Kandungan Surat An Nashr dan Keistimewaan Bila Membacanya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 3 Februari 2021 09:10
Kandungan Surat An Nashr dan Keistimewaan Bila Membacanya
Surat An Nashr artinya pertolongan, berkaitan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW ketika menaklukkan Kota Makkah.

Dream – Surat An Nashr terdiri dari tiga ayat. Surat An Nashr merupakan surat ke-110 dan termasuk dalam golongan surat Madaniyyah karena diturunkan di kota Madinah.

Surat An Nashr artinya pertolongan, berkaitan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW ketika menaklukkan Kota Makkah. Surat An Nashr diturunkan setelah pecahnya perang Khaibar. Perang Khaibar adalah perang antara umat islam melawan Yahudi yang tinggal di oasis Khaibar.

Namun juga ada pendapat yang menyebutkan surat An Nashr turun menjelang wafatnya Nabi Muhammad SAW. Selain itu ada pula pendapat yang mengatakan bahwa surat An Nashr diturunkan ketika haji wada’ Rasulullah SAW. yaitu haji terakhir yang dijalankan Rasulullah SAW bersama umat Muslim sebelum beliau wafat.

Dalam surat An Nashr ditegaskan tentang kesadaran umat Islam bahwa sebenarnya dalam berbagai peperangan, umat Islam tidak pernah kalah karena mendapat pertolongan dari Allah SWT. Kemenangan umat Islam atas peperangan datang atas bantuan Allah SWT.

1 dari 4 halaman

Bacaan Surat An Nashr

 

Bacaan Arab

 

Surat An Nashr© Dream.co.id

Bacaan Latin

idzaa jaa’a nasrullahi wal fath. Wara'aitan naasa yadkhuluuna fii diinillahi afwaajaa. Fa sabbih bihamdi rabbika wastaghfirhu, innahu kaana tawwaabaa.

Terjemahan

Apabila telah datang pertolongan Allah dan Kemenangan. Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya, Sungguh Dia Maha Penerima taubat.

2 dari 4 halaman

Kandungan Surat An Nashr

Ilustrasi© Shutterstock

 

Menurut pendapat di dalam Tafsir Ibnu Katsir, Syekh Wahbah Az Suhaili dan Sayyid Qutub, surat An Nashr memiliki kandungan yang bisa dijadikan pelajaran. Berikut kandungan surat An Nashr:

Berisi Kabar Gembira

Surat An Nashr berisi kabar gembira keapda umat Rasulullah SAW bahwa umat Islam akan diberi pertolongan dalam peristiwa penaklukan Kota Makkah.

Masuk Islam

Kabar gembira selanjutnya yang terkandung di dalam surat An Nashr adalah setelah penaklukan Kota Makkah, banyak umat manusia yang berbondong-bondong masuk agama islam. Hal ini kemudian dibuktikan dengan banyaknya manusia yang memeluk agama islam sekarang ini.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi© Shutterstock

Bukti Kebenaran Al Quran

Melalui surat An Nashr ayat 1-3 ini, juga meyakinkan apa yang dikatakan di dalam Al Quran, yaitu tentang peristiwa Fathul Makkah dan banyaknya orang yang masuk islam.

Pertolongan datang dari Allah

Melalui surat An Nashr, kita juga mengetahui bahwa semua pertolongan untuk manusia datang dari Allah SWT. Maka umat islam dianjurkan untuk selalu berzikir dengan cara bertasbih dan memuji asma Allah.

Penegasan Allah Maha Pengampun

Kandungan surat An Nashr juga semakin menegaskan kepada manusia, bahwa Allah merupakan Zat yang Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat. Sehingga sebagai manusia yang kerap melakukan kesalahan, tidak boleh pesimis, karena Allah akan mengampuni dosa-dosanya jika mau bertaubat kepada-Nya.

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Surat An Nashr

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Surat An Nashr berarti pertolongan, banyak menyiratkan keistimewaan akan janji datangnya pertolongan dan kemenangan dari Allah SWT dalam kondisi apapun. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan surat An Nashr yang akan diperoleh, jika rutin membacanya.

Terkabulnya Permohonan

Hendaknya surat An Nashr dibaca di dalam sholat jika ingin Allah SWT mengabulkan sejumlah keinginan. Karena barang siapa yang membaca surat An Nashr di dalam sholat, atau pada waktu selesai sholat sebagai wirid, maka keinginannya akan segera dikabulkan. Bukan hanya itu, Allah SWT juga akan menambah keimanan dan keyakinannya.

Membaca separuh Al Quran

Barang siapa yang membaca surat An Nashr, maka ia seakan akan telah membaca separuh dari keseluruhan isi Al Quran.

Mendapat kemenangan

Surat An Nashr juga sering digunakan sebagai jimat yang ampuh, untuk melawan musuh dan meraih kemenangan. Caranya adalah dengan menuliskan ayat ayat An Nasr pada selembar kain sutra, lalu kain tersebut dipakai sebagai ikat pinggang. Dengan demikian, akan memperoleh kemenangan ketika berhadapan dengan musuh.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar