Hore! Kawasan Wisata Monas Akan Kembali Dibuka

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 24 Mei 2022 11:51
Hore! Kawasan Wisata Monas Akan Kembali Dibuka
Menparekraf dukung kawasan wisata Monas dibuka lagi untuk bangkitkan pariwisata dan buka lapangan kerja

Dream - Mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberi lampu hijau rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perihal membuka kembali kawasan Monas untuk wisatawan dalam waktu dekat.

" (Pembukaan) Monas kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Dari kami sudah mengajukan sebelum lebaran (Monas kembali dibuka) karena selain daripada Ancol, TMII, dan Ragunan, Monas ini sudah ditunggu-tunggu,"  kata Menparekraf Sandiaga Uno usai menggelar acara Halalbihalal Kemenparekraf/Bapekrekraf, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin kemarin.

" Diharapkan dalam dua pekan ke depan sudah bisa kembali dibuka," harap Sandiaga.

Monas sebagai salah satu ikon Kota Jakarta merupakan destinasi favorit wisatawan. Tidak hanya bagi wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara.

" Karena kita punya event-event internasional dan event nasional, banyak dari mereka yang tertarik datang ke Jakarta, dan Monas ini akan menjadi daya tarik utama. Banyak kegiatan-kegiatan juga yang mau menggunakan Monas sebagai backdrop dari kegiatan tersebut," jelas Sandiaga.

1 dari 2 halaman

Tetap patuhi protokol kesehatan

Rencana pembukaan kembali kawasan Monas oleh Pemprov DKI Jakarta tidak lepas dari kondisi pandemi COVID-19 yang terkendali.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini melonggarkan kebijakan pemakaian masker dimana masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Monas© Kemenparekraf

Namun, kebijakan ini jangan sampai membuat masyarakat terlena bahkan jemawa dan menjadi lalai terhadap penerapan protokol kesehatan.

Penggunaan masker tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

 

2 dari 2 halaman

Jaga Momentum

Libur Lebaran 2022 kemarin dikatakan Sandiaga jadi momentum dalam kebangkitan ekonomi di sektor parekraf. Dimana perputaran uang ditaksir mencapai Rp72 triliun di sektor parekraf.

" Karena selama dua tahun (libur lebaran) masyarakat itu menabung, tidak melakukan kegiatan wisata maupun juga tidak membeli banyak oleh-oleh. Akhirnya setelah diperbolehkan mudik, peningkatan penjualan produk-produk ekonomi kreatif, kuliner, pendapatan ini meningkat dan patut kita syukuri," kata Sandiaga.

Karenanya, momentum ini dikatakan Sandiaga harus dapat dijaga secara bersama.

Beri Komentar