4 Air Terjun di Indonesia Ini Memiliki Pesona Mistis

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 5 Agustus 2018 11:11
4 Air Terjun di Indonesia Ini Memiliki Pesona Mistis
Oleh masyarakat adat, air terjun seringkali dianggap tempat keramat.

Dream - Pesona air terjun memang tak ada habisnya. Aliran air yang begitu deras dan jernih, dikelilingi pepohonan besar nan asri. Suara binatang liar pun menambah saya tariknya. Untuk di Indonesia, air terjun juga dianggap sebagai sumber kehidupan.

Bahkan oleh masyarakat adat, air terjun seringkali dianggap tempat keramat. Banyak yang mencari wangsit, mengambil air untuk syarat hingga bersemedi di air terjun. Beberapa air terjun di Indonesia rupanya memiliki pesona mistis. Air terjun mana saja?

1 dari 4 halaman

Air Terjun Madakaripura

Selain terkenal akan keindahannya, air terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo menyimpan kisah mistis tersendiri. Salah satu yang paling terkenal adalah kemunculan harimau putih.

Berdasarkan kisah dari warga sekitar, harimau putih itu menjadi penunggu air terjun yang terkenal memiliki hubungan khusus dengan Patih Gajah Mada. Sosok mistis tersebut disebut kerap muncul di beberapa bagian air terjun tiap tahunnya.

2 dari 4 halaman

Air terjun Sedudo

Wisata alam air terjun Sedudo yang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, seringkali digunakan sebagai lokasi pencucian pusaka. Air terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Kerajaan Majapahit karena diyakini sebagai tirta suci yang mengalir dari kahyangan.

Para raja, bangsawan dan pendeta pada zaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara parna prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikkan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

3 dari 4 halaman

Air terjun Sri Gethuk

Air Terjun ini terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Slempret warnanya sangat cantik kehijauan.

Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Air terjun ini bermula dari tiga sumber mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul.

Ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang tandus.

4 dari 4 halaman

Air Terjun Kakek Bodo

Terletak di lereng Gunung Welirang, Pegunungan Prigen, Jawa Timur, tepatnya di dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, KPH Pasuruan. Selain memiliki keindahan alamnya, air terjun ini juga menyimpan banyak cerita yang melegenda di masyakarat.

Menurut cerita rakyat yang beredar, air terjun yang berada di tengah hutan itu awalnya adalah tempat semedi seorang kakek yang telah lama mengabdi pada keluarga kaya raya. Kakek itu memilih bersemedi.

Karena kelakuannya, keluarga Belanda menyebut kakek itu dengan sebutan 'Si Kakek Bodoh'. Berkat bertapa dan bersemedi, sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian yang digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan.

Sumber: Syifa Hanifah/ Merdeka.com

Baca Juga: Ada 'Eropa Kecil' di Gerbang Sumatera, Isinya... Keseruan 'Tak Biasa' di Jakarta Aquarium 3 Ayunan Ekstrem Paling Hits di Tanah Air Pulau Indonesia Masuk di Jajaran Teratas Pulau Terbaik Dunia 13 Hal yang Dirindukan Turis Asing dari Indonesia

Beri Komentar