3 Alasan Kamu Wajib Travel ke Museum Batik Danar Hadi di Solo

Reporter : Shania Suha Marwan
Rabu, 3 Agustus 2022 17:48
3 Alasan Kamu Wajib Travel ke Museum Batik Danar Hadi di Solo
Selain kuliner Solo yang lezat kamu juga wajib datang ke museum batik terkenal ini!

Dream - Bosan menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan atau bioskop? Mungkin sekarang waktunya kamu menghabiskan libur akhir pekan dengan sesuatu yang sama sekali berbeda. Museum adalah salah satu tujuan plesir yang bisa kamu masukan ke dalam tujuan objek wisata yang akan didatangi.  

Selain berwisata, kamu juga bisa menambah wawasan soal sejarah yang disajikan di museum yang dikunjungi. Tak cuma itu, kamu akan merasakan sensasi dan pengalaman berbeda saat mengunjungi museum sehingga menambah kesan mendalam ketika berpelancong.

Kamu bisa membagikan cerita mengunjungi museum kepada anggota keluarga atau kerabat lain.

Di Indonesia sangat banyak museum yang dapat kamu jadikan pilihan untuk dikunjungi. Mulai dari museum arkeologi, sejarah, seni, mileter, maritim, hingga museum biologi. 

Jika Sahabat Dream saat ini berada di Solo, Jawa Tengah ada baiknya memasukkan museum sebagai destinasi di itinerary traveling kamu. Di Solo sendiri, ada satu museum yang akan membawamu menyelami dunia seni dan fashion sekaligus. Museum itu adalah Museum Batik Danar Hadi. 

Terletak di Slamet Riyadi St No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah 57141, tepatnya di dalam komplek Ndalem Wuryaningratan, ada tiga alasan kenapa museum ini wajib disinggahi!

1 dari 5 halaman

Koleksi Beragam Jenis Batik

Di museum ini ada 11 ruangan yang digunakan untuk menunjukkan ragam koleksi batik yang sesuai dengan tema museumnya yaitu ‘Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan’. 

Ilustrasi© Shutterstock

Koleksi batik di sini terbagi menjadi sembilan yang terdiri batik Belanda, China, Djawa Hokokai, batik pengaruh India, Keraton, batik pengaruh Keraton, Sudagaran dan Petani, Indonesia, serta batik Danar Hadi. 

Tak cuma itu saja, di sini kamu bisa menemukan 10 ribu kain batik yang sudah dicatet dalam MURI sebagai museum batik dengan koleksi terbanyak. 

2 dari 5 halaman

Wisata Edukasi Batik

Selain bisa melihat koleksi batiknya, kamu juga bisa belajar cara merawat dan proses pembuatan batik. Kamu juga dapat mengikuti workshop terkait pembuatan batik secara langsung.

Wah.. bisa nambah skill, ya?

Museum ini didirikan dengan tujuan melestarikan dan menggembangkan seni kerajinan batik.

Ilustrasi© Shutterstock

Perpaduan Cagar Budaya dan Museum Bergaya Jawa-Eropa

Bangunan ini merupakan bangunan yang sudah ada sejak abad ke-19 dan memiliki arsitektur Jawa dengan perpaduan arsitektur Belanda.

Hal tersebut karena bangunan yang semulanya adalah konsep rumah tinggal bangsawan khas Jawa bergaya Eropa ini dibangun arsitek dari Belanda. 

Sumber: Indonesia Travel

3 dari 5 halaman

5 Kota Ramah Muslim di Eropa, Wajib Banget Masuk Itinerary

Dream - Banyak hal jadi pertimbangan wisatawam Muslim saat traveling ke luar negeri, salah satunya " ramah Muslim" . Maklum, banyak negara yang menarik untuk dikunjungi namun penduduk Muslimnya menjadi minoritas.

Dengan mengunjungi destinasi ramah muslim, kita akan merasa tenang karena bisa mudah menemukan makanan halal hingga akses untuk beribadah di sela-sela mengeksplorasi negara tersebut.

5 Resor Terbaik di Negaranya Shah Rukh Khan, India

Ilustrasi© Shutterstock

Tak cuma negara Asia saja yang aware dengan ramah Muslim, negara-negara Eropa juga mulai melirik wisatawan Muslim di seluruh dunia dengan menyajikan destinasi wisata dan kuliner halal.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke benua Eropa dalam waktu dekat, berikut ini ada beberapa kota yang ramah untuk umat Muslim. Kamu bisa catat dan mulai explore lewat daring agar perjalanan makin bermakna dan berkesan.

4 dari 5 halaman

Berlin, Jerman

Pertama adalah Berlin, Jerman. Di kota ini, populasi umat muslim terbilang cukup besar dengan ada masjid-masjid besar, serta makanan dan layanan halal.

Ibu kota Jerman itu memiliki atraksi menarik, seperti ada 170 museum dan 300 galeri seni. Tak perlu khawatir saat ingin sholat karena terdapat lebih dari 70 masjid di Berlin. 

Ide Perjalanan di Seoul Selama 5 Hari

Saat mengunjungi kota ini, jangan lewatkan sisa tembok Berlin dan pulau museum. 

London 

Banyak wisatawan muslim yang senang dengan Kota London di Inggris karena memiliki arsitektur indah.

Ilustrasi© Shutterstock

Di sini, kamu juga dapat menemukan komunitas muslim yang cukup besar. Jadi terbilang mudah untuk kamu menemukan makanan halal. 

5 dari 5 halaman

Bosnia

Populasi muslim di kota ini ada lebih dari 50 persen, menjadikan kamu tidak perlu khawatir tentang halal travel saat mengunjunginya.

Kamu juga dapat menemukan sejarah Islam, dan arsitektur Ottoman yang indah, dengan pemandangan alam yang tak perlu diragukan. 

Barcelona, Spanyol

Barcelona berada di Spanyol dan merupakan kota tepi laut yang memiliki arsitektur yang keren.

Menjadi kota terpadat di Uni Eropa, Barcelona punya populasi umat Muslim cukup besar. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di sini, salah satunya Masjid Tarek IBN Ziyad. 

Viral Jam Gadang Fashion Week, Sandiaga Uno: `Onde Mande, Rancak Bana`

Ilustrasi© Shutterstock

Roma 

Roma yang berada di Italia dikenal Colosseumnya, yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia modern.

Saat kamu berkunjung ke Roma, kamu juga harus mengunjungi Masjid Roma yang merupakan masjid terbesar di Eropa.

Masjid tersebut dapat menampung hingga 12.000 orang. 

Sumber: Halal Trip

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More