Bikin Rumah Sejuk dengan Bertanam Yuk!

Reporter : Shania Suha Marwan
Kamis, 24 September 2020 14:48
Bikin Rumah Sejuk dengan Bertanam Yuk!
Wajib tahu resep lengkapnya dari sang pecinta tanaman.

Dream - Bercocok tanam jadi aktivitas baru yang digemari masyarakat semenjak pandemik Covid-19 memaka semua orang tetap berada di dalam rumah. 

Mulai dari tanaman hias, hingga pohon buah, jadi pilihan masyarakat untuk bercocok tanam sembari mengisi waktu luang dan memberikan udara sejuk di sekitar kita.

Seperti kita tahu, masyarakat di Jakarta mungkin tak leluasa mendapat lahan hijau di rumahnya. Pengakuan yang sama juga diungkapkan Gempur Muhammad Surya seorang pecinta tanaman.

Sebelum pandemi hadir, Gempur diketahui memiliki garden mini untuk menjual hasil tanaman yang ia geluti sejak dua tahun lalu. Kegiatan berkebun pun ia suka bagikan di akun Instagram @kebun_daania.

1 dari 5 halaman

Tidak semudah yang dibayangkan

Ilustrasi© Shutterstock

“ Kalau kita lihat sekeliling kita suka ngerasa panas nggak sih? Apa salahnya untuk kita mulai menanam. Maksudku itu sesuatu hal yang kecil yang bisa kita lakuin supaya sejuk buat kitan,” ujar Gempur di #NgobrasDream Rabu, 23 September 2020.

Untuk bercocok tanam, Gempur menyatakan bahwa banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kelembaban, media tanam, posisi tempat, dan lainnya.

 

2 dari 5 halaman

Ketahui lebih lengkap

Ingin tahu obrolan tentang tanaman dan bisnisnya di masa pandemi seperti sekarang? Langsung saja tonton siaran ulangnya di IGTV Dream.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

 

Laporan: Shania Suha Marwan

3 dari 5 halaman

Cara Menanam Sirih Gading Menggunakan Air

Dream - Umumnya, kita merawat tanaman menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Namun di sisi lain, kamu juga bisa merawat tanaman hanya menggunakan air.

Ini akan membuat perawatannya lebih mudah karena tidak perlu menyiramnya setiap waktu. Tanaman juga terlihat lebih rapi, terutama jika diletakkan di dalam ruangan.

Menanam tanaman menggunakan air juga bisa menjadi alternatif ketika kamu takut akan cacing atau ulat yang biasa berada di dalam tanah. Tapi, sayangnya tidak semua tanaman dapat ditanam menggunakan air.

Salah satu tanaman yang bisa ditanam menggunakan air adalah sirih gading. Sirih gading juga bisa tumbuh di area yang tidak terlalu terang serta mampu menyesuaikan di suhu tidak terlalu hangat.

Sehingga, sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Jika ingin menanamnya di dalam rumah menggunakan air, berikut caranya.

4 dari 5 halaman

Pilih tanaman yang sehat


Menanam Sirih Gading© Shutterstock.com

Pertama-tama, tanaman sirih gading yang sehat. Hilangkan daun kering atau berjamur. Jangan langsung masukkan tanaman ke dalam pot atau memotongnya di bagian bawah daun.

Memotong tanaman

Menanam Sirih Gading© Shutterstock.com


Biarkan tangkai daun dan berikan jarak 1 sentimeter di kiri dan kanannya, lalu potonglah menggunakan gunting yang tajam. Biasanya, akar akan muncul di bawah tangkai daun.

Lakukan hal yang sama hingga mendapatkan beberapa daun untuk mengisi wadah. Siapkan wadah berisi air yang cukup untuk merendam akar sirih gading.

5 dari 5 halaman

Menata tanaman


Menanam Sirih Gading© Shutterstock.com


Aturlah daun sirih gading agar lebih rapi dan jagalah tanamanmu agar tetap sehat dengan mengganti airnya secara rutin. Jangan lupa mengisi air ketika volumenya menyusut dan menjemurnya secara berkala.

Kamu bisa memberikan sedikit pupuk daun cair secara rutin untuk memperkaya nutrisinya. Selain sirih gading, kamu bisa menanam tanaman monstera dan begonia menggunakan air agar lebih menarik ditaruh di dalam rumah.

Beri Komentar