Tragis, Walikota Dipasung Warganya

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 8 Maret 2018 17:19
Tragis, Walikota Dipasung Warganya
Warga beramai-ramai memasung sang walikota di tanah lapang. Walikota itu menyebut para warganya termakan hoaks.

Dream - Kejadian ini mungkin sangat langka di dunia, apalagi di Indonesia. Seorang walikota dipasung oleh warga karena kinerjanya tidak memuaskan.

Tapi peristiwa itu benar-benar terjadi di San Buenaventura, sebuah kota di utara ibu kota La Paz, Bolivia. Walikota bernama Javier Delgado dipasung oleh warganya yang tak puas dengan kinerjanya.

Javier dipasung selama sejam. Pemasungan itu merupakan sanksi adat dari masyarakat San Buenaventura. Memang tragis. Tapi itulah norma yang berlaku di masyarakat sana.

Kepada laman El Deber, Javier mengatakan bahwa peristiwa yang menimpanya karena " kebingungan dan kesalahpahaman warga dalam menerima informasi" . Sehingga warga berusaha menurunkannya dari jabatan walikota.

 Walikota Javier Delgado dipasung warganya© infobae

Situasi ini bukan kali pertama terjadi. Pada 2015 dan 2016, kota Tumupasa, pemukiman etnis Tacana, juga pernah menghukum seorang pejabat.

Javier mengecam sanksi adat tersebut karena diputuskan secara sepihak. Dia kecewa karena tidak diberi kesempatan membela diri.

1 dari 1 halaman

Penjelasan Walikota

Tetapi, setelah mendapat hukuman, Javier diberi kesempatan untuk mengklarifikasi dan menjelaskan situasi sebenarnya.

" Saya punya informasi mereka meminta maaf kepada saya. Sebab, mereka mendapatkan informasi yang keliru," kata dia.

Menurut Javier, informasi yang salah itu dihembuskan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan pribadi dan politis untuk menggulingkannya.

" Kami tidak berbicara mengenai pengamat, namun orang-orang yang memiliki banyak uang, bisnis, aktivitas ekonomi dan ingin kekuasaan," ujar dia.

Meski harus menanggung malu, Javier merasakan kesedihan tersendiri. Dia sedih komunitas itu tak mendapatkan informasi yang benar.

Beri Komentar