Detik-detik Menegangkan Evakuasi Bayi di Tengah Kepungan Banjir Jakarta

Reporter : Sugiono
Kamis, 2 Januari 2020 17:52
Detik-detik Menegangkan Evakuasi Bayi di Tengah Kepungan Banjir Jakarta
Proses evakuasi bayi berlangsung menegangkan dan dramatis. Lihat sendiri videonya.

Dream - Banjir yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 ini meninggalkan pengalaman yang memilukan dan menyedihkan bagi warganya.

Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sayangnya, sebagian besar mengalami kendala saat akan mengungsi.

Umumnya, warga sudah terjebak di rumah mereka yang dikepung oleh banjir di sekelilingnya. Ketinggian air saat banjir di DKI bukan sembarangan.

Air bahkan bisa naik hingga mencapai atap rumah warga. Karena itu proses evakuasi harus dilakukan dengan hati-hati.

Baru-baru ini viral di Instagram sebuah video proses evakuasi bayi di Bekasi yang rumahnya terendam banjir.

Menurut keterangan Instagram Sar_Nasional, lokasi rumah bayi tersebut berada di wilayah Perumahan Pondok Mitra Lestari.

Di video tersebut, seorang petugas SAR mendorong baki plastik berisi seorang bayi mungil di atas genangan banjir yang mencapai leher orang dewasa.

Sementara petugas SAR mendorong baki, tampak di latar belakang kondisi rumah bayi tersebut sudah berantakan akibat diterjang banjir awal tahun 2020.

Dengan hati-hati, petugas SAR mengangkat baki berisi bayi itu ke dalam perahu karet. Sementara keluarga bayi tersebut menyusul dari belakang.

1 dari 4 halaman

Evakuasi Bayi di Tangerang

Proses evakuasi bayi juga dilakukan Tim SAR di Kota Tangerang. Dalam video yang dibagikan Instagram @makassar_iinfo, petugas SAR sedang mengevakuasi seorang bayi yang ditaruh di dalam baki plastik dan dikeluarkan melalui jendela rumah.

Di bawah guyuran hujan, proses evakuasi bayi tersebut penuh ketegangan. Masalahnya, sambil membawa baki berisi bayi, petugas SAR berdiri di kanopi yang posisinya melengkung.

      View this post on Instagram

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Sedikit saja salah langkah dan terpeleset, maka bukan hanya dia yang celaka. Tapi juga dengan bayi yang ada tangannya.

Tampak bapak dari bayi setengah khawatir dengan keselamatan anaknya. Dia masih terus memegang baki yang dibawa oleh petugas SAR.

Namun setelah melalui proses evakuasi yang cukup menegangkan, bayi tersebut akhirnya berhasil diselamatkan di atas perahu karet yang berisi ibu dan keluarganya.

Sumber: Instagram

2 dari 4 halaman

Ngeri, Video Detik-detik 3 Mobil Hanyut Terseret Banjir di Ciledug Indah

Dream - Pergantian tahun 2020 diwarnai musibah banjir yang melanda DKI Jakarta dan beberapa wilayah Jawa Barat. Musibah banjir tersebut menimbulkan beberapa dampak, di antaranya kerusakan material.

Seperti yang terlihat di Tangerang, Banten, yang juga menjadi salah satu wilayah penyangga ibu kota yang terdampak banjir di tahun 2020 ini.

Sebuah cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @jktinfo memperlihatkan detik-detik mobil yang hanyut di Tangerang, Banten.

Insiden tersebut dilaporkan terjadi di Perumahan Ciledug Indah, Tangerang. Dalam video itu tiga buah mobil dan satu sepeda motor hanyut terbawa arus banjir.

Tampak ketiga mobil tersebut terseret derasnya arus banjir yang menggenang di jalan utama perumahan tersebut.

Tidak hanya tiga mobil, sebuah sepeda motor juga ikut terseret air sebelum akhirnya tenggelam di antara tiga mobil tersebut.

Bagian belakang dua mobil bahkan sempat menabrak tembok pagar rumah warga saat terseret arus yang tampak seperti sungai berwarna coklat.

Derasnya arus banjir dan tingginya air yang mencapai setengah badan orang dewasa menyulitkan Tim SAR melakukan penyelamatan dan evakuasi.

3 dari 4 halaman

Derasnya Arus Banjir Seret Mobil Yang Diparkir

Banjir yang melanda Perumahan Ciledug Indah di Tangerang, Banten, membuat ngeri warga. Tiga mobil dan satu sepeda motor terseret arus banjir yang sangat deras. Ini videonya:

Sumber: Instagram jktinfo

4 dari 4 halaman

Banjir di Jabodetabek Telan 21 Korban Jiwa

Dream - Musibah banjir yang melanda beberapa wilayah Jawa Barat dan DKI tidak hanya menimbulkan kerugian material. Tetapi juga memakan korban jiwa.

Dilansir Liputan6.com, banjir di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) menelan korban jiwa sebanyak 21 orang.

Menurut data Kementerian Sosial, seluruh korban meninggal tersebut tersebar di beberapa wilayah Jabodebek.

" Di Jakarta Timur ada 3 orang, Jakarta Pusat 1 orang, Bogor 1 orang, Depok 3 orang, Kabupaten Bogor 11 orang, Kabupaten Bekasi 3 orang. Total korban 21 orang."

Untuk data pengungsi korban banjir, hingga Rabu malam tanggal 1 Januari 2020, jumlahnya mencapai 31.232 jiwa di seluruh wilayah DKI.

Rincian pengungsi korban banjir meliputi Jakarta Pusat sebanyak 310 orang yang ditampung di dua lokasi pengungsian, yaitu Petamburan dan Karet Tengsin.

Sementara di Jakarta Utara terdapat 1.515 orang yang menempati 23 lokasi pengungsian. Terdapat enam kelurahan di Jakarta Utara yang terdampak banjir ini.

Enam kelurahan tersebut adalah Pegangsaan Dua, Sukapura, Semper Barat, Rorotan, Semper Timur, dan Kelapa Gading Timur.

Untuk kota administrasi Jakarta Barat, jumlah pengungsi korban banjir tahun 2020 ini mencapai 10.686 orang. Mereka tersebar di 97 lokasi pengungsian.

Jumlah kelurahan yang terdampak banjir di Jakarta Barat mencapai 11 kelurahan. Di antaranya Jelambar, Tomang, Wijaya Kusuma, Srengseng, Semanan, Kalideres, Tegal Alur, Pegadungan, Kota Bambu Selatan, Kedoya Utara dan Sukabumi Selatan.

Sementara jumlah pengungsi di Jakarta Timur sebanyak 13.516 orang yang tersebar di 99 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak banjir di antaranya Kebon Manggis, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Besar Selatan, Klender, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cawang, Balekembang, Dukuh dan Cipinang Melayu.

Jumlah pengungsi untuk Jakarta Selatan sebanyak 5.305 orang. Mereka berada di 48 lokasi pengungsian. Terdapat enam kelurahan yang terdampak, yaitu Gunung, Petongan, Pengadegan, Cilandak Timur, Pejaten Timur dan Manggarai Selatan.

Umumnya, para pengungsi banjir di Jakarta tersebut membutuhkan makanan, air bersih, selimut, dan karpet.

Beri Komentar