Anakku Komandanku, Kisah Haru Ayah Hormat ke Anak yang Berpangkat Lebih Tinggi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 20 Oktober 2020 12:45
Anakku Komandanku, Kisah Haru Ayah Hormat ke Anak yang Berpangkat Lebih Tinggi
Serda Sahidin merasa amat bangga saat anaknya mengucapkan sumpah bersama 253 prajurit Akmil lainnya.

Dream - Tanggal 14 Juli 2020 merupakan momen membanggakan bagi Serda (Har) Sahidin. Anak kesayangannya, Figgy Heryansyah, resmi dilantik menjadi perwira oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan berpangkat Letnan Dua (Letda).

Serda Sahidin merasa amat bangga saat anaknya mengucapkan sumpah bersama 253 prajurit Akademi Militer (Akmil) lainnya.

Kisah kebanggaan itu diceritakan Sahidin di kanal Youtube TNI AD dengan judul 'Anakku Komandanku' yang diunggah pada Senin, 19 Oktober 2020.

" Waduh bangga sekali. Apa lagi dilantik langsung Bapak Presiden meski sedang pandemi Covid-19, bangga sekali. Banggalah, bangga sekali, tidak bisa diucapkan," kata Sahidin.

1 dari 4 halaman

Tak Asing dengan Lingkungan Militer

Sahidin menuturkan, kehidupan Letda Figgy Heryansyah sejak kecil sudah tidak asing dengan dunia militer karena akrab dengan lingkungan asrama. Pada tahun 2016, Sahidin mendaftarkan anaknya ke Akademi Militer (Akmil).

" Dia sudah tidak kaget lagi lihat tentara di lingkungan asrama. Saat SMP dan SMA dia sehari-hari bersama pamannya. Kebetulan pada tahun 2016 kemarin dia daftar Akmil, alhamdulillah langsung diterima," ucapnya.

Figgy merupakan anak yang tidak pernah membantah perintah orangtua. Sahidin menjelaskan, Figgy sejak SD sering mengikuti pelombaan dan berprestasi di bidang olahraga. Prestasi dan capaian itulah yang menjadi bekal Figgy ketika mendaftar menjadi taruna Akmil.

" Alhamdulillah anaknya penurut. Waktu SD kan sering ikut O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), saya kursuskan olahraga. Dari SD dan SMP berprestasi," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Latih Sendiri Fisik Anaknya

Sahidin memang sudah jauh hari mempersiapkan anaknya menjadi tentara. Sejak duduk di bangku SMP, Figgy rajin dilakukan check-up kesehatan setiap enam bulan sekali.

" Jadi jauh-jauh sebelumnya sudah saya persiapkan. Mulai saya ajak rutin check-up kesehatan sejak masih SMP kelas 3 sampai tamat SMA, enam bulan sekali biasanya," katanya.

Selain itu, Figgy juga ditempa sendiri oleh Sahidin. Sementara di bidang akademik justru Figgy lebih mandiri dalam mengeksplorasi diri.

" Saya latih sendiri di asrama juga. Dua itu saja yang penting, pertama kesehatan dan yang kedua fisiknya. Saya bilang kalau akademik orangtuanya tidak terlalu mengerti apa-apa, mungkin dia yang lebih akademik," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Beri Hormat Kepada Sang Anak

Pada saat Letda Figgy Heryansyah lulus dan dilantik Presiden menjadi taruna TNI AD, Serda Sahidin memberinya hormat dan memeluknya.

Tak hanya itu, sebagai bentuk berbakti kepada orangtua, Letda Figgy bersujud dan mencium kaki ibunya di tengah lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang pasca Upacara Prasetya Perwira (Praspa).

Letda Figgy berharap suatu saat nanti dia bisa menjadi pemimpin di satuannya. Dia juga berharap bisa berkembang dan diandalkan di satuannya bertugas.

" Saya ingin menjadi pemimpin yang diandalkan di satuan saya nanti. Saya juga ingin suatu kebanggaan itu timbul dari diri saya untuk menjadi pemimpin yang dapat bisa diandalkan," kata Letda Figgy.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa turut memberikan motivasi saat bertemu Letda Figgy. KSAD berpesan agar Letda Figgy memiliki motivasi lebih sukses daripada ayahnya.

" Harus lebih tinggi dari Bapak ya," ujar KSAD.

" Siap," kata Letda Figgy.

4 dari 4 halaman

Beri Komentar