70 Kata-Kata Bijak Islami Singkat, Penuh Nasehat & Motivasi Tenangkan Hati

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 29 Juli 2021 11:43
70 Kata-Kata Bijak Islami Singkat, Penuh Nasehat & Motivasi Tenangkan Hati
Kata-kata bijak islami singkat ini bisa menenangkan hati yang sedang gundah dan memotivasi diri saat sedang putus asa.

Dream - Kata-kata bijak islami singkat sangat cocok untuk menentramkan hati umat muslim yang sedang gundah karena kehadiran ujian hidup.

Seperti yang diketahui bersama, kehidupan manusia di dunia ini sering mengalami pasang surut. Kadang terasa mudah tapi tak jarang pula juga terasa sangat sulit. Berbagai permasalahan hidup sering muncul membuat suasana hati menjadi tak menentu.

Maka dari itu manusia perlu mencari cara agar hidupnya kembali tenang dan tetap bersemangat menjalani hari-hari. Salah satu solusinya adalah dengan merenung sambil membaca rangkaian kata-kata bijak islami singkat.

Untaian kata-kata bijak islami singkat ini mengandung makna dan pesan yang mendalam. Dengan membacanya, semangat hidup bisa kembali bangkit. Perasaan hati yang semula gundah gulana juga akan terasa damai dan tentram.

Cara menenangkan diri bagi umat Islam sebenarnya juga bisa dilakukan dengan sholat, membaca al Qur-an dan zikir kepada Allah SWT. Namun demikian menyimak kata-kata bijak Islami singkat merupakan motivasi yang bisa dijadikan pilihan.

Mari simak kumpulan kata-kata bijak Islami singkat berikut ini yang tidak hanya membahas persoalan akhirat, tetapi juga kental dengan urusan duniawi. Mulai dari ketakutan, kekhawatiran, kesabaran, rasa syukur, dan masih banyak lagi lainnya.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Singkat Penuh Motivasi

Ilustrasi© Pexels.com

Motivasi diperlukan oleh setiap orang dalam rangka membangkitkan semangat hidup. Motivasi bisa datang dari mana saja tanpa kita duga, bisa dari orang bisa juga dari kata-kata yang beredar di internet maupun media sosial. Motivasi juga bisa datang dari kata-kata bijak islami singkat berikut ini. Mari kita simak bersama!

  1. " Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi."
  2. " Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." – Imam al-Ghazali
  3. " Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR. Ahmad)
  4. " Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh. Alhamdulillah."
  5. " Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"
  6. " Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." – QS. Ibrahim: 7
  7. " Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."
  8. " Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."
  9. " Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."
  10. " Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya." – Ibnu Qayyim
  11. " Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya.” - Abdullah Gymnastiar
  12. " Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." –Ali bin Abi Thalib
  13. " Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya." – (Q.S At-Talaq: 4)
  14. " Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." HR. Ahmad
  15. " Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu." (HR Muslim)
  16. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)
  17. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." (Nabi Muhammad SAW)
  18. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." Abu Hamid Al Ghazali
  19. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." Ali bin Abi Thalib
  20. " Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar." (Muhammad Ali)
2 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Singkat Tenangkan Hati

Bersyukur adalah kunci hidup tenang dan damai. Bersyukur akan membuat kita lebih tenang dan dijauhkan dari rasa iri dan dengki. Merasa cukup dengan apa yang dimiliki juga akan membuat hidup lebih tenang dan bermakna. Berikut deretan kata-kata bijak islami singkat yang bisa membuat hidupmu lebih bahagia.

  1. " Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih" (QS. Ibrahim: 7).
  2. " Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh. Alhamdulillah."
  3. " Bersyukurlah bagaimanapun keadaanmu saat ini. Kebahagiaan dimulai dari rasa syukur yang selalu dipanjatkan."
  4. " Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi."
  5. " Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."
  6. " Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak" (HR. Ahmad).
  7. " Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."
  8. " Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya" (Ibnu Qayyim).
  9. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian takdir dari Allah dengan senang hati" (Ali bin Husein).
  10. " Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."
  11. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik" (Ali bin Abi Thalib).
  12. " Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."
  13. " Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan" (HR Tirmidzi).
  14. " Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS. Ar Rad: 11).
  15. " Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan" (QS Al Insyirah 5).
  16. " Ketahui apa makna sebuah kehidupan, karena dengan itu kamu bisa merasakan kebahagiaan sejati. Hidup adalah mengenai bagaimana caranya kita mensyukuri segalanya yang masih kita miliki."
  17. " Bagi siapapun yang tak pernah kehilangan semangat, kegagalan hanyalah sesuatu yang sementara."
  18. " Barang siapa yang bersungguh sungguh, dia akan berhasil."
  19. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam" (Abu Hamid Al Ghazali).
  20. " Setiap napas baru yang Allah izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab."
3 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Singkat Tentang Nasehat

Kata-kata bijak islami singkat memang bisa dijadikan usaha untuk membuat hati lebih tenang saat mengalami gundah dan gelisah. Kata-kata bijak islami singkat bisa membuat kamu kembali tersenyum, dan menjalani hari dengan lebih berwarna.

  1. " Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita" (QS. At Taubah 40).
  2. " Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran" (HR. Ahmad).
  3. " Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."
  4. " Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku dan untukmu juga."
  5. " Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain" (Jalaludin Rumi).
  6. " Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi" (Imam Syafi’i).
  7. " Bila ingin mendapatkan sesuatu, belajarlah dengan memberi sesuatu."
  8. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar" (Nabi Muhammad SAW).
  9. " Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman" (QS. Ali Imran: 139).
  10. " Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."
  11. " Kebenaran suatu hal tidaklah ditentukan oleh berapa banyaknya orang yang mempercayainya" (KH Ahmad Dahlan).
  12. " Rizki itu telah dibagi, tidak akan bertambah atau berkurang. Rizki itu disebut bertambah jika pemiliknya memperoleh kemudahan dari Allah untuk menginfakkannya dalam ketaatan" (Imam Hambali).
  13. " Allah akan menolong seorang hamba, selama hambanya senantiasa menolong saudaranya."
  14. " Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok" (HR. Ibnu Asakir).
  15. " Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit, sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya."
  16. " Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."
  17. " Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat balasannya" (QS Az-Zalzalah: 7).
  18. " Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan."
  19. " Aku mencoba untuk membuat orang senang, dan sejak saat itu aku mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk mengungkapkan kebenaran" (Imam Hambali).
  20. " Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan" (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar).
4 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Singkat untuk Kontemplasi

 Ilustrasi© Freepik.com

Selanjutnya, kata-kata bijak islami singkat juga bisa dipakai untuk merenungkan perjalanan hidup selama ini. Dengan merenung seseorang akan melalui salah satu proses penting untuk pendewasaan diri. Sebab dengan merenung kita akan disadarkan akan suatu kesalahan, lalu menemukan jalan yang lebih baik dan benar.

Yuk simak kumpulan kata-kata bijak islami singkat berikut ini yang bisa menjadi bahan renungan.

  1. " Mati tanpa cinta adalah kematian terburuk dari segala kematian" (Jalaluddin Rumi).
  2. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu" Imam Asy Syafii).
  3. " Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu" (Khalil Gibran).
  4. " Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"
  5. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" (QS. Al-Baqarah 216).
  6. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian kadir dari Allah dengan senang hati" (Ali bin Husein).
  7. " Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup" (Aa Gym).
  8. " Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian" (Habib Ali Zainal Abidin).
  9. " Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan" (Buya Hamka).
  10. " Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu" (Ali bin Abi Thalib).

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar