Menikmati Ramadan di Negeri Seberang

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 31 Mei 2016 12:11
Menikmati Ramadan di Negeri Seberang
Singapura menyediakan beragam obyek wisata ramah muslim, lengkap dengan kemudahan akses fasilitas ibadah dan berbagai pilihan makanan halal.

Dream - Singapura terkenal sebagai negara modern dan metropolis. Perpaduan antara budaya barat dan timur, menjadikan Singapura sebagai sebuah negara yang kaya akan keragaman etnis dan agama.

Meski begitu, pariwisata Negeri Singa dikenal sangat ramah muslim. Bahkan selama tiga tahun berturut-turut, Singapura dinobatkan Global Muslim Travel Index sebagai destinasi paling bersahabat untuk wisatawan muslim di antara negara-negara non-muslim lainnya di dunia.

Tak heran memang jika Singapura meraih predikat tersebut. Negara ini menyediakan beragam obyek wisata ramah muslim, lengkap dengan kemudahan akses fasilitas ibadah dan berbagai pilihan makanan halal. Oleh sebab itu, wisatawan muslim mancanegara pun sangat memfavoritkan Singapura sebagai tujuan wisata.

Nah, jika ada di antara Anda yang merencanakan perjalanan liburan ke Singapura saat Ramadan nanti, berikut Dream.co.id rekomendasikan 3 tempat menarik. Berikut ulasannya.

1. Kampong Glam

Kampong Glam menawarkan perpaduan eklektik antara sejarah, budaya, dan gaya hidup yang super trendi. Di sini Anda bisa belajar tentang warisan dan budaya masyarakat Melayu Singapura yang unik dengan mengunjungi Museum Malay Heritage Center. Di sekitar museum terdapat berbagai toko yang menjual kain, merchandise, dan pakaian unik yang dapat Anda singgahi sembari menanti saat berbuka puasa. Salah satu yang terkenal adalah Heritage Shop. Toko ini menawarkan berbagai barang antik dan cocok bagi para pecinta seni yang suka berburu karya seni vintage.

Terdapat pula Kampong Glam Cafe yang berlokasi di Bussorah Street. Kedai ini menawarkan berbagai variasi masakan halal Melayu dan Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Kampong Glam Cafe terkenal dengan Teh Tarik-nya yang bercitarasa autentik.

Soal fasilitas ibadah, tak perlu khawatir. Di Kampong Glam terdapat Masjid Sultan yang terletak di 3 Muscat Street dan Masjid Burhani yang ada di 39 Hill Street. Keduanya hanya berjarak 2 menit jalan kaki dari Kampong Glam Cafe.

2. Holland Village

Holland Village merupakan salah satu destinasi wisata favorit turis muslim. Tempat ini dikenal dengan atmosfernya yang santai dan tenang, serta jauh dari keramaian. Holland Village adalah pusat shopping dan dining untuk anak-anak muda dan ekspatriat di Singapura.

Dengan nuansa Bohemia, Holland Village atau Holland V adalah destinasi yang sempurna untuk berbelanja berbagai kerajinan eksotis serta pakaian. Di daerah Holland V terdapat kedai terkenal bernama MU Parlour yang menawarkan burger homemade halal super lezat. Lokasinya berada di 16 A Lorong Mambong. Terdapat pula fasilitas ibadah untuk para wisatawan muslim, yakni Masjid Mujahidin. Masjid ini berada di 590 Stirling Road, hanya 5 menit berjalan kaki dari Holland Village.

3. Katong District

Kawasan ini menawarkan atmosfer budaya Peranakan yang unik. Terdapat deretan rumah toko (ruko) antik, toko kuno, dan penjual makanan. Di Katong District, Anda dapat mengunjungi rumah tradisional kaum peranakan yang telah dipugar total dan menikmati koleksi barang antik yang menarik. Lantai atas rumah ini memiliki sebuah galeri kecil. Di sana Anda dapat melihat kasut manek, yakni sandal bermanik yang dianyam dengan teknik tradisional. Adapula busana pernikahan kaum Melayu.

Anda bisa berbuka puasa di 328 Katong Laksa, salah satu restoran Laksa khas Singapura yang paling legendaris. Sementara untuk beribadah, bisa mengunjungi Masjid Khalid yang terletak di 130 Joo Chiat Road.

(Sumber: Stayfareast.com)

Beri Komentar