Gadis Cantik Ini Asli Suku Pedalaman, Percaya?

Reporter : Sugiono
Senin, 26 April 2021 10:32
Gadis Cantik Ini Asli Suku Pedalaman, Percaya?
Gadis manis berkulit putih ini bernama Kartiana dari Suku Temuan, suku pedalaman.

Dream - Sekilas, wajah seorang gadis cantik bernama Kartiana Aziz dari Malaysia ini tampak persis seperti gadis Melayu.

Bahkan banyak yang mengira gadis ini berasal dari Kalimantan, keturunan Tionghoa atau memiliki darah campuran dari Filipina.

Itulah reaksi yang kerap diterima Kartiana Aziz saat pertama kali bertemu dengan orang asing secara langsung.

1 dari 5 halaman

Keturunan Melayu

Namun siapa sangka, gadis berambut ikal sebahu dan berkulit putih ini merupakan keturunan warga pedalaman Suku Temuan.

Bercerita tentang dirinya, gadis cantik yang akrab disapa Kartiana ini mengatakan bahwa dia warga dari suku pedalaman di Negeri Sembilan.

Gadis Suku Temuan terkenal cantik dan kulitnya bersih.© mStar.com.my

" Saya berasal dari Kampung Belihoi, Seremban. Ayah dan ibu saya tidak ada darah campuran, tapi kakek dari garis ibu saya keturunan Melayu," kata Kartiana.

2 dari 5 halaman

Dikira Gadis Filipna

Menurut Kartiana, kalau ke mana-mana, orang akan mengira dia gadis Melayu, Cina, dari Sabah atau Sarawak. Bahkan ada yang mengatakan dia gadis Filipina.

" Ketika kasih tahu mereka kalau saya gadis dari suku pedalaman, mereka tidak percaya sampai mereka melihat sendiri kartu identitas saya.

Kartiana dan sepupunya yang rata-rata berkulit putih.© mStar.com.my

" Jika saya berjalan dengan sepupu saya, orang tidak akan percaya karena wajah kami hampir sama dan berkulit putih," kata gadis berusia 22 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Fasih berbahasa Melayu, Kartiana menarik perhatian publik setelah dia mengunggah beberapa video tentang asal-usul dirinya dan budaya Suku Temuan.

“ Saya baru saja membuat akun TikTok setelah melihat sepupu saya membuatnya. Jadi saya berpikir kenapa saya tidak menggunakan media TikTok untuk memperkenalkan sedikit diri saya dan suku kami. Ide untuk membuat konten itu secara spontan saja.

" Pesan yang ingin saya sampaikan melalui video, selain ingin mengenalkan tentang Suku Temuan, saya juga ingin mengubah persepsi masyarakat luar terhadap suku pedalaman," jelas Kartiana.

4 dari 5 halaman

Suku Pedalaman

Biasanya, lanjut Kartiana, ketika bicara tentang suku pedalaman. Banyak orang yang membayangkan mereka berambut keriting, badannya bau, kulitnya gelap, terbelakang dan segala macam hal yang tidak menyenangkan.

Kartiana Aziz sering dikira keturunan China atau Melayu.© mStar.com.my

Makanya, melalui video yang diunggahnya itu, gadis lulusan jurusan pariwisata di sebuah perguruan tinggi negeri di Malaysia ini ingin mengubah persepsi negatif tersebut.

Anak bungsu dari dua bersaudara ini mengaku sama sekali tidak malu, dia bahkan merasa bangga dengan asal-usul suku dan budayanya.

5 dari 5 halaman

Kerap Dibully

" Saya berani tampil ke depan karena saya ingin mengubah pola pikir orang tentang warga suku pedalaman. Dulu waktu masih sekolah, saya sering jadi korban bullying. Karena itu saya tidak ingin rekan saya mengalami nasib yang sama.

" Saya tidak menyangka video itu viral. Biasalah, ada yang berkomentar positif, ada juga yang negatif.

" Tetapi melihat tanggapan yang menggembirakan ini, saya ingin sekali membuat lebih banyak konten tentang suku pedalaman," pungkasnya.

Sumber: mStar.com.my

Beri Komentar