Sungai-Sungai di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 29 November 2022 15:46
Sungai-Sungai di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi
Berikut ini ada beberapa rekomendasi sungai-sungai di seluruh Indonesia yang wajib kamu jelajahi!

Dream - Potensi wisata Indonesia tidak hanya pantai. Indonesia juga memiliki ribuan sungai yang tak kalah indah jika dijelajahi.

Sungai-sungai di Indonesia bisa jadi destinasi liburan saat  bosan ke pantai. Kita bisa naik perahu dan menusuri beberapa sungai yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Berikut ini, ada beberapa rekomendasi sungai yang wajib kamu kunjungi:

1 dari 4 halaman

  • Sungai Musi, Sumatra Selatan

Terletak di kota Palembang, Sungai Musi terbagi menjadi dua bagian, yaitu " Ilir" untuk sebutan bagian utara dan " Ulu" untuk bagian selatan.

© Ilustrasi/ Shutterstock

Dengan panjang yang mencapai hingga 750 km, kamu bisa menyusuri setiap sudutnya. Melalui wisata susur sungai, kamu bisa mencoba speed boat atau kapal ketek yang melayani berbagai destinasi di sepanjang Sungai Musi, seperti ke Warung Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisional 16 Ilir, Kampung Kapitan, Masjid Ki Muara Ogan, hingga ke Pulau Kemarau.

  • Cukang Taneuh, Jawa Barat

Dekat dengan ibu kota, Cukang Taneuh yang ada di Jawa Barat menjadi kebangaan Priangan Timur. Cukang Taneuh atau lebih sering dikenal dengan sebutan Green Canyon yang terletak di Pangandaran. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Seperti surga tersembunyi yang tergambar dalam dunia dongeng, sejuk dan hijaunya kedua tebing tinggi yang mengapit sungai jernih berwarna hijau tosca sangatlah menawan. Kamu bisa menusuri keindanhan Cukang Taneuh menggunakan perahu kayu yang disebut “ ketinting”.

2 dari 4 halaman

  • Sungai Maron, Jawa Timur

Mendapatkan julukan “ Amazon ala Jawa Timur”, Sungai Maron yang terletak di Kabupaten Pacitan. Begitu memasuki gerbang bertuliskan “ Wisata Sungai Maron”, kamu bisa langsung menyambangi jasa perahu untuk menyusuri sungai ini. 

Nantinya akan ada seorang pemandu yang memimpin perjalanan dengan rute 4,5 km yang berdurasi sekitar 45 menit. Kamu akan melihat pepohonan kelapa, jambu, serta air sungai yang hijau menyejukkan mata!

  • Sungai Ayung, Bali 

Siapa bilang ke Bali hanya ada kamu cuman bisa berkunjung ke pantai? Kamu juga berkunjung ke sungai terpanjang di Bali, yaitu Sungai Ayung.

Terbentang sepanjang 62 km dari area utara gunung hingga turun ke selat Badung di Sanur, sungai ini biasa menjadi lokasi favorit untuk arung jeram. 

3 dari 4 halaman

  • Sungai Kapuas, Kalimantan Barat 

Sungai Kapuas yang terletak di Kalimantan Barat. Mencapai panjang 1.143 km dengan hulu di Pegunungan Muller dan hilirnya di Selat Karimata, sungai ini melewati Kota Pontianak dan empat kabupaten lainnya. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Terkenal sebagai sungai terpanjang di Indonesia sungai kamu bisa menyusuri Sungai Kapuas untuk merekam setiap sudut sungai ini dengan kapal wisata.

  • Sungai Sekonyer, Kalimantan Tengah

Di Kalimantan Tengah, kamu bisa mendatangi Amazonnya Indonesia, yaitu Sungai Sekonyer. Saat kamu berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang terletak di Kotawaringin Barat, kamu bisa menyusuri Sungai Sekonyer menggunakan sebuah perahu yang disebut perahu kelotok atau perahu tradisional yang terbuat dari kayu ulin. 

Menyusuri sungai yang asri ini akan memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan disuguhi pemandangan hutan hujan, semak-semak, serta flora dan fauna khas TNTP.

4 dari 4 halaman

  • Sungai Mahakam, Kalimantan Timur 

Kali ini ada sungat terbesar di Kalimantan Timur, yaitu Sungai Mahakam. Nama sungainya sendiri sudah tak asing lagi, karena sungai yang besar ini membelah Kota Samarinda, melewati Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan bermuara di Selat Makassar. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Kalau kamu ingin menyusuri sungai ini, saat ini pemerintah setempat telah menyediakan kapal wisata yang diawali dengan nama “ pesut”, yaitu nama mamalia air tawar khas Sungai Mahakam. Kapal wisata ini menyediakan banyak rute dengan durasi berkisar 2 hingga 5 jam, tergantung pilihan rutenya.

Sumber: Indonesia.Travel

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More