar sama, keduanya memiliki peranan yang berbeda. Hidrasi merupakan perawatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada kulit.

Sedangkan kelembapan merupakan hal yang dilakukan untuk mengunci kadar air pada kulit. Sehingga, kelembapan akan terjaga selama beraktivitas.

Jika keduanya tidak dipenuhi, kulitmu akan terlihat lebih kusam, kering, bahkan terkelupas. Terutama, jika kamu mulai mengalami proses penuaan, beraktivitas di lingkungan bercuaca ekstrim dan berpolusi atau sering stres.

Menghidrasi kulit pun belum cukup jika tidak menjaga kadar cairan pada kulit dengan memakai pelembap. Kulitmu bisa semakin kering atau dehidrasi.

1 dari 3 halaman

Perbedaan kulit kering dan dehidrasi

Perlu diketahui, kulit kering dan dehidrasi merupakan hal yang berbeda. Dilansir Kama Ayurveda, kulit kering merupakan jenisnya. Sedangkan, kulit dehidrasi merupakan kondisi yang bisa diatasi dan tidak bersifat permanen.

Kulit yang kering ditandai dengan rasa kurang nyaman, terkelupas, gatal, bahkan kemerahan dan peradangan. Hal tersebut sering dialami di sekitar alis, hidung dan mulut.

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Sedangkan, kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan yang disebabkan oleh cuaca, lingkungan, pola makan serta konsumsi kafein.

Akhirnya, hal tersebut membuat kulit terasa tertarik dan kusam. Kulitmu juga rentan mengalami peradangan, kemerahan, serta penuaan dini.

Jika ingin menjaga kebutuhan cairan kulit dan membuat wajah terlihat lebih glowing, berikut tips yang bisa kamu lakukan secara rutin.

2 dari 3 halaman

Minum air cukup

Minum air cukup setiap harinya merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh maupun kulit.

Apalagi, jika aktivitasmu cukup banyak dan sering mengonsumsi kopi maupun alkohol. Kamu bisa mengonsumsi teh herbal untuk memenuhi kebutuhan kafein harian.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan

Mengonsumsi Stroberi© Shutterstock

?Cara ini bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsilah semangka dan timun di musim panas. Sedangkan di musim dingin, konsumsilah stroberi dan jeruk.

3 dari 3 halaman

Memakai pembersih wajah dan tubuh yang ringan

Pastikan pembersih wajah dan tubuhmu berformula ringan serta bebas dari bahan kimia berbahaya. Hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol tinggi, paraben serta sulfat.

Kandungan tersebut akan membuat kulit dehidrasi. Gunakan pembersih yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, jojoba oil, vetiver dan essential oil.

Memakai facial oil atau serum

Gunakanlah kedua produk tersebut untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit. Moringa dan coconut oil bisa menjadi pilihan untuk menjaga kulit tetap glowing.

Beri Komentar