Miris, Aktris Cantik Ini Diperkosa Temannya Sendiri

Reporter : Sugiono
Minggu, 23 Agustus 2020 13:05
Miris, Aktris Cantik Ini Diperkosa Temannya Sendiri
Dia mengatasi trauma yang dialaminya dengan tidak menemui atau berbicara kepada pelaku, tapi setelah itu..

Dream - Ciara Charteris, yang berperan sebagai Emma Tregirls dalam drama seri Poldark di BBC, menceritakan kisah kelamnya lima tahun lalu saat dia diperkosa oleh sahabatnya sendiri.

Aktris cantik berusia 25 tahun itu menulis kisah tersebut dalam sebuah surat terbuka untuk I Am Arla, sebuah jaringan organisasi bagi penyintas korban penganiayaan, trauma dan diskriminasi.

Dalam surat tersebut, Charteris menggambarkan pelakunya sebagai seseorang yang 'sedikit lebih tua' yang dia kenal sejak dia berusia 16 tahun.

Sedangkan peristiwa itu sendiri terjadi pada malam setelah dia pulang dari merayakan ulang tahun temannya pada 2015.

1 dari 4 halaman

Merasa Trauma dan Takut

Usai kejadian memilukan itu, Charteris benar-benar trauma. Dia takut untuk menceritakan kisah kelam itu, bahkan hanya untuk melapor ke polisi.

Cara Charteris mengatasi trauma yang dialaminya adalah dengan tidak menemui atau berbicara kepada pelaku.

Namun, pada Desember 2019, setelah mengetahui bahwa seorang teman dekatnya yang mengetahui tentang pemerkosaan itu mulai bersosialisasi dengan pelaku, Charteris marah.

2 dari 4 halaman

Merasa Dikhianati

Charteris merasa dikhianati. Dia tidak menyangka bahwa teman dekatnya itu telah menyalahgunakan kebebasan dan kepercayaan yang dia berikan kepadanya.

" Mengatasi stres pascatrauma karena dilecehkan secara fisik oleh seseorang yang saya percayai merupakan hal yang sulit.

" Ditambah lagi ketika orang yang telah mendukung saya melalui semua itu, yang paling saya percayai, tiba-tiba memutuskan untuk menutup mata tentang hal itu.

" Ini menghancurkan saya. Akhirnya, saya dipaksa untuk menghadapi apa yang telah terjadi dan trauma yang telah saya coba untuk kubur selama bertahun-tahun," tulis Charteris.

3 dari 4 halaman

Trauma dan Merasa Ingin Bunuh Diri

Charteris mengatakan pengalaman itu membuatnya merasa ingin bunuh diri. Tapi setelah menerima nasihat dari organisasi Rape Crisis, Charteris akhir lapor ke polisi.

Namun, pada bulan Maret lalu, polisi mengatakan mereka tidak akan melanjutkan kasus pemerkosaan yang menimpa Charteris.

Charteris mengatakan dia tidak terkejut dengan keputusan polisi, tapi peristiwa lima tahun lalu itu masih 'sangat berpengaruh'.

" Saya tahu hukuman untuk pelaku hampir tidak ada. Saya hanya bisa memerhatikan statistik. Saya ingin menambahkan namanya dan memasukkan ke dalamnya," tulisnya.

4 dari 4 halaman

Alasan Berbagi Cerita Masa Lalu

Dalam suratnya itu, Charteris juga menjelaskan alasannya berbagi cerita tentang masa lalunya yang kelam tersebut.

Charteris mengatakan dia berharap kisahnya ini akan membuat penyintas lainnya merasa aman dan nyaman untuk melapor ke pihak berwenang.

" Saya memiliki pengalaman, saya memiliki suara, dan saya ingin menggunakannya untuk kebaikan komunitas saya.

" Saya ingin menggunakan pengalaman saya dengan cara apa pun yang saya bisa untuk membantu orang lain, dan bergabung dalam perjuangan untuk melakukan perubahan.

" Saya bersedia mengambil risiko dan menerima konsekuensi yang mungkin datang di kemudian hari," kata Charteris.

Surat terbuka yang juga dibagikan di Instagram Charteris ini mendapat dukungan dan pujian dari Tom York, teman mainnya di Poldark.

" Saya berharap kepada siapa pun yang pernah mengalami pemerkosaan, cerita Ciara dapat membantu, dengan menunjukkan bahwa Anda tidak sendiri, dan itu bukan salah Anda," tulis Tom.

Sumber: The Independent

Beri Komentar