100 Kata-Kata Pernikahan yang Bermakna dan Romantis untuk Dua Hati Satu Cinta

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 9 Juli 2021 09:25
100 Kata-Kata Pernikahan yang Bermakna dan Romantis untuk Dua Hati Satu Cinta
Ketika dua orang sudah memantapkan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya berarti sudah yakin satu sama lain.

Dream - Kata-kata pernikahan memang bisa dipakai sebagai nasihat, renungan, hingga masukan agar pasangan dapat bisa menjalani kehidupan pernikahan yang diidamkan.

Sebagai manusia yang normal, tentunya kamu menginginkan menikah dengan seseorang yang dicintai. Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara sah.

Ketika dua orang sudah memantapkan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, keduanya berarti sudah yakin satu dengan yang lainnya.

Kata-kata pernikahan tentu bisa menyentuh hati dan memberikan rasa hangat, tenang, dan melegakan bagi calon pasangan pengantin yang akan menikah nantinya.

Kalau kamu masih belum memiliki pasangan alias jomblo, mungkin kata-kata pernikahan ini mampu menginspirasi kamu untuk segera menikah dan mencari pasangan hidup, Sahabat Dream.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kumpulan kata-kata pernikahan yang bisa kamu jadikan motivasi untuk berumah tangga dengan pujaan hatimu.

1 dari 8 halaman

Kata-Kata Pernikahan Romantis

Ilustrasi© unsplash.com

Kata mutiara pernikahan menyentuh hati dan romantis ini bukanlah gombalan atau rayuan pacar saat masih pacaran dulu lagi. Namun, kata-kata mutiara pernikahan ini menjadi rangkaian kalimat dan kata yang meneguhkan hati untuk menjalani kehidupan bersama. Berikut kata-kata pernikahan yang romantis bikin kamu klepek-klepek:

  1. Cinta itu laksana lembah yang dalam nan misteri, begitulah pernikahan.
  2. Jika melangkah tingkat tertinggi beruntunglah yang tetap bertahan dan menjadikan cinta hanya ujian dan kesabaran sebagai penjaganya.
  3. Pernikahan laksana pelaut di atas samudera penuh dengan gelombang.
  4. Hati-hati dalam rumah tangga ada gelombang akan mengantar ke tepian atau dalam palung lautan.
  5. Mencintai bukan untuk menyamai tetapi keikhlasan menerima perbedaan.
  6. Jadilah yang mencintai dan bukan hanya untuk dicintai karena pernikahan hanya bersama orang yang mencintai bukan dicintai.
  7. Benar kata pujangga, cinta abadi pernikahan dijalani dengan hati yang tulus.
  8. Semoga kelak engkau bisa bertahan dalam terpaan musibah, tak usang oleh rasa, tak sirna oleh usia, tak lekang oleh masa.
  9. Jangan tergoda dengan segala rayuan dunia, karena semua hanya cantik dalam bentuk dan hambar dalam rasa.
  10. Selalu lah setia kepada pasangan pernikahan yang sakral walau usia senja datang menyapa cinta tetap hangat laksana pertama jatuh cinta.
  11. Selamat hari pernikahan kepada pasangan abadi, tetap cinta walau telah tua dalam usia.
  12. Lemah dalam berkata, kabur dalam pandangan namun tetap utuh dalam sanubari.
  13. Pesan cinta dalam pernikahan agar tetap awet sepanjang usia bukan tentang cinta dan bahagia tetapi tentang keikhlasan membangun rumah tangga.
  14. Dalam suka maupun duka , tetap cinta meski pertengkaran datang menggoda, tetap setia meski lapar melanda.
  15. Asmara dalam pernikahan tidak selalu indah layaknya orang yang jatuh cinta.
  16. Terkadang asmara di balut dengan kepedihan dan kekecewaan oleh sebab itu jangan terlalu bersedih karena itu hanya asmara.
  17. Riak malam yang damai, tawa ceria di siang hari akan menjadi kebahagiaan yang tiada tara tatkala semua ada dalam pernikahan.
  18. Ikatan suci bukan karena kecocokan yang bisa pergi jika tidak lagi cocok.
  19. Pernikahan adalah selalu bersama dan tetap dalam satu tujuan meski dengan cara yang terkadang berbeda.
  20. Suami adalah hakim dan istri hanya penasehat, ingatlah itu dalam pernikahan jika ingin biduk rumah tangga selamat.
2 dari 8 halaman

Kata-Kata Pernikahan Islami

Ilustrasi© Instagram/@alisyakieb

Keindahan dan persatuan dua insan dalam cinta melalui perjanjian sakral pernikahan tentu nggak bisa lepas dari campur tangan Tuhan Maha Esa. Kalau kamu yang sedang mencari kata-kata pernikahan Islami, berikut Jaka punya beberapa pilihan terbaiknya nih, Sahabat Dream.

Agar makin keren, kamu juga bisa merangkai kata-kata pernikahan islami di bawah menggunakan aplikasi pembuat quotes terbaik loh!

  1. Tiada keberanian terindah dalam diri seorang laki-laki, kecuali keberanian meminang seorang wanita.
  2. Tiada hubungan terindah seorang laki-laki dan wanita kecuali hubungan dalam pernikahan.
  3. Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah.
  4. Tiada komunikasi terindah kecuali komunikasi dan saling menyapa antara suami dan istri.
  5. Tiada satupun jalan tercepat dalam mengenal sifat seseorang kecuali menikah.
  6. Menikah adalah ibadah terpanjang dalam mengarungi perjalanan hidup seseorang. Jangan sia-siakan suami atau istri yang Allah titipkan kepadamu.
  7. Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama, karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu.
  8. Lelaki yang menyia-nyiakan istri dan anaknya, merupakan lelaki yang buruk hidupnya.
  9. Istri adalah tulang rusukmu, ia bukanlah wanita yang bisa engkau suruh-suruh. Perlakukanlah ia dengan kelembutan, maka ia akan lebih lembut dari perlakuanmu.
  10. Sebaik-baik suami adalah yang paling baik sikapnya terhadap istri.
  11. Berperilaku baiklah terhadap istri, dan jangan pernah lelah dalam menasehatinya dengan kelembutan. Karena ia tercipta dari tulang rusuk yang bengkok.
  12. Seorang wanita dapat mengubah rumah tangga menjadi surga sebagaimana ia dapat pula mengubahnya menjadi neraka yang tak terbayangkan.
  13. Menuntut ini dan itu kepada suami tidak akan mencukupkan kebutuhanmu, cukup bersyukurlah atas pemberian suami maka kebutuhanmu akan tercukupi.
  14. Wanita shalihah adalah yang memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memeliharanya.
  15. Seorang suami dapat menjadi pintu surga bagi istrinya sebagaimana ia dapat pula menjadi pintu neraka untuk istrinya.
3 dari 8 halaman

Kata-Kata Pernikahan Penuh Motivasi

Ilustrasi© unsplash.com

Menjalani pernikahan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut memerlukan banyak persiapan, baik secara fisik maupun mental. Baik secara materi atau pikiran. Semuanya diperlukan untuk menghasilkan rumah tangga yang baik dan dapat berjalan dengan sangat lancar.

Selain itu, motivasi dari diri sendiri untuk selalu setia dan cinta terhadap pasangan menjadi cara untuk melanggengkan hubungan. Berikut kata-kata pernikahan yang bisa jadi motivasi untuk selalu bertahan dalam bahtera rumah tangga:

  1. " Pernikahan bagaikan melihat daun yang jatuh di musim gugur. Selalu berubah dan makin indah."
  2. " Cinta perlu dijaga dan dipupuk. Dan lahan terbaik untuk menjaga dan memupuknya adalah pernikahan."
  3. " Pernikahan itu bukan hanya menyatukan dua insan, melainkan menyatukan dua keluarga."
  4. " Kebahagiaan tertinggi dalam hidup ini adalah kebahagiaan pernikahan."
  5. " Tidak ada pernikahan yang paling bahagia tanpa pengorbanan yang tiada henti."
  6. " Ulang tahun pernikahan adalah perayaan cinta, kepercayaan, kemitraan, toleransi, dan keuletan. Pesanan bervariasi untuk tahun tertentu."
  7. " Pernikahan itu mengandung kompromi dan toleransi seumur hidup."
  8. " Tujuan pernikahan bukanlah untuk berpikiran sama, melainkan untuk berpikir bersama."
  9. " Pernikahan bukanlah untuk orang yang mementingkan dirinya sendiri."
  10. " Pernikahan adalah hak untuk menemukan kesempatan saling berbahagia dan bertengkar sesering mungkin."
4 dari 8 halaman

Kata-Kata Pernikahan Bahasa Inggris dan Artinya

Ilustrasi© freepik.com

Ada temanmu yang menikah dengan pasangannya yang bule atau kamu ingin membuat caption unggahan pernikahan di media sosial menggunakan Bahasa Inggris?

Tidak bisa merangkai kata-kata bahasa Inggris-nya? Tenang! Dream punya kumpulan kata-kata pernikahan Bahasa Inggris yang bikin unggahan kamu banyak like nih, Sahabat Dream!

  1. " The real act of marriage takes place in the heart, not in the ballroom or church or synagogue. It s a choice you make not just on your wedding day, but over and over again and that choice is reflected in the way you treat your husband or wife."
  2. (Tindakan nyata pernikahan terjadi di dalam hari, bukan di ballroom atau gereja atau sinagog. Ini adalah pilahan yang kamu buat bukan hanya di hari pernikahanmu, tetapi berulang-ulang dan pilihan itu tercermin dalam caramu memperlakukan suami atau istrimu.)
  3. " A wedding dress is both an intimate and personal for a woman it must reflect the personality and style of the bride."
  4. (Gaun pengantin adalah intim dan pribadi untuk seorang wanita itu harus mencerminkan kepribadian dan gaya pengantin wanita.)
  5. " Bride: A woman with a fine prospect of happiness behind her."
  6. (Bride: Seorang wanita dengan prospek bahagia yang bagus di belakangnya.)
  7. " Love is the master key that opens the gates of happiness, of hatred, of jealousy, and, most easily of all, the gate of fear."
  8. (Cinta adalah kunci utama yang membuka gerbang utama kebahagiaan, kebencian, kecemburuan, dan, yang paling mudah, gerbang ketakutan.)
  9. " There's a big difference between falling in love with someone and falling in love with someone and getting married. Usually, after you get married, you fall in love with the person even more."
  10. (Ada perbedaan besar antara jatuh cinta, dengan seseorang dan jatuh cinta dengan seseorang kemudian menikah. Biasanya setelah menikah, kamu semakin jatuh cinta dengan orang itu.)
5 dari 8 halaman

Kata-kata Pernikahan yang Menyentuh Hati

Kata-kata Pernikahan yang Menyentuh Hati© Pixabay.com

Menikah adalah momen sakral untuk menyatukan dua insan yang saling mencintai. Bukan hal sederhana, karena keduanya harus bisa menjalani bahtera rumah tangga dengan tetap bergandengan tangan dan menyingkirkan sikap egois masing-masing.

Berikut adalah kata-kata pernikahan yang menyentuh hati: 

  1. “ Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita.”
  2. “ Pernikahan itu sekali seumur hidup. Pasangan yang kamu pilih adalah pasanganmu sampai mati. Salah atau benar, itulah pasanganmu.”
  3. “ Pernikahan seperti mosaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta.”
  4. “ Dua jiwa namun satu pikiran, dua hati namun satu perasaan.”
  5. “ Kenali masalahnya, ketahui risikonya, dan pelajari solusinya. Ini modal kamu untuk bisa punya pernikahan yang bahagia nanti.”
  6. “ Aku tak pernah menunggumu. Kamu tak pernah sengaja datang. Tapi kita sengaja dipertemukan Tuhan. Entah untuk saling duduk berdampingan atau saling memberi pelajaran. Entah untuk saling mengirim undangan pernikahan, atau duduk bersama di pelaminan.”
  7. “ Pernikahan adalah latihan untuk menjadi sahabat yang antusias dan penuh semangat.”
  8. “ Kita jatuh cinta bukan karena menemukan orang yang sempurna, melainkan karena melihat kesempurnaan pada orang yang tidak sempurna.”
  9. “ Salah satu sumber kebahagiaan yang terbesar adalah bangun pagi dan melihat wajahmu.”
  10. “ Tidak ada persahabatan yang lebih indah, bersahabat, dan menyenangkan selain pernikahan yang baik.”
  11. “ Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama.”
  12. “ Pernikahan bagaikan rantai dari cincin emas, diawali dengan secercah sinar terang dan diakhiri oleh keabadian.”
  13. “ Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan.”
  14. “ Cinta tidak menciptakan pernikahan. Pernikahan yang sadar, terencana, menciptakan cinta. Hal yang sama terjadi dalam semua hubungan.”
  15. “ Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia.”
  16. “ Pernikahan bagaikan melihat daun yang jatuh di musim gugur : selalu berubah dan semakin indah setiap hari.”
  17. “ Seperti sepasang sepatu, berdua namun tetap satu. Karena satu saja tidak akan berguna.”
  18. “ Dalam perhitungan cinta, satu tambah satu sama dengan tak terhingga. Sedangkan dua kurang satu sama dengan nol.”
  19. “ Bukalah matamu lebar-lebar sebelum pernikahan, dan setengah tertutup sesudahnya.”
  20. “ Mencintai seseorang memberikan kita kekuatan, dicintai memberikan kita keberanian.”
6 dari 8 halaman

Kata-kata Pernikahan untuk Anniversary

Kata-kata Pernikahan untuk Anniversary© Freepik.com

Setelah bertahun-tahun menjalani rumah tangga, menghadapi suka dan duka bersama, tentunya ada banyak sekali kenangan yang tercipta. Meski sudah menikah, keromantisan jangan sampai pudar. Kamu bisa merayakan anniversary pernikahan dengan pasangan. Salah satunya dengan mempersembahkan kata-kata pernikahan untuk anniversary. Ini menjadi bukti tanda cinta sekaligus harapan besar agar pernikahan ini tetap langgeng hingga maut memisahkan.

Berikut adalah kata-kata pernikahan untuk anniversary:

  1. “ Selamat anniversary, sayangku. Maafkan diriku yang belum bisa menjadi pendamping terbaik dan hanya bisa merangkai kata-kata untuk diucapkan hari ini. Jika melihat ke belakang, mungkin banyak kenangan indah yang tak bisa dilupakan. Namun yakinlah, bahwa masa depan kita jauh lebih akan bermakna dengan tetap terus bersama dan saling mencinta.”
  2. “ Selamat hari jadi penikahan, sayang. Mungkin saat itu aku buta dengan masalahku, namun engkau hadir membukakan mata hari ini untuk bisa melihat hidup yang lebih berwarna.”
  3. “ Cinta kita bukanlah sebuah puzzle yang butuh beberapa bagian untuk mengisi kekosongan. Namun, cinta kita adalah kanvas putih, yang membutuhkan beberapa coretan berwarna dalam kehidupan. Happy anniversary.”
  4. “ Walaupun harga BBM naik, namun aku tak akan risau. Karena senyummu selalu murah untukku. Terima kasih telah menjalani hubungan ini dengan tetap cerita. Selamat anniversary untuk selamanya, sayang.”
  5. “ Momen indah dan kenangan berharga yakni dua hal yang menggambarkan caraku menjalani hidup bersamamu. Happy anniversary.”
  6. “ Aku bersyukur kepada Allah telah menjalani kehidupan pernikahan yang indah bersamaku dan anak-anak kita. Hari ini hari istimewa, selamat ulang tahun pernikahan kita wahai imamku.”
  7. “ Berilah keluarga kami kedamaian, redamlah seluruh pertengkaran yang ada, padamkanlah hati kami yang memanas karena duniawi. Dan jadikan kami orang yang selalu beryukur atas setiap nikmat yang Allah berikan di dalam rumah tangga ini.”
  8. “ Jalan panjang, terjal, dan juga berliku telah membentang di hdapan kita. Namun yakinlah, bersama-sama kita akan melewati itu semua. Tentu dengan penuh keyakinan dan keikhlasan. Karena semuanya akan terasa indah jika aku selalu bersamamu.”
  9. “ Selamat hari ulang tahun pernikahan, sayang. Semoga kita bisa selalu saling melengkapi dan mendukung demi menjaga akhlak dan keikhlasan kita sebagai pasangan keluarga yang diridhoi Allah SWT.”
  10. “ Happy anniversary, suamiku. Sungguh Allah telah menyayangiku dengan mempertemukan seorang imam dan guru terbaik dan mengajarkan kesabaran. Engkau adalah mujahid yang paling indah dan tak akan pernah kulepas. Akan aku ikat erat dirimu dengan ketakwaan dan cinta yang tulus dari hati ini, selamanya.”
7 dari 8 halaman

Kata-kata Pernikahan untuk Selalu Setia

Kata-kata Pernikahan untuk Selalu Setia© Pixabay.com

Memutuskan untuk menikah, berarti juga memantapkan diri untuk selalu setia. Tak hanya di saat suka saja, tetapi juga di saat duka. Saling menguatkan, saling menjaga, saling berbagi, dan saling menyayangi.

Berikut adalah kata-kata pernikahan untuk selalu setia: 

  1. “ Setia dalam pernikahan bukan satu satunya alasan, namun berupaya mewujudkan niat pernikahan juga alasan mengapa pernikahan itu sakral.”
  2. “ Lelah itu biasa, kecewa itu wajar namun percayalah dalam pernikahan bukan tentang seberapa kali engkau lelah dan kecewa tetapi tentang seberapa lama dan kuat engkau bertahan.”
  3. “ Jangan pernah lelah mencintai, karena jika cinta tak lagi bisa engkau rasakan, sebaik apapun pernikahan akan berubah menjadi tawar rasa.”
  4. “ Jangan selalu bertengkar  persoalan pernikahan hanya bisa dijawab oleh waktu dan jalan takdir.”
  5. ”Jika pernikahan itu sulit bersyukurlah karena ada kenikmatan hidup bersama pasangan yang tidak pernah dirasakan orang lain.”
  6. “ Segeralah menikah agar kehidupan menjadi lebih berkah”
  7. “ Ibarat memasak, pernikahan itu harus pintar-pintar merasa, terlalu berlebih dalam segala rasa akan membuat pernikahan hambar dan tak berasa.”
  8. “ Rumah tangga  bukan saja lambang halal  tetapi kesepakatan untuk tetap bersama dalam keadaan apapun.”
  9. “ Jangan terlalu yakin jika kita benar-benar mencintai pasangan kita, karena dalam pernikahan dibutuhkan jatuh cinta setiap harinya.”
  10. “ Tidak masalah jika pasangan tidak pernah mengatakan cinta padamu, karena dalam kehidupan pernikahan cinta diungkapkan dengan perbuatan dan perjuangan.”
8 dari 8 halaman

Kata-kata Pernikahan untuk Saling Menyayangi

Kata-kata Pernikahan untuk Saling Menyayangi© Pixabay.com

Di dalam pernikahan, mengungkapkan rasa sayang pada pasangan itu penting sekali. Ini akan memperkuat cinta kalian. Bukti sayang bisa kamu tunjukkan dengan berbagai hal. Seperti halnya meluangkan waktu untuk quality time berdua, saling bekerjasama mengurus rumah tangga, jalan-jalan bersama, dan bisa juga dengan mempersembahkan kata-kata pernikahan.

Berikut adalah kata-kata pernikahan untuk saling menyayangi:

  1. ”Jangan lah engkau lupa bahwa dengan saling bergandengan tangan saja dapat menggugurkan dosa keduanya.”
  2. “ Kuatkan iman agar rumah tangga rukun dan sejahtera percaya Allah bersama orang orang yang bertakwa”
  3. “ Jadikanlah keimanan dalam setiap hubungan, senantiasa lah bersyukur karenanya.”
  4. “ Bukan cinta yang menemukan dirimu kepada jodoh, karena banyak pernikahan datang justru karena saling tidak mengenal”
  5. “ Pernikahan bukan jaminan kebahagiaan sepanjang usia, maka dekatkanlah pernikahan dalam petunjuk agama”
  6. “ Wahai para pasangan pernikahan, saling lah mengasihi dan menyayangi  agar kehidupan akan menjadi sejahtera dan nyaman”
  7. “ Setiap perjuangan dalam pernikahan akan dihitung pahala, setiap kekecewaan akan diganti dengan kebahagiaan yang tiada disangka.”
  8. “ Lihatlah bagaimana langit dihamparkan, jadikanlah alquran sebagai benteng pernikahan dirimu.”
  9. “ Jaga pernikahan kalian  karena kadang dalam kehidupan ada ketentuan Allah dalam takdir-Nya.”
  10. “ Pantas kan lah diri untuk mendapatkan pasangan terbaik  dalam pernikahan dirimu.”
Beri Komentar