5 Kota Ramah Muslim di Eropa, Wajib Banget Masuk Itinerary

Reporter : Shania Suha Marwan
Senin, 1 Agustus 2022 18:45
5 Kota Ramah Muslim di Eropa, Wajib Banget Masuk Itinerary
Jangan lewatkan destinasi di Eropa ini di wishlist kamu, ya!

Dream - Banyak hal jadi pertimbangan wisatawam Muslim saat traveling ke luar negeri, salah satunya " ramah Muslim" . Maklum, banyak negara yang menarik untuk dikunjungi namun penduduk Muslimnya menjadi minoritas.

Dengan mengunjungi destinasi ramah muslim, kita akan merasa tenang karena bisa mudah menemukan makanan halal hingga akses untuk beribadah di sela-sela mengeksplorasi negara tersebut.

Ilustrasi© Shutterstock

Tak cuma negara Asia saja yang aware dengan ramah Muslim, negara-negara Eropa juga mulai melirik wisatawan Muslim di seluruh dunia dengan menyajikan destinasi wisata dan kuliner halal.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke benua Eropa dalam waktu dekat, berikut ini ada beberapa kota yang ramah untuk umat Muslim. Kamu bisa catat dan mulai explore lewat daring agar perjalanan makin bermakna dan berkesan.

1 dari 4 halaman

Berlin, Jerman

Pertama adalah Berlin, Jerman. Di kota ini, populasi umat muslim terbilang cukup besar dengan ada masjid-masjid besar, serta makanan dan layanan halal.

Ibu kota Jerman itu memiliki atraksi menarik, seperti ada 170 museum dan 300 galeri seni. Tak perlu khawatir saat ingin sholat karena terdapat lebih dari 70 masjid di Berlin. 

Saat mengunjungi kota ini, jangan lewatkan sisa tembok Berlin dan pulau museum. 

London 

Banyak wisatawan muslim yang senang dengan Kota London di Inggris karena memiliki arsitektur indah.

Ilustrasi© Shutterstock

Di sini, kamu juga dapat menemukan komunitas muslim yang cukup besar. Jadi terbilang mudah untuk kamu menemukan makanan halal. 

Bosnia

Populasi muslim di kota ini ada lebih dari 50 persen, menjadikan kamu tidak perlu khawatir tentang halal travel saat mengunjunginya.

Kamu juga dapat menemukan sejarah Islam, dan arsitektur Ottoman yang indah, dengan pemandangan alam yang tak perlu diragukan. 

2 dari 4 halaman

Barcelona, Spanyol

Barcelona berada di Spanyol dan merupakan kota tepi laut yang memiliki arsitektur yang keren.

Menjadi kota terpadat di Uni Eropa, Barcelona punya populasi umat Muslim cukup besar. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di sini, salah satunya Masjid Tarek IBN Ziyad. 

Ilustrasi© Shutterstock

Roma 

Roma yang berada di Italia dikenal Colosseumnya, yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia modern.

Saat kamu berkunjung ke Roma, kamu juga harus mengunjungi Masjid Roma yang merupakan masjid terbesar di Eropa.

Masjid tersebut dapat menampung hingga 12.000 orang. 

Sumber: Halal Trip

3 dari 4 halaman

Pangsa Pasar Halal RI Bertambah, Azerbaijan Buka Pasar Buat Indonesia

Dream - Pasar produk halal Indonesia di luar negeri semakin bertambah setelah pemerintah Azerbaijan membuka diri untuk produk-produk dari dalam negeri. Tak hanya itu, peluang wisata halal di Tanah Air juga memiliki prospek menjanjikan.

Peluang itu datang setelah Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev menemui Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin di Rumah Dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Berlaku 2024, Ekspor Produk Pangan ke Indonesia Wajib Bersertifikat Halal

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, Wapres berharap agar Dubes Azerbaijan bisa menjalin kerja sama dalam meningkatkan produk-produk nonmigas kedua negara.

Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri, Yohannes Jatmiko Heru Prasetyo mengatakan, Indonesia dan Azerbaijan selama ini telah menjalin hubungan bilateral di bidang Migas.

Ke depan, Wapres berharap Azerbaijan bisa menyeimbangkannya di sektor nonmigas. “ Sehingga neraca kita bisa menjadi lebih berimbang dan total perdagangan bisa lebih tinggi lagi ke depan,” ungkap Jatmiko dikutip dari laman wapresri.go.id.

4 dari 4 halaman

Jajaki Peluang Bisnis Halal

Secara khusus, Wapres dan Dubes Azerbaijan juga membahas peluang kerja sama di sektor industri halal. Dari perbincangan itu disepakati jika kedua negara memandang perlu peningkatan perdagangan kerja sama di bidang industri pariwisata halal dan produk-produk halal Indonesia bisa masuk ke Azerbaijan.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Jalal menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia dalam berbagai forum internasional dan juga di dalam kerangka hubungan bilateral. Dubes juga membicarakan mengenai 30 tahun hubungan diplomatik yang akan dirayakan pada tahun 2022 ini.

`Ngegas` Perluas Jaminan Produk Halal, BPJPH Ajak Kerja Sama 5 Negara di Dunia

" (Beliau) menyampaikan permintaan untuk bisa menjadi momentum bagi kedua negara untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral kita, khususnya melalui exchange of visits dan peningkatan mekanisme bilateral,” ujar Jatmiko.

Beri Komentar