80 Kata Mutiara Perpisahan, Menyentuh Hati dan Penuh Haru

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 22 Juli 2021 08:55
80 Kata Mutiara Perpisahan, Menyentuh Hati dan Penuh Haru
Perpisahan yang paling menyakitkan adalah dimana hanya aku yang merasa kehilangan.

Dream - Pepatah mengatakan tak ada yang lebih pahit daripada pahitnya perpisahan. Kata mutiara perpisahan tersebut sepertinya nyata dialami banyak orang. Setiap pertemuan pasti berakhir dengan perpisahan.

Kebahagiaan selalu diiringi dengan kesedihan yang akan datang silih berganti. Setiap hari seseorang bisa bertemu dengan orang-orang baru dan berpisah dengan orang lama. Terkadang tak semua pertemuan bisa memberi kebersamaan. Bahkan ada yang berakhir dengan perpisahan yang menyakitkan.

Perpisahan semacam takdir yang selalu ditemui semua insan manusia. Sedih memang berbicara tentang perpisahan, apalagi dengan orang tersayang. Entah dengan orang tua, kerabat, sahabat, rekan kerja maupun kekasih.

Namun setiap perpisahan dan kata selamat tinggal bukanlah akhir dari sebuah kehidupan. Bahkan terkadang dari perpisahan itu kamu mendapatkan banyak pelajaran.

Untuk memaknai makna perpisahan, berikut terdapat deretan kata mutiara perpisahan dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Kata Mutiara Perpisahan Menyentuh Hati

Berikut kata mutiara perpisahan yang paling sedih:

  1. " Perpisahaan memang tak akan pernah mudah karena sifat dasar manusia ingin memiliki bukan melepaskan."
  2. " Luka akibat sebuah perpisahan selalu menjadi yang terperih diantara luka lainnya, bagaimana tidak perpisahan adalah batas dari kebersamaan yang entah kapan akan terulang”
  3. " Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap."
  4. " Kini kau bukan lagi milikku, kini kau telah berada di tempat yang jauh lebih baik."
  5. " Kau bagai duri yang menyakiti sebegitu parah, namun bedanya luka yang diberikan olehmu tak dapat ku obati secara instan. Hatiku seakan berdarah karena menggenggammu terlalu erat. Bagaimanapun aku berusaha kau tidak akan pernah melihat ke arahku, maka kucukupkan aku dan hatiku untuk saling menyakiti”
  6. " Kamu adalah satu dari sekian banyak hal yang membuatku tidak lagi berteman dengan kata pisah. Hadirmu bagai lautan di tanah gersang, lalu bagaimana pula harus ku ungkapkan rasaku saat kau telah beranjak pergi dan tak akan kembali."
  7. " Waktu akan terus berlalu meski duniamu tak mengizinkan itu, tapi Tuhan punya rencananya sendiri. Jangan terlalu meratapi sebuah kata pisah karena sebabnya akan ada sapaan yang datang dan akan lebih indah."
  8. " Untuk bisa bersama perlu keteguhan yang luar biasa dari sebelumnya. Jadi jangan jadikan perpisahanmu adalah sebuah akhir dari segala bentuk pelayaran, tapi jadikan ia sebagai awal kisah baru yang lebih indah dari sebelumnya."
  9. " Coba belajarlah kepada senja, karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."
  10. " Perpisahaan seringkali mengajarkan kita betapa berharganya seseorang setelah dia tiada."
  11. " Tak apa-apa apabila kita bukan jadi yang terbaik, setidaknya kita pernah berusaha walaupun kenyataannya memang tak bisa dipaksakan."
  12. " Cinta yang tak mungkin kembali adalah kesakitan abadi, yang mungkin butuh waktu lama untuk penyembuhan. Sebagaimana rindu yang tak kunjung temu meski bagaimanapun caranya hanya akan melukis duka."
  13. " Perpisahaan selalu mengajarkan kita untuk menghargai, bahwa setiap detik bersama orang yang kita cintai adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan."
  14. " Manusia tak akan bisa merasakan cinta yang akan hadir jika dia belum bisa melepaskan segala bentuk penderitaan dari kisah sebelumnya. Oleh karena itu, lepaskan saja dan mulailah hal baru."
  15. " Sadarkah kalau semua itu terhubung dengan takdir. Tak ada yang bisa mengatur takdir, jadi nikmatilah setiap detik yang kau punya untuk bersamanya."  
  16. " Apabila kamu disuruh memilih orang yang paling kamu cintai tetap bersamamu, tapi tidak bahagia. Atau melepaskannya pergi agar dia punya kesempatan baru, untuk masa depannya. Untuk hidupnya nanti yang jauh lebih baik, maka kamu pilih yang mana?"
2 dari 5 halaman

Kata Mutiara Perpisahan Penuh Haru

Ilustrasi© Pexels.com

Banyak sekali perpisahan meninggalkan luka yang sulit disembuhkan. Terlebih jika perpisahan dengan sang kekasih hati. Kata mutiara perpisahan berikut ini semoga sedikit menenangkanmu yang sedang berpisah dengan kekasih.

  1. " Hanya karena suatu hubungan berakhir, bukan berarti kita berhenti mencintai satu sama lain. Kita hanya berhenti menyakiti satu sama lain."
  2. " Perpisahaan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan."
  3. " Cobalah menjadi aku sebentar saja, maka kau akan merasakan bagaimana perihnya rasa sakit yang kau timbulkan dari caramu memutus segala ikatan yang bahkan telah lama kita bangun. Tidakkah aku menjadi pesakitan yang tak kunjung menemukan obatnya."
  4. " Masa depan adalah miliki dia yang meninggalkan masa lalu, jadikan kisahmu yang ada di masa lalu sebagai pengajaran untuk lebih kuat lagi dari biasanya, berjuang lebih kuat dari biasanya."
  5. " Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."
  6. " Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam."
  7. " Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."
  8. " Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."
  9. " Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku."
  10. " Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."
  11. " Guru, engkau bagaikan lilin, yang menghabiskan dirinya sendiri untuk mencerahkan kehidupan orang lain."
  12. " Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah."
  13. " Keluarga adalah bentuk kesempurnaan ikatan dalam hidup dan semuanya pasti punya keluarga. Seiring berjalannya waktu keluarga juga akan hilang dan musnah ditelan teganya waktu, namun hati dan kenangan akan tetap abadi dan tak akan tergerus oleh zaman."
  14. " Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." -Fiersa Besari
  15. " Mungkin, Tuhan mempertemukan kita hanya sebatas untuk saling mengenal bukan untuk saling memiliki."  
  16. " Di akhir perjalanan sekalipun tak lagi bersama, ada satu nama yang tak akan bisa tergantikan. Entah seberapa hebat kau berusaha untuk melupakan, tetapi nama itu selalu ada, itulah cinta sejati."
3 dari 5 halaman

Kata Mutiara Perpisahan Bikin Sedih

Bagian terberat dari sebuah perjalanan adalah perpisahan. Kesediaan meninggalkan masa lalu yang tiada di masa depan. Belajarlah dari semua yang telah terjadi dan mengertilah. Bahwa jawaban adalah tak akan selalu dengan terus bertahan, melainkan dengan melepaskan genggaman untuk sebuah kesempatan baru di masa depan. Berikut kata mutiara perpisahan selanjutnya:

  1. " Menjadi partner kerjamu adalah salah satu pengalaman profesional dalam karierku. Sampai jumpa sahabat."
  2. " Keramahan yang kau pancarkan setiap hari, tak akan pernah hilang dalam ingatan kami. Perjuangan dan pengorbanan tak akan pernah luput dari ingatan kami, kau adalah guru terhebatku."
  3. " Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan."
  4. " Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."
  5. " Tanpa rekan kerja yang menyenangkan sepertimu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan merindukanmu."
  6. " Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."
  7. " Kita adalah dua orang yang pernah memiliki rasa yang sama namun tak ditakdirkan untuk terus bersama."
  8. " Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh."
  9. " Terima kasih guru, engkau adalah sosok terindah yang memberikan kasih sayang setelah ayah dan ibu. Kau patut disebut sebagai pahlawan bagi pendidikan Indonesia."
  10. " Di saat menghitung angka seharusnya kita teringat dengan guru kita yang telah mengajari berhitung, Terima Kasih Wahai Guruku."
  11. " Disini ada tangisan, ada perjuangan, ada luka, ada tawa, bahagia dan rindu. Dan itu semualah yang memberatkan ketika harus berpisah."
  12. " Perpisahan yang paling menyakitkan adalah dimana hanya aku yang merasa kehilangan."
  13. " Senja mengajari kita menerima sebuah perpisahan dengan jamina pertemuan yang hangat pada esok hari."
  14. " Perpisahan adalah ucapan menyambut hari-hari penuh rindu."
  15. " Meski perpisahan itu ialah kenyataan yang sulit diterimna namun itu adalah kensekuensi dari perjumpaan."
  16. " Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugrah terbesar di dalam hidupku. Cinta memang tidak perlu di temukan, cintalah yang akan menemukan kita. Terima kasih, nasihat lama itu benar sekali, aku tak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, Tapi aku aka ntersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi."
4 dari 5 halaman

Kata Mutiara Perpisahan Lainnya

Ilustrasi© Pexels.com

Akan ada fase di mana orang yang sabar menjadi muak, Orang yang perduli menjadi masa bodo. Dan orang yang setia akan angkat kaki, ketika sabar, perduli dan setianya tidak lagi dihargai. Perpisahan menjadi sebuah momen yang paling menyakitkan. Ini dia kata mutiara perpisahan yang penuh haru:

  1. " Selamat tinggal bila kau ingin pergi, tak mungkin lagi kumemaksamu disini, lupakan aku bila tak cinta lagi. doakan saja kumendapatkan pengganti yang lebih baik darimu."
  2. " Terima kasih untuk kamu yang telah hadir dalam hidupku dan telah mengajarkan kedewasaan. Berucap syukur atas nikmat dan hikmah dari pendewasaan yang terberikan oleh waktu, usai sudah perjalanan bersama bayangan waktu."
  3. " Perpisahan tidak bisa seutuhnya mengambilmu dariku, ingatlah tidak hilang karena perpisahan, ingatlah hilang karena pergantian."
  4. " Saat sebuah pertemuan berawal dengan sebuah kabaikan, maka akhirilah pertemuan itu dengan perpisahan yang memiliki kenangan terindah."
  5. " Perpisahan yang pedih adalah yang tanpa kata selamat tinggal dan tanpa penjelasan."
  6. " Aku akan berusaha menjadi seorang yang lebih sabat dalam menghadapi masalah dan berusaha merelakan sebuah perpisahan."
  7. " Semua pertemuanyang  berawal dengan sesuatu yang indah maka dia akan berakhir dengan sebuah perpisahan. Karena tidak ada sesuatu yang abadi dalam dunia ini, tak terkecuali pertemuan. Tapi aku yakin bahwa Allah telah menyiapkan rencana yang akan membuatku bahagia suatu saat nanti."
  8. " Perpisahan itu akan selalu datang, karena kita pernah berjumpa, bersama dalam setiap canda tawa dan merasakan bahagia. Setiap air mata yang jatuh pada hari ini, akan menjadi saksi bahwa telah ada jalinan erat yang pernah kita jalani."
  9. " Yang pergi akan tetap pergi, walaupun kau telah menjaganya dengan begitu kuat. dan yang datang akan datang, walaupun kau tidak menginginkan kedatangannya."
  10. " Aku ihklas dengan sebuah perpisahan, akan tetapi aku sulit untuk melupakan segala kenangan."
  11. " Jika sebuah kesabaran tidak membuatmu sadar, mungkin sebuah kehilangan akan menjadikanmu sadar."
  12. " Di hari esok kamu akan mengerti dengan pilihanku, yang memutuskan untuk pergi dan mencari sesuatu yang tidak pasti."
  13. " Bagaimana bisa aku takut dengan mangakhiri, kalau aku berani untuk mengawali semua ? Bagaimana aku takut dengan perpisahan, sedangkan aku berani untuk saling memiliki."
  14. " Jika aku tau perpisahan sesakit ini. Aku lebih memilih untuk tidak mengenalmu sama sekali."
  15. " Mungkin, Tuhan mempertemukan kita hanya sebatas untuk saling mengenal bukan untuk saling memiliki."
5 dari 5 halaman

Kata Mutiara Perpisahan untuk Kekasih

Berikut kata mutiara perpisahan untuk pacar atau pasanganmu:

  1. " Dia di sebelahmu, tapi terasa seperti tidak. Seakan ia berada terlalu jauh, sangat jauh. Entah itu raganya atau jiwanya." - Krystal Putih
  2. " Aku akan datang kepadamu sebagai hujan dan aku juga akan datang menghampirimu sebagai salju pertama." - Goblin
  3. " Bukan perpisahan yang membuatku menangis, tetapi pertemuanlah yang membuatku menyesal."
  4. " Sebab belajar melupakan seseorang itu juga salah satu bentuk cinta." - Innocent Man
  5. " Pernah saling cinta lalu berubah seperti tak pernah kenal sebelumnya." - Semesta Semestinya
  6. " Ruang hati tak lagi bernyanyi. Berubah sepi nan sunyi sejak dia pergi. Sisa penyesalan masih ada di sudut hati. Kenangannya pun belum hilang dalam ingatan ini." - Massbow
  7. " Pada perjalanan waktumu, adalah sebuah nama yang kau lafazkan namun gagal kau ikrarkan." - Andra Dobing
  8. " Beberapa orang memang hanya ditakdirkan untuk saling suka, saling jatuh cinta, dan saling merasa nyaman. Namun tidak ditakdirkan untuk bersama. Sesederhana itu." - Brian Khrisna
  9. " Yang hilang bukan kabarnya, tapi perasaannya yang tak lagi sama."
  10. " Hidup ini masih panjang. Hanya karena ia tidak ada di pelukanku hari ini, bukan berarti ia tidak akan pernah kembali." - The Heirs
  11. " Sering kali cinta tidak menyadari kedalamannya hingga saat perpisahan tiba." - Kahlil Gibran
  12. " Kita pernah saling mencinta sebelum akhirnya saling melupa."
  13. " Waktu tidak membuatku lupa akan dirimu. Waktu hanya membuatku terbiasa tanpa dirimu."
  14. " Matahari mengajarkan kita bahwa pada setiap pertemuan yang hangat terdapat sebuah perpisahan yang indah." - Afief Subagja
  15. " Kita adalah dua orang yang pernah memiliki rasa yang sama namun tak ditakdirkan untuk terus bersama."
  16. " Bukannya aku tak lagi cinta kepadamu tapi jika aku bertahan aku semakin terluka."
  17. " Kupikir kau masih mencintaiku, tapi kita tak bisa melepas kenyataan bahwa aku tak cukup untukmu." - Haruki Murakami

 

Sumber: Brilio.net, karyapemuda.com

Beri Komentar