Tak Ada Listrik, Warga Miskin Ciptakan AC `Ajaib`

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 13 Juni 2016 08:51

Dream - Sepanjang musim panas, suhu panas di negara Bangladesh rata-rata mencapai angka 45°C. Bisa dibayangkan bagimana panasnya.

Warga miskin di negara yang masuk wilayah Pakistan Timur itupun belum mendapatkan aliran listrik. Hingga tak ada pendingin udara listrik yang dapat bekerja disana.

Namun rupanya mereka tak hanya pasrah dengan keadaan, warga miskin Bangladesh membuat AC alias pendingin ruangan dari botol bekas.

Dan hal ini terbukti efektif mengatasi udara panas. Alat yang pertama kali ditemukan oleh pria bernama Ashis Paul itu, diberi nama Eco-cooler. Lho kok bisa ya?

Ternyata cara kerja benda itu sangatlah simple, cobalah meniup tangan Anda dengan mulut terbuka, dan rasakan bagaimana udaranya.

Lalu coba lagi, tapi kali ini dengan bibir sedikit tertutup, dan rasakan bagaimana udara yang keluar. Begitulah cara kerja Eco-Cooler.

Ia bekerja pada prinsip bahwa leher botol—dalam hal ini celah yang lebih kecil—bisa mengompres suhu panas dan mendinginkannya hingga 5°C.

Pendingin ini dibuat dengan botol-botol yang sudah dipotong setengah. Bagian ujungnya kemudian ditancapkan ke sebuah bidang yang sudah dilubangi seukuran tutup botol.

Jika sudah tertancap semuanya, papan itu kemudian di dinding, persis seperti posisi jendela, penasaran bukan seperti apa AC tanpa listrik itu? yuk simak videonya. (Ism, Youtube/Grameen Intel)

Beri Komentar