Salini Rengganis, Surfer Muda yang Geluti Selancar sejak Belia

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 7 Mei 2018 10:45
Salini Rengganis, Surfer Muda yang Geluti Selancar sejak Belia
Ternyata, ini, lho, yang membuat Salini jatuh cinta kepada dunia selancar.

Dream – Siapa sangka Indonesia bisa punya peselancar muda yang berprestasi seperti Salini Rengganis. Dara asal Pacitan ini jatuh hati dengan dunia selancar sejak lima tahun.

Salini langsug jatuh hati saat melihat banyak peselancar yang " menaklukkan" ombak pantai. Kediamannya yang hanya 500 meter dari bibir pantai membuat Salini bisa setiap hari menyaksikan aksi para peselancar.

" Banyak yang berselancar di sana, jadi aku tertarik,” kata Salini saat mengisi acara Datsun Media Test Drive di Yogyakarta, ditulis Senin 7 Mei 2018.

 Salini Rengganis tertarik dengan dunia selancar sejak belia.

Keinginan Salini menjadi peselancar mendapat dukungan dari orang tua. Sang ayah yang sebelumnya banyak menggeluti dunia menyelam (diving) menjajal dunia olahraga baru itu. Dia berharap bisa mengajalkan selancar pada putrinya. 

“ Mungkin merasa lebih aman kalau aku belajar dengan dia,” kata Salini.

Pelan-pelan keahlian Gadis kelahiran 1998 dalam berselancar semakin mumpuni. Salini mejajal kemampuannya dengan mengikuti kejuaraan di Asia dan beberapa negara lain.

Sepanjang kariernya berselancar, Salini mengaku jatuh cinta dengan ombak di Pacitan dan Mamuju, Sulawesi Barat. Namun tak semua perjalanan Salini berjalan mulus.

Di awal kariernya, Salini sempat mengalami trauma. Di awal mendalami dunia selancar, Salini mengalami pengalaman menakutkan. Tubuhnya tergulung ombak sebanyak tiga kali. Semakin menyeramkan karena waktu itu Salini belum pandai berenang.

Salini pun trauma. Dia mogok belajar selancar selama dua pekan. 

 

“ Tapi, setelah dua minggu aku mulai bisa berenang dengan sendirinya,” kata dia.

Di samping surfing, Salini sempat menjajal dunia modelling untuk beberapa brand. Namun panggilan hati membawanya kembali menggeluti dunia surfing. Keputusan yang membuat namanya bergaun hingga kancah internasional.

 Salini Rengganis memeragakan cara berselancar.

“ Aku lebih memilih surfing, minimal harus kena air 3 kali seminggu. Aku pernah demam dan bedrest selama dua hari. Di hari ketiga langsung sembuh setelah surfing,” kata dia.

Menjadi peselancar profesional, Salin mempunya beberapa tips untuk para pemula. Keahlian pertama yang harus dimiliki seorang surfer adalah bisa berenang. Selanjutnya, dia harus berlatih paddling di atas papan selancar yang lebar. Kalau sudah seimbang, nanti bisa mulai berdiri dengan kaki kiri di depan.

 Yang penting harus bisa seimbang dulu.

“ Yang penting bisa seimbang di atas papan dulu. Nanti, kalau sudah lancar dengan papan lebar, bisa pakai papan yang lebih kecil dan sempit. Disesuaikan juga dengan tinggi badan,” kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar
Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019