5 Destinasi Wisata Kamboja yang Bikin Jatuh Cinta

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 29 November 2022 11:34
5 Destinasi Wisata Kamboja yang Bikin Jatuh Cinta
Kamboja juga jadi destinasi yang pas buat para traveler muslim.

Dream - Daya tarik Kamboja dengan wisata alam yang tenang, seperti pantai putih terpencil, medan pegunungan rimbun, dan Sungai Meko yang indah, mampu memikat wisatawan seluruh dunia.

Sangat menyenangkan jika pergi ke suatu tempat yang belum dikunjungi sebelumnya dapat memberi pengalaman tak terlupakan dalam hidup.

Sebagai wisatawan yang ingin berkeliling menjelajahi tempat-tempat wisata Kamboja, kamu akan merasa bahwa negara ini merupakan tempat terbaik untuk dikunjungi saat musim kemarau.

Antara November dan April, Kamboja memiliki langit cerah dan suhu yang sangat bagus, bahkan di bulan-bulan tersebut pas buat kamu yang ingin eksplorasi wisata luar ruangan. 

Memiliki mata uang lokal riel Kamboja (KHR), tapi Kamboja dengan luas menerima mata uang dollar AS (US$) di banyak tujuan wisata.

Penting dilakukan para turis untuk menikmati transportasi terkenal di Kamboja yaitu tuk-tuk. Namun, untuk kenyamanan lebih, coba aplikasi ride-hailing seperti PassApp dan Grab tuk-tuk.

Kamboja juga jadi destinasi yang pas buat para traveler muslim karena juga ramai meyediakan sajian kuliner halal dan tempat ibadah yang mudah ditemukan.

1 dari 4 halaman

Di Phnom Penh ada pilihan populer termasuk Restoran Halal Wau Phnom Pehn dan Restoran India Namaste. Siem Reap juga menghadirkan restoran-restoran ramah halal yang lezat, seperti Kebab & Falafel Time, Muslim Family Kitchen, dan Cambodian Muslim Restaurant.

Selain kuliner halal yang bakal kamu singgahi selama perjalanan seru di Kamboja, berikut ada rekomendasi kota, pulau, danau, dan gunung, yang tidak boleh kamu lewatkan di kerajaan Asia Tenggara ini.

1. Taman Arkeologi Angkor

Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, Taman Arkeologi Angkor adalah kumpulan reruntuhan kuno dan kuil hutan yang menakjubkan, sisa-sisa kerajaan Khmer. Setiap kuil dibangun dengan megah, dengan ukiran dan patung dewa, bangsawan, pejuang, dan penari yang indah di jaman Kamboja kuno.

Ilustrasi© Shutterstock

Di pusat taman yang luas ini terdapat Angkor Wat yang menakjubkan, kompleks kuil besar yang merupakan monumen keagamaan terbesar di dunia. Sebagian besar wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam di atas Angkor Wat. Kamu bisa bangun lebih cepat untuk melihat pemandangan yang memukau ini.

Sebelum berangkat, mampirlah ke Phnom Bakheng untuk menyaksikan matahari terbenam. Meski sebagian besar kuil di Taman Arkeologi Angkor hanya buka dari pukul 07:30 hingga 17:30, Phnom Bakheng buka hingga 18:30 untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang populer.

2 dari 4 halaman

2. Koh Rong Samloem

Kamboja memiliki banyak monumen kuno dan sejarah yang kaya dan banyak dikunjungi wisatawan. Tempat terbaik di Kamboja yang wajib untuk kamu kunjungi adalah pantai dan pulaunya. Koh Rong Samloem, merupakan sebuah pulau di lepas pantai Sihanoukville.

Pulau ini memiliki pasir putih paling murni di seluruh negeri, keindahan alamnya tak terkalahkan, dengan air biru yang mempesona, deburan ombak yang lembut, dan latar belakang hutan rimbun yang melewati garis pantai.

Kamu bisa mencoba bermain scuba diving dan snorkling juga merupakan kegiatan populer di pulau ini. Wisatawan dapat melakukan perjalanan sehari ke Koh Rong Samloem, tetapi resor juga tersedia jika kamu ingin bermalam di surga pantai ini.

3. Batambang

Battambang adalah salah satu permata tersembunyi terbesar di negara itu. Kota ini bahkan merupakan tempat bagi satu-satunya kilang anggur di Kamboja, Pabrik Anggur Prasat Phnom Banon. Kamu juga bisa berkunjung ke kuil yang berada di daerah tersebut.

Pemandangan pedesaan yang masih alami menjadi latar belakang yang sempurna untuk objek wisata paling unik di kota ini. Kereta Bambu Battambang sebenarnya tampak seperti rakit bambu beroda yang digerakkan oleh mesin kecil.

Awalnya memang berjalan lambat, tapi saat sudah pertengahan jalan akan semakin cepat.

3 dari 4 halaman

4. Kratie

Santai Kratie terletak di tepi Sungai Mekong, sebuah kota kecil yang merupakan ibu kota provinsi dengan nama yang sama.

Kamu bisa melihat lumba-lumba Irrawaddy air tawar yang hidup di bagian Mekong yang tenang dan jernih ini. Meskipun jumlahnya semakin berkurang, masih ada kemungkinan kamu akan melihat setidaknya satu dari makhluk langka ini di perairan.

Ilustrasi© Shutterstock

Wisatawan yang tidak puas dengan satwa liar juga dapat mengunjungi Pusat Konservasi Penyu Mekong, yang berkomitmen untuk melindungi kura-kura cangkang lunak raksasa Cantor.

Tempat wisata Kamboja lainnya di Kratie antara lain Pagoda 100 Pilar, Pagoda Phnom Sambok, dan Mekong Discovery Trail. Ini juga salah satu tujuan terbaik di Kamboja untuk melihat matahari terbenam di atas Sungai Mekong.

4 dari 4 halaman

5. Phnom Penh

Ibu kota Kamboja, Phnom Penh jelas merupakan salah satu destinasi di Kamboja yang tidak boleh dilewatkan. Di sini kamu bisa melihat sejarah dan merasakan kelezatan makanan di perkotaan yang dapat dinikmati.

Menara mencolok Istana Kerajaan selalu menjadi pemandangan yang menawan, bersama dengan Wat Phnom yang menakjubkan. Museum Nasional juga patut dikunjungi, dengan empat galeri yang memamerkan seni dan artefak Kamboja.

Di sisi lain, Museum Genosida Tuol Sleng adalah museum di mana kamu sebagai wisatawan akan mempelajari lebih banyak tentang penderitaan Kamboja di bawah Khmer Merah.

Kurang dari 20 km dari Phnom Penh, Choeung Ek Killing Fields adalah situs penting lain dari pembunuhan massal brutal ini.

Terlepas dari pesona pedesaannya, kota ini merupakan pusat seni, budaya, dan makanan yang berkembang pesat.

Sumber: Halalzilla.com, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar