Chichibugahama, Pantai Cermin yang Instafamous di Jepang

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 27 Juli 2022 09:12
Chichibugahama, Pantai Cermin yang Instafamous di Jepang
Kalau ke Jepang, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Dream - Pergi ke Jepang bukan berarti kamu harus mengunjungi theme park atau museum bersejarah yang hits di kalangan turis saja.

Kamu bisa explore Jepang lebih dalam lagi dengan menikmati sunset di pinggir pantai bareng anggota keluarga atau teman-teman yang ikut dalam pelesiran. Nggak cuma di kota-kota tertentu seperti Tokyo, Osaka, atau Kyoto, Sahabat Dream bisa mampir ke Mitoyo yang terletak di Prefektur Kagawa.

Untuk sampai lokasi ini, kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih dua jam dari Osaka menggunakan kereta api sebagai alat transportasi yang ramai digunakan masyarakat Jepang.

Di Kota Mitoyo ini, kamu bisa menikmati Pantai Chichibugahama yang jadi tujuan populer para wisatawan. Dulunya pantai ini tidak dikenal sama sekali oleh para turis, namun Pantai Chichibugahama kini berubah jadi magnet para influencer Instagram.

1 dari 5 halaman

Efek dari ilusi jepretan

Semua berawal ketika tahun 2016, ketika pihak berwenang di Kota Mitoyo menyelenggarakan kompetisi foto untuk meningkatkan pariwisata lokal.

Salah satu peserta yang paling menarik menampilkan foto yang tercermin di perairan dangkal Chichibugahama, foto itu mampu memberi efek visual sangat menakjubkan padahal itu sekadar efek dari ilusi yang menghasilkan objek tengah berada di atas air.

Biasanya, para turis ramai berkunjung saat waktu matahari terbenam alias sunset.

Ilustrasi© shutterstock

Saat foto-foto itu tersebar di media sosial, situs web Kota Mitoyo mendapat lebih dari 40.000 kunjungan hanya dalam beberapa hari, puluhan kali lebih banyak dari biasanya.

Dari situ, televisi nasional mulai menyiarkan laporan dari tujuan yang dulunya tidak diketahui ini, dan Chichibugahama menjadi tempat untuk dikunjungi di Pulau Shikoku.

2 dari 5 halaman

Kekuatan media sosial

Tempat yang hampir tidak diketahui penduduk lokal mana pun mulai menarik puluhan ribu turis dari seluruh Jepang hanya dalam beberapa bulan, cuma berawal dari postingan user di media sosial.

Ilustrasi© Shutterstock

“ Fakta bahwa banyak orang berkumpul di tempat yang hampir tidak terlihat oleh penduduk setempat adalah sesuatu yang membuat saya sangat bahagia,” kata Yukari Ishii, seorang pekerja di departemen pariwisata Kota Mitoyo lewat Odditycentral.

“ Mengingat perubahan drastis tahun ini, seseorang benar-benar merasakan kekuatan media sosial,” tambahnya.

Saat ini, sudah biasa melihat para Instagrammer berkumpul di sepanjang pantai Chichibugahama sepanjang satu kilometer saat matahari terbenam, berjuang untuk mendapatkan foto yang menarik untuk akun mereka.

3 dari 5 halaman

Ketahui triknya

Waktu yang ideal untuk mengambil foto adalah 30 menit sebelum atau sesudah matahari terbenam sebab air surut akan terjadi selama waktu ini untuk menciptakan momen ideal dalam mengabadikan momen.

Untuk mengambil gambar dengan tepat, kamu harus berdiri di pantai di seberang kolam pasang dan berpose.

Ilustrasi© Shutterstock

Pastikan posisi kamera di tepi air tepat di depan kolam pasang surut. Dengan melakukannya hal itu, kamu bakal mendapatkan gambar indah dengan latar belakang sunset yang menawan.

Jadi, kamu sudah tahu jika ingin mendapatkan hasil foto sunset Instagramable harus pergi ke mana, kan?

4 dari 5 halaman

Trik Foto Ini Bikin 'Gerbang Surga' di Bali Makin Tenar

Dream – Pengguna media sosial dibuat kagum dengan salah satu destinasi wisata di Bali. Traveler banyak menyebutnya dengan 'Gate of Heaven' atau Gerbang Surga.

Tempat ini merupakan bagian dari Pura Lempuyang yang berlokasi di Karangasem, Bali. Tepatnya gerbang untuk masuk ke dalam pura. 

Trik Mudah Menghasilkan Foto Instagramable dengan Kamera Ponsel

Destinasi ini begitu terkenal dengan pemandangan alamnya yang tampak mistik dengan latar belakang gunung berselimut awan. Berada di gerbang ini akan memunculkan kesan tengah sedang menuju kahyangan atau surga.

Sejumlah traveler mengabadikan momen indah saat berada di gerbang tersebut. Foto-foto itu memperlihatkan kesan tengah berada di atas awan 

Belakangan, beredar behind the scene foto yang begitu menakjubkan. Karena trik foto tersebut, Pura Lempuyang kini menjadi salah satu destinasi favorit traveler domestik maupun mancanegara. 

5 dari 5 halaman

Foto Menakjubkan "Gates of Heaven"

Sebagian besar wisatawan mengambil foto ini dengan gaya yang dinamis. Mereka akan mengambil posisi di antara dua pilar besar Pura Lempuyang.

Gate of Heaven© Instagram

Selain itu, ada satu hal lagi yang membuat foto ini begitu menakjubkan. Yaitu dengan menampakan air dari danau yang memberikan refleksi sempurna pada foto.

Gate of Heaven© Instagram

Di Balik Layar " Gates of Heaven"

Tetapi, tahukah kamu sebenarnya tidak ada danau di sana? Ya, Pura Lempuyang tidak memiliki danau.

Faktanya, air danau yang muncul di foto-foto tersebut merupakan salah satu trik. Trik ini menggunakan sepotong kecil kaca yang nantinya diletakkan di depan lensa kamera sebelum mengambil gambar.

Trik Foto " Gates of Heaven"

Trik foto ini diungkapkan oleh salah satu pengguna Twitter dengan akun Polina Marinova. Polina membagikan foto behind the scene atau dibalik layar pembuatan foto menakjubkan di “ Gates of Heaven”.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More